8 Pekerjaan Sampingan untuk yang Suka Jalan-jalan Berkantong Pas-pasan

Sabtu 07 Agustus 2021, 10:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi para traveler berkantong tebal, mungkin tidak perlu memikirkan kesinambungan logistik. Namun bagi yang suka jalan-jalan dengan modalnya pas-pasan harus punya sumber penghasilan dari pekerjaan yang memanfaatkan moment travelingnya.

Dengan sedikit kreativitas, anda dapat menjadi pengelana hemat yang memanfaatkan jelajah keindahan dunia sambil menjalani gaya hidup nomaden. Melansir The Travel, berikut beberapa cara agar bisa mendapatkan uang saat bepergian sebagai nomaden.

1. Buat blog perjalanan

Meskipun menulis blog perjalanan adalah salah satu cara menghasilkan uang secara online, kesuksesan tidak dapat dicapai dalam sekejap. Di sinilah pepatah hasil tidak akan mengkhianati usaha dapat diterapkan karena ada beberapa langkah yang perlu diambil sebelum memulai blog perjalanan. Ini melibatkan membeli nama domain, menyiapkan WordPress, memilih tema yang sesuai, dan menulis serta menerbitkan artikel fitur yang cukup menarik untuk menarik orang membaca.

Langkah selanjutnya adalah memasarkan blog melalui platform media sosial dan bergabung dengan jaringan blogger serupa di web. Meskipun tidak ada formula pasti untuk berhasil dalam menulis blog, kuncinya adalah menciptakan lalu lintas ke situs Anda. Setelah orang-orang mulai mengunjungi, pengiklan pribadi, skema afiliasi, dan Google Ads akan mengurus uangnya.

2. Mulai saluran YouTube

Anda mungkin bisa mencoba menjadi YouTuber perjalanan. Di sini, alih-alih menulis artikel, Anda menjadi pendongeng visual yang melayani orang-orang yang tertidur saat membaca atau bagi yang tidak suka membaca. Karena melibatkan kepuasan lebih dari satu dari lima indera manusia, itu juga membutuhkan lebih banyak usaha dan sumber daya untuk memulai.

Meskipun menyiapkan saluran cukup mudah, Anda harus membeli peralatan perekaman video yang canggih dan mungkin menyewa tim untuk mengedit dan mengunggah video. Tetapi, sekali lagi, lalu lintas saluran adalah kuncinya karena disinilah iklan berperan, menghasilkan uang untuk Anda dengan melakukan satu hal yang disukai.

3. Tulis artikel

Untuk orang-orang yang kreatif dengan kata-kata dan memiliki bakat menulis, maka ini adalah jenis pekerjaannya. Apakah itu online atau offline, ada banyak pilihan untuk mendapatkan uang di bidang ini. Majalah cetak atau situs perjalanan online adalah cara yang baik untuk mulai menghasilkan uang dengan menulis. Anda juga dapat menjelajah untuk menulis konten web dan siaran pers. Jika kesulitan menemukan kontraktor swasta, Anda juga dapat merujuk ke situs web lepas dan melamar pekerjaan menulis di sana.

4. Ambil foto saat bepergian

Hebatnya traveling adalah Anda memiliki begitu banyak pilihan untuk mengambil gambar, seperti orang, tempat, pemandangan, dan makanan. Jika suka memotret dan memiliki keahlian itu, menghasilkan uang dengan fotografi dimungkinkan dengan menjual gambar-gambar ini ke publikasi atau dengan menjual ke situs fotografi seperti Shutterstock atau iStock.

5. Jadi guru bahasa Inggris

Mengajar bahasa Inggris masih merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan uang, terutama jika bepergian ke luar negeri. Tempat-tempat seperti Indonesia, Thailand, Cina, Jepang, dan Korea Selatan hanyalah beberapa dari sedikit negara Asia yang membutuhkan bimbingan belajar bahasa Inggris. Memiliki gelar universitas dan sertifikat yang sesuai untuk mengajar bahasa Inggris lebih disukai.

6. Desain grafis dan web

Hal terbaik mendapatkan pekerjaan berbasis internet adalah pekerjaan dapat dilakukan di mana saja. Yang dibutuhkan hanyalah komputer dan koneksi Wi-Fi yang andal dan siap pakai. Semua bisnis atau individu yang menghasilkan uang membutuhkan situs web sendiri. Membuat iklan, logo merek, dan program berbasis internet lain sedang diminati saat ini dan Anda dapat menghasilkan uang dengan melakukan kedua hal ini. Seperti biasa, melamar ke situs web lepas adalah sebuah pilihan. Tetapi saat bepergian dan berinteraksi, Anda harus membawa kartu nama tambahan.

7. Bekerja di restoran atau bar

Ini adalah pilihan mudah untuk menghasilkan uang saat bepergian karena visa kerja yang berlaku untuk liburan adalah satu-satunya hal yang diperlukan untuk dipekerjakan. Negara-negara seperti Selandia Baru, Kanada, Australia, dan Inggris hanyalah beberapa lokasi yang menawarkan tiket masuk ini.

Satu-satunya bagian yang menantang adalah aplikasi walk-in di mana Anda menyerahkan CV dan mengantri untuk wawancara dengan pemilik atau manajer. Selain mendapatkan tip besar yang terkadang melebihi gaji pokok, beberapa bar dan restoran ini juga memberikan makanan gratis. Jika cukup beruntung, atasan mungkin juga mengurus akomodasi.

8. Jadi kru kapal

Jika ingin bepergian ke berbagai belahan dunia dan menikmati makanan sekaligus akomodasi gratis, melamar pekerjaan sebagai kru di kapal pesiar dapat memberi uang saat bepergian. Pekerjaanya mungkin sulit tetapi akan bermanfaat karena tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk naik kapal mewah ini.

SUMBER: TEMPO.CO

tags:pekerjaan,jalan-jalan

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer
Keuangan26 April 2024, 20:00 WIB

Sumber Pendapatan Pasif, 6 Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan

Beberapa jenis investasi, seperti saham dividen, obligasi, atau properti sewa, dapat menghasilkan pendapatan pasif secara teratur. Pendapatan dari investasi ini dapat membantu meningkatkan arus kas dan memberikan stabilitas finansial tambahan.
Ilustrasi. Perhitungan Ekonomi. Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Life26 April 2024, 19:53 WIB

Terapkan Konsekuensi, Ini 7 Cara Memperbaiki Perilaku Tidak Baik Pada Anak

Ekspektasi orang tua terhadap anaknya kadang membuat mereka tertekan. Maka dari itu, lakukan tips berikut untuk membuat anak memperbaiki perilakunya.
Ilustrasi cara memperbaiki perilaku tidak baik anak / Sumber Foto : Freepik/jcomp
Gadget26 April 2024, 19:30 WIB

3 Cara Mengetahui Password Wifi yang Lupa Melalui HP, Mudah dan Cepat!

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa.
Ilustrasi. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa. (Sumber foto : Pexels/PhotoMIX Company)
Life26 April 2024, 19:27 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Membuat Anda Lebih Bijak Menghadapi Masalah Hidup

Menghadapi masalah dengan bijak tentu harus dibiasakan. Untuk itu, perlu melakukan kebiasaan yang membuat lebih bijak.
Kebiasaan yang bikin bijak hadapi masalah. | Sumber Foto : Pexels/Sanket Mishra
Internasional26 April 2024, 19:26 WIB

140 Negara Secara Resmi Mengakui Palestina sebagai Negara, Terbaru Jamaika

Jamaika secara resmi mengumumkan pengakuan Palestina sebagai sebuah negara. Keputusan ini diambil lewat musyawarah kabinet pada Senin, 22 April 2024.
Jamaika resmi mengakui Palestina sebagai negara | Foto : Ist
Life26 April 2024, 19:11 WIB

Tarik Perhatian Mereka, Terapkan 8 Tips Berikut Untuk Mengajak Anak Bekerja Sama

Setiap orang tua pasti menginginkan anak yang baik, patuh dan mudah di ajak kerja sama. Untuk menerapkannya coba terapkan beberapa tips berikut.
Ilustrasi tips mengajak anak bekerja sama / Sumber Foto : Freepik/@freepik