XL Axiata Kerjasama dengan Suryacipta Swadaya Sediakan Jaringan Fiber Optik

Kamis 05 Agustus 2021, 17:24 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui XL Business Solutions melakukan penandatangan kerja sama dengan PT Suryacipta Swadaya untuk menyediakan jaringan fiber optik di kawasan industri Suryacipta Karawang.  

Selain itu, XL Axiata juga akan menyediakan berbagai layanan solusi bisnis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan ratusan tenant yang beroperasi di kawasan industri yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat tersebut. Penandatanganan kerjasama dilakukan kedua pihak secara daring antara Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini dan Direktur Utama PT Suryacipta Swadaya, Johannes Suriadjaja, Kamis (5/8).

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, “Kerjasama dengan PT Suryacipta Swadaya ini sangat strategis dan akan memberikan manfaat bisnis bagi kedua pihak, termasuk bagi para tenant yang sekaligus pelanggan korporasi kami. Solusi bisnis berbasis teknologi digital sudah menjadi tuntutan di semua bidang industri, sehingga ketersediaan infrastruktur berupa fiber optik juga menjadi keharusan bagi setiap kawasan industri, apalagi Suryacipta Swadaya bertekad menjadi kawasan industri berkelas dunia.”

Dian Siswarini menambahkan, melalui kerja sama ini, XL Business Solutions juga akan menyediakan solusi bisnis yang meliputi kolaborasi data center, layanan fixed connectivity (leased line, internet service, VOIP), layanan mobile connectivity (postpaid, mobile roadad, device bundling), dan layanan ICT (managed service) yang bisa ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. XL Axiata juga berharap kerjasama ini bisa mendukung upaya perluasan jaringan fiber optik untuk memperkuat eksistensi bisnis data center.

Baca Juga :

Direktur Utama Suryacipta Swadaya, Johannes Suriadjaja dalam sambutannya mengatakan, “Kerjasama ini merupakan bentuk keseriusan Suryacipta dalam mewujudkan industry 4.0 dengan menyediakan sarana digital yang mumpuni berbasis Internet of Things (IoT). Melihat investasi dan bisnis di bidang IT yang semakin berkembang membuat kami kian bersemangat untuk merealisasikan mimpi Suryacipta City of Industry menjadi home base bagi industri IT dan data centre, sejalan dengan pengembangan digital park di fase 3 kami”.

Johannes menambahkan bahwa tahun 2021 adalah juga merupakan tahun yang penting dimana Surya Internusa Group merayakan ulang tahun yang ke-50. Terlepas dari situasi yang menantang saat ini, Suryacipta yang merupakan bagian dari grup, turut merayakan pencapaian bersejarah ini dengan melakukan pengembangan berkelanjutan dalam memberikan layanan dan fasilitas terbaik untuk para investor dan tenant.

Dalam kerjasama ini, XL Axiata akan membangun jaringan fiber optik yang akan melayani seluruh area kawasan industri Suryacipta seluas 1400 Ha dengan kurang lebih 149 tenant/pabrik. Di Kawasan tersebut saat ini terdapat berbagai perusahaan yang bergerak di sektor konstruksi, retail dan FMCG, farmasi, obat-obatan, otomotif, makanan dan minuman, serta IT, dan data center. Secara umum, sebagian besar kategori calon pelanggan pada wilayah tersebut adalah tenant korporasi besar lintas negara. Apabila jaringan fiber optik XL Axiata telah terbangun, maka tenant akan memiliki pilihan berkualitas untuk menggunakan jaringan milik XL Axiata baik sebagai link utama maupun pengganti.

Secara khusus, beberapa perusahaan hyperscalers dari luar negeri yang akan beroperasi di Indonesia memilih kawasan Suryacipta. Bagi sektor industri IT, termasuk penyedia data center, kondisi jaringan fiber optik yang mumpuni adalah salah satu elemen penting yang menjamin kelangsungan bisnisnya. Dengan demikian, keberadaan jaringan XL yang baru, prima, dan terproteksi menghadirkan proposisi yang relevan dengan kebutuhan tersebut.

Keunggulan fiber optik yang ditawarkan oleh XL Business Solutions adalah rute jaringan yang terproteksi. Apabila salah satu lini mengalami gangguan, maka akan ditopang oleh lini lainnya. Kecepatan jaringan fiber optik XL Axiata pun sangat cepat, yaitu sekitar 5 micro-second per kilometer, sehingga ini akan menjamin kenyamanan kebutuhan pelanggan korporasi dan akan membantu pelanggan mengadopsi teknologi untuk menyokong digitalisasi dengan cepat dan mudah.

Target XL Axiata selanjutnya setelah kerjasama ini antara lain adalah bisa ikut membangun jaringan fiber optik di kawasan industri lain yang dikelola oleh Suryacipta Swadaya. Kawasan industri tersebut antara lain Subang Smartpolitan. XL Axiata berharap dengan kemampuan menyediakan jaringan fiber optik di berbagai kawasan industri akan menjadi salah satu Langkah untuk mewujudkan visi menjadi #1 Converged Operator in Indonesia. 

Sementara itu, Chief Enterprise & SME Officer  XL Axiata, Feby Sallyanto menyebut bahwa kolaborasi industri multisektoral adalah kunci yang menentukan keberhasilan revolusi industri 4.0 dan pemulihan ekonomi nasional 2021. Menurutnya, basis pengetahuan dan sumber daya seluruh pihak yang terlibat dalam ruang lingkupnya akan menghasilkan nilai tambah bukan hanya pada lintas industri, namun juga di tingkat lokal, regional, nasional, dan global.

"Integrasi pemanfaatan jaringan konektivitas yang prima, pengelolaan kawasan perdagangan yang unggul, dan teknologi terapan yang relevan akan membuka babak baru dalam penguatan ekosistem digital di Indonesia," lanjut Feby.

Seiring dengan pembangun jaringan fiber optik yang terus dilakukan XL Axiata, XL Business Solutions juga terus mengembangkan layanan bisnis enterprise lewat solusi-solusi dan inovasi terbaru guna memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan korporasi. XL Business Solutions terus meningkatkan mutu layanan berstandar Internasional dengan meraih beberapa sertifikat Internasional diantaranya Sertifikat MEF 3.0 CE, Sertfikasi ISO 9001:2015 dan ISO/IEC 20000-1 : 2018.

Saat ini XL Axiata memiliki lebih dari 56 juta pelanggan, yang ditopang lebih dari 156 ribu BTS, termasuk lebih dari  65 ribu BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 458 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia. XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Sehat28 Maret 2024, 17:30 WIB

Cara Mudah Menghilangkan Asam Lambung: 4 Hal Ini Dapat Menolong Anda

Beberapa langkah ini dapat membantu Anda menghilangan asam lambung secara mudah.
Ilustrasi - Beberapa langkah ini dapat membantu Anda menghilangan asam lambung secara mudah. (Sumber : Freepik.com)
Gadget28 Maret 2024, 17:10 WIB

Waspada, 6 Tanda HP Anda Telah Diretas Orang Lain, Berikut Ciri-cirinya!

Terdapat beberapa tanda yang menunjukkan bahwa HP anda sudah diretas oleh orang lain. Karenanya penting untuk diperhatikan
Ilustrasi. Mengetahui HP diretas orang lain. (Sumber foto : Pexels/PhotoMIX Company)
Life28 Maret 2024, 17:04 WIB

6 Cara Ampuh Mencegah Ular Masuk Rumah, Yuk Terapkan Sekarang Juga!

Mencegah ular masuk ke dalam rumah keharusan yang harus dilakukan untuk antisipasi lebih awal. Maka penting diketahui setiap pemilik rumah.
Ilustrasi. Cara mencegah ular masuk ke dalam rumah. (Sumber foto : Pexels/Pixabay)
Musik28 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Dygta feat Kamasean Tapi Tahukah Kamu, Betapa Ku Mencintai Dirimu?

Viral di TikTok jadi Lagu Galau, Inilah Lirik Lagu Dygta feat Kamasean: Tapi Tahukah Kamu, Betapa Ku Mencintai Dirimu?
Video Klip Lagu Dygta feat Kamasean Tapi Tahukah Kamu, Betapa Ku Mencintai Dirimu? (Sumber : YouTube/HaloEntertainmentIndonesia (HEI))
Nasional28 Maret 2024, 16:42 WIB

UU DKJ Disahkan: Pilgub Jakarta Dipilih Langsug, Bagaimana Wacana Sukabumi Masuk Aglomerasi?

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia atau DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi undang-undang.
Monas, salah satu ikon DKI Jakarta | Foto : Ist
Sehat28 Maret 2024, 16:30 WIB

Mencegah Asam Lambung Naik: 7 Kebiasaan Ini Harus Anda Lakukan Jika Ingin Sembuh

Ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk mengobati asam lambung naik.
Ilustrasi - Ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk mengobati asam lambung naik. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Life28 Maret 2024, 16:12 WIB

6 Cara Melatih Diri Agar Lebih Dewasa Secara Emosional, Terapkan Kebiasaan Ini!

Untuk menjadi lebih dewasa seseorang harus melakukan kebiasaan sehari-hari yang membantu proses tersebut. Yuk simak sederet cara agar lebih dewasa secara emosional berikut ini!
Ilustrasi. Orang dewasa emosional yang sukses. Sumber foto : Pexels/Ketut Subiyanto
Life28 Maret 2024, 16:00 WIB

Sikapnya Beda Bund! Kenali 10 Ciri Anak Mengalami Anxiety Disorder

Jika Ayah Bunda menduga bahwa anak mungkin mengalami Anxiety Disorder, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan mental untuk evaluasi dan perawatan yang tepat.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Anxiety Disorder, Sikapnya Beda. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi28 Maret 2024, 15:55 WIB

Apresiasi Pengesahan UU Desa, Apdesi Sukabumi Siap Kawal Pembentukan Regulasi Turunannya

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPC Apdesi) Kabupaten Sukabumi Deden Deni Wahyudin menyampaikan ucapan terima kasih kepada DPR dan Pemerintah.
Deden Deni Wahyudin, Ketua APDESI Kabupaten Sukabumi | Foto : dok.Sukabumi Update
Sehat28 Maret 2024, 15:39 WIB

Air Rebusan vs Air Galon untuk Minum Lebih Sehat Mana? Simak Penjelasannya!

Updaters harus mengetahui plus minus meminum air rebusan dan air galon agar tidak salah memilih untuk konsumsi rumah tangga.
Ilustrasi. Air minum. Perbedaan air rebusan dan air galon. Sumber foto : Pixabay/Pexels