Light Dark

Mengenang Kisah Inspiratif Sosok Guru Honorer asal Sukabumi yang Rela Mengajar di Atas Perahu

Video | 02 Aug 2021, 19:48 WIB 02 Aug 2021, 19:48 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sukabumi telah kehilangan figur Guru sekaligus pejuang kemanusiaan. Siti Saroyah, Guru Honorer di SMPN 4 Cibitung yang selama masa pandemi Covid-19 dikenal dengan aksi mengajar di atas Perahu itu, telah berpulang.

Siti meninggal dunia pada Sabtu 3 juli 2021 di RSUD Jampang Kulon. Ia meninggal setelah berjuang melahirkan anak pertamanya. 

Semasa hidup, Siti berinisiatif mengadakan pembelajaran di atas sebuah perahu yang sedang terparkir di bantaran sungai Cikaso.

Alasannya yakni untuk mempermudah akses para siswa agar lebih fokus melakukan pembelajaran tatap muka.

Akses menuju lokasi SMPN 4 Cibitung sangat sulit untuk dijangkau. Untuk sampai ke sekolah, guru-guru yang mengajar di sana harus naik perahu melewati sungai Cikaso dengan jarak tempuh 30 hingga 40 menit perjalanan. 

Meski pada saat itu Siti sedang mengandung anak pertamanya, Ia tetap semangat mendatangi para siswanya.

Ia merasa termotivasi oleh siswa-siswanya yang selalu semangat belajar.

Kru Sukabumi Update berkesempatan mengunjungi kediaman almarhumah Siti Saroyah di Desa Cidahu Kecamatan Cibitung Kabupaten Sukabumi untuk mengetahui bagaimana sosok almarhumah di mata keluarga, sahabat dan muridnya.

Di momen ulang tahun kelima, Sukabumi Update mengapresiasi keteguhan, ketekunan, konsistensi dan semangat almarhumah Siti Saroyah dalam melakukan pengabdian di dunia Pendidikan sehingga penghargaan Sukabumi Heroes sangat layak disematkan baginya.

semoga menjadi motivasi dan teladan bagi para pengajar atau guru lainnya yang sedang melaksanakan tugas serta kewajiban dalam mencerdaskan anak bangsa untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

Sorotan bagi pemerintah dan Dinas Pendidikan agar lebih memperhatikan nasib sekolah-sekolah dan juga guru-gurunya yang masih bertahan dan berjuang di tengah keterbatasan.

Image

Admin SUpdate

Image

Budiono

Redaktur