Punya 43,7 Juta User, Pendapatan Industri Game di Tanah Air Capai Rp 12 Triliun

Selasa 03 Agustus 2021, 11:55 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ada sekira 43,7 juta user gaming di Indonesia dengan revenue atau pendapatan mencapai US$ 879,7 juta atau Rp 12 triliun. Namun, pendapatan yang masuk ke pengembang game lokal kurang dari dua persennya.

Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Nia Niscaya, mengungkap perkembangan industri gaming di Indonesia terkini. "Kita perlu meningkatkan peran serta game lokal kita," ujar dia dalam acara virtual pembukaan kampanye Baparekraf Game Prime 2021 Online, Senin, 2 Agustus 2021.

Kemenparekraf menggelar Baparekraf Game Prime 2021 Online berkolaborasi dengan Asosiasi Game Indonesia atau AGI dan GGWP.ID. Acara yang mengusung tema #MainGameLokal itu diharapkan menjadi wadah bagi para pegiat industri game, 2-8 Agustus 2021. "Saya berharap Baparekraf Game Prime 2021 bisa lebih meningkatkan industri game di Indonesia," tutur Nia.

Saat ini, dia menambahkan, kementerian baru bisa mempromosikan game yang dimainkan di PC. Nia mencatat ada 209 judul game PC yang merupakan karya pengembang lokal. "Kami ingin memasarkan dan memberikan potongan harga sampai Rp 100 ribu untuk setiap pembelian game lokal," kata Nia.

Selain itu, Nia juga mengajak seluruh sektor pengembang permainan tetap positif dan optimistis menghadapi kondisi dinamis yang terjadi, di tengah pandemi Covid-19. "Yuk kita bersama dukung game lokal untuk terus melaju."

Wakil Presiden Asosiasi Game Indonesia atau AGI Adam Ardisasmita menerangkan angka yang disampaikan Nia adalah data 2015. Melihat angka tersebut, AGI memiliki dua hipotesis, yakni game yang tidak berkualitas sehingga orang-orang tidak ingin membeli, atau jangan-jangan masyarakat Indonesia belum teredukasi tentang game buatan lokal.

"Padahal ada loh game buatan Indonesia dengan genre yang berbeda pula," ujar Adam yang juga hadir dalam acara tersebut.

Sehingga, kata Adam, gelaran Baparekraf Game Prime 2021 bisa menjadi momentum untuk mengenalkan dan mengedukasi bagaimana game-game Indonesia ke masyarakat luas. "Ditambah lagi pada 8 Agustus nanti bertepatan dengan Hari Game Indonesia, ini benar-benar momentum," kata Adam.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No
Sukabumi19 April 2024, 11:35 WIB

Perut Membengkak, Janda Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan untuk Berobat

Rosmawati mengalami sakit sudah tujuh bulan dengan kondisi perut membengkak.
Rosmawati (57 tahun) di rumahnya di Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life19 April 2024, 11:30 WIB

Hati-Hati! 7 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kecerdasan

Tes IQ sering digunakan untuk mengevaluasi kemampuan mental dan potensi kognitif seseorang, serta digunakan dalam proses seleksi pendidikan, pekerjaan, dan kebutuhan medis lainnya.
Ilustrasi. Kecerdasan. Sumber : pixabay/sebaie-1992
Sehat19 April 2024, 11:00 WIB

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa Melembabkan Kulit

Lidah buaya memiliki sejarah penggunaan yang panjang dalam berbagai budaya sebagai bahan alami untuk perawatan kulit, rambut, dan peradangan.
Ilustrasi. Lidah buaya. Sumber : pixabay/Aluegreen
Opini19 April 2024, 10:58 WIB

Puasa Syawal, Amalan Setelah Ramadan yang Hampir Terlewatkan

Saat ini kita sedang berada di bulan Syawal, bulan di mana Allah memberikan limpahan pahala pada aktivitas tertentu.
Ilustrasi. |  Foto: Pixabay
Inspirasi19 April 2024, 10:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat

Jobseeker Yuk Simak Info Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat Berikut dan Apply Segera!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Produk19 April 2024, 10:09 WIB

Data Diskumindag 19 April 2024: Ini Daftar Harga Bapokting di Pasar Kota Sukabumi

Informasi harga ini diunggah Diskumindag Kota Sukabumi di Instagram.
(Foto Ilustrasi) Diskumindag Kota Sukabumi merilis update harga sejumlah bahan pokok di Pasar Pelita dan Pasar Tipar Gede pada Jumat (19/4/2024). | Foto: Freepik