Light Dark

Wanita Wajib Tahu, Bahaya Kandungan Kimia dalam Sunscreen

Kecantikan | 10 Aug 2021, 11:56 WIB
Kebutuhan skincare wanita meliputi penjagaan kulit dari paparan sinar UV, hal tersebut bisa diatasi dengan penggunaan sunscreen | pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Kebutuhan skincare Wanita meliputi penjagaan kulit dari paparan sinar UV, hal tersebut bisa diatasi dengan penggunaan sunscreen. Namun, penggunaan Sunscreen sayangnya, kabar terbaru menyebutkan bahwa Sunscreen tidak ramah lingkungan. Pasalnya beberapa kandungan kimia Sunscreen dikatakan bisa merusak terumbu karang dan ekosistem laut.

Melansir BBC, ada empat kandungan bahan kimia yang berbahaya dalam sunscreen, yaitu oxybenzone, octinoxate, 4-methylbenzylidene camphor, dan butylparaben.

Produk Sunscreen yang mengandung bahan-bahan tersebut telah terbukti menghancurkan karang, menghambat reproduksi, dan menyebabkan pemutihan terumbu karang.

Saking berbahayanya, Departemen Konservasi Thailand melarang wisatawan memakai Sunscreen yang mengandung bahan-bahan itu. Jika melanggar, mereka akan didenda 100 ribu Baht (Rp42,9 juta).

Lalu, bagaimana cara memilih Sunscreen yang aman untuk terumbu karang? Merangkum Chasing Coral via World of Buzz, inilah hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih sunscreen: 

1. Pastikan produk Sunscreen yang akan dibeli tidak mengandung oxybenzone, octinoxate, dan bahan-bahan kimia yang sudah tercantum sebelumnya.

2. Pilih Sunscreen berbasis bahan mineral yang mengandung titanium dioksida dan seng oksida (zinc oxide). Bahan-bahan ini akan berada di atas kulit dan menghalangi sinar UV yang berbahaya.

3. Pastikan bahan Sunscreen tersebut "Non-nano". Artinya, partikel bahan yang digunakan berukuran di atas 100 nanometer agar tidak tertelan oleh karang.

4. Sunscreen yang aman untuk terumbu karang akan memiliki label "aman untuk terumbu karang (reef-safe)" pada kemasannya. Tapi jangan lupa untuk tetap memeriksa bahan-bahannya secara detail.

Perlu diperhatikan pula bahwa empat bahan bahaya itu tidak hanya ada di sunscreen. Beberapa produk kecantikan seperti lipstik hingga cat kuku juga diketahui mengandung bahan-bahan tersebut.

Oleh karena itu, jadilah pengguna yang kritis dalam membeli produk kecantikan demi menjaga lingkungan. Jangan sampai produk yang dipakai justru merusak bumi kita.

Sementara itu, larangan penggunaan Sunscreen dengan kandungan berbahaya sudah lebih dulu diterapkan oleh pemerintah Hawaii. Maklum saja selama ini Hawaii memang menjual keindahan lautnya.

SUMBER: SUARA

Image

Admin SUpdate

Image

Nelis

Redaktur