14 Bulan Bertugas, AKBP Sumarni Sebut Warga Sukabumi Lembut Seperti Mochi

Sabtu 07 Agustus 2021, 12:26 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - AKBP Sumarni akhirnya harus meninggalkan Sukabumi karena masa tugasnya sebagai Kapolres Kota sudah berakhir, dan ia akan pindah tugas sebagai Kapolres Subang Jawa Barat. 14 bulan bertugas di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, banyak yang sudah dilakukan oleh mantan penyidik KPK ini dan ia cukup terkesan dengan kelembutan warga Sukabumi, seperti mochi.

Jumat kemarin 7 Agustus 2021, Sumarni resmi melepas jabatan dalam acara sertijab kepada pejabat Kapolres Sukabumi Kota yang baru, AKBP Zainal Abidin. Usai seremoni yang berlangsung di halaman kantor Polres Sukabumi Kota, Sumarni menyempatkan memberikan kata perpisahan kepada warga Sukabumi, yang direkam oleh sejumlah awak media.

14 bulan saya bertugas menjadi kapolres sukabumi kota. “Saya, Sumarni menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya atas segala kekurangan dan kekhilafan selama saya menjabat. Tentunya ada kesan tersendiri selama menjabat, apalagi warga Sukabumi semuanya bageur. Jangan lupa tetap jaga protokol kesehatan dan divaksin," tulis Sumarni di akun facebooknya sebagai narasi video ucapan tersebut.

Dalam video singkat itu, Sumarni mengaku cukup terkesan dengan warga Sukabumi. "Luar biasa warganya bageur-bageur lembut seperti mochi yang enak dimakan. Kota dan warganya yang luar biasa, tetap semangat,bye-bye," ucap Sumarni dalam video tersebut.

Baca Juga :

Diujung video, Sumarni meninggalkan kantor Polres Sukabumi Kota menggunakan motor matic diiringi sejumlah petugas lalu lintas. Motor yang sehari-hari digunakan saat bertugas memantau kamtibmas di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

Sumarni cukup membetot perhatian sejak mulai bertugas di wilayah Sukabumi pada bulan Mei tahun 2020. Publik cukup berkesan karena ia adalah wanita pertama yang menjabat sebagai Kapolres Sukabumi Kota. 

Awal bertugas saat masa awal pandemi covid-19, gerakan Sumarni bersama unsur pimpinan daerah Kota dan Kabupaten Sukabumi terpantau oleh publik, baik langsung bertemu atau melalui media massa dan sosial media.

Ditengah fokus untuk menanggulangi penyebaran virus corona, perempuan kelahiran tahun 1977 ini dihadapkan dengan masalah keganasan geng motor yang memakan cukup banyak korban. Tak mau berlama-lama, Sumarni dan seluruh jajarannya kerja ekstra waktu untuk menggulung sejumlah anggota geng motor yang bertindak kriminal.

Baca Juga :

Sebelum Tinggalkan Sukabumi, AKBP Sumarni Sekolahkan Remaja Penjual Gorengan

Tak cukup disana, ia juga mengumpulkan 4 kelompok geng motor yang selama ini beroperasi di wilayah Sukabumi. Ia meminta para pentolannya untuk ikut bertanggung jawab jika ada kasus dari anggota geng motor, bahkan secara tertulis empat kelompok itu menyatakan bubar.

Tak cukup disana, ia juga berupaya mengajak sejumlah elemen untuk berkolaborasi membentuk wadah bagi anak muda Sukabumi yang ingin keluar dari jejak hitam tindak pidana. Ia memfasilitasi Rumah Kreatif Milenial, wadah pada kriminal yang ingin hijrah ke jalan yang benar termasuk anggota geng motor.

“Kami bangun rumah kreatif milenial Polres Sukabumi Kota yang didukung penuh Forkopimda untuk mewadahi anak-anak yang tadinya beraktivitas kurang positif menjadi lebih kreatif, inovatif dan mandiri”, papar AKBP Sumarni kepada awak media usai membuka rumah kreatif milenial tanggal 20 Juli 2020.

Pemberdayaan adalah salah satu program Sumarni, karena ia percaya jika lebih banyak warga yang berdaya untuk mencari penghidupan dengan benar maka tingkat kriminalitas akan menurun dengan sendirinya. Bersama sejumlah warga kreatif lainnya ia juga membangun platform jual beli online khusus produk usaha kecil milik warga, namanya Bageur Boxs.

Baca Juga :

"Di Aplikasi Bageur Boxs ada produk UMKM, pertanian, perikanan, ritel, termasuk juga ada bunga-bunga hias. Jadi di aplikasi ini kita mencoba menyajikan apa yang diinginkan masyarakat," kata Sumarni kepada sukabumiupdate.com, di sela peluncuran pada tanggal 23 Maret 2021.

Apa yang dilakukan Polres Sukabumi Kota dan Sumarni selama menjabat sangat berhubungan dengan membantu warga bangkit dari pandemi covid-19 yang menghantam seluruh sendi kehidupan rakyat. Termasuk menyebar bantuan kepada warga terdampak PPKM, dan mengirim suplemen kepada warga yang tengah isolasi mandiri termasuk ke sejumlah anggota Polres Sukabumi Kota yang terpapar virus corona.

Di penghujung masa jabatannya di Sukabumi, Sumarni masih berupaya membantu warga yang kesulitan. Salah satunya memastikan pendidikan bagi seorang anak putus sekolah yang terpaksa jualan gorengan keliling. 

Koleksi Video Lainnya:

5 Berita Terpopuler Pekan Ini

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)
Life29 Maret 2024, 14:02 WIB

5 Cara Merawat Kipas Angin Biar Lebih Awet

Pastikan kamu tidak mengoperasikan kipas angin terus menerus dalam waktu yang lama.
(Foto Ilustrasi) Kipas angin menjadi peralatan elektronik untuk menjaga kesejukan rumah saat cuaca panas. | Foto: Istimewa
Motor29 Maret 2024, 14:00 WIB

6 Tips Agar Motor Hemat Bensin: Hindari Rem Mendadak!

Membuat motor tidak boros bensin sangat bermanfaat bagi penggunanya. Sebab, hal ini bisa menghemat pengeluaran dan belanja keuangan sehingga aman terkendali.
Ilustrasi. Perawatan kendaraan roda dua. Cara membuat motor hemat bensin. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi29 Maret 2024, 13:49 WIB

Ajaran Baru 2024, UMMI Sukabumi Gandeng Jamkrindo Buka Beasiswa bagi Warga Kurang Mampu

Reny berharap beasiswa kemitraan ini dapat menjangkau seluas-luasnya masyarakat.
UMMI Sukabumi bersama PT Jamkrindo memfasilitasi anak kurang mampu agar bisa melanjutkan pendidikannya. | Foto: UMMI