Tidak Untuk Hal Mistis, Daun Kelor Mampu Perkuat Imun Tubuh

Minggu 01 Agustus 2021, 08:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagian masyarakat Indonesia menganggap daun kelor identik dengan hal-hal yang berbau mistis. Banyak mitos berkembang terkait tanaman ini seperti bisa menangkal sihir hingga mengusir makhluk halus.

Namun tanaman bernama ilmiah moringa oleifera ini kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Kelor bahkan dijuluki sebagai tumbuhan The Mother’s Best Friend. 

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO pernah merekomendasikan tumbuhan kelor sebagai pembantu alternatif pangan untuk atasi permasalahan gizi buruk yang melanda Afrika.

Berikut sederet manfaat kelor bagi kesehatan seperti dikutip dari Buletin Pertanian Perkotaan Volume 5 Nomor 2 Tahun 2015

Baca Juga :

Antiradikal Bebas

Berdasarkan penelitian, daun kelor segar mengandung 3,4 persen fenol yang dikenal sebagai penangkal senyawa radikal bebas. Selain itu kandungan vitamin C pada tanaman ini termasuk tinggi setara 7 buah jeruk

Sumber Asam Amino

Mengutip jurnal Asam amino merupakan senyawa essensial yang sangat dibutuhkan dalam tubuh, terutama pada ibu hamil. Kandungan asam amino yang banyak pada kelor menjadi alasan mengapa kelor direkomendasikan untuk dikonsumsi rutin oleh ibu hamil. 

Adapun berbagai kandungan asam amini tersebut seperti asam aspartat, asam glutamat, alanin, valin, leusin, isoleusin, histidin, lisin, arginin, venilalanin, triftopan, sistein dan methionine.

Dampak yang dirasakan pada tubuh jika mengonsumsi kelor secara rutin yakni memperbaiki jaringan tubuh dan membantu melancarkan proses pertumbuhan dalam tubuh. Selain itu tubuh yang cukup akan asupan asam amino cenderung punya sistem imun yang baik.

Suplemen Penambah Nutrisi Makanan

Seperti yang dijelaskan di atas sebelumnya, WHO jadikan kelor sebagai salah satu pangan alternatif untuk mengatasi masalah gizi (malnutrisi).

Daun dan biji kelor bisa diolah menjadi tepung untuk dijadikan bahan makanan dan memenuhi kebutuhan protein serta nutrisi mikro.

Pengawet Alami

Sebagi bahan pengawet makanan alami, daun kelor digunakan untuk mengawetkan daging. Peran ekstrak daun kelor atau yang dikenal dengan istilah Moringa Leaf Extract (MLE) dapat mempertahankan warna daging segar dalam kemasaan MAP selama 12 hari penyimpanan pada suhu dingin.

Antikolesterol

Efek hipolipidemik yang ada pada kelor bantu atasi penyakit degenerative seperti kolesterol. Sistemnya kerjanya, kandungan kelor mempengaruhi homeostasis lipid. 

Dalam hal ini kandungan senyawa fenolik, serta flavonoid berperan penting soal meregulasi lipid yang akan menghambat aktivitas esterase kolesterol pancreas. Hal ini akan mengikat asam empedu dengan membentuk kompleks yang akhirnya pengaruhi pengurangan konsentrasi kolesterol plasma.

Bantu Pengobatan Kanker

Kandungan antioksidan dan potassium yang tinggi pada daun kelor bermanfaat untuk mengobati kanker. Antioksidan akan bermanfaat dalam menghalangi perkembangan sel-sel kanker sedangkan potasium berfungsi untuk singkirkan sel-sel kanker.

SUMBER: TEMPO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Jawa Barat29 Maret 2024, 17:02 WIB

KA Pangrango Sukabumi Terlambat 3 Jam Imbas Mogok, KAI Minta Maaf

PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas gangguan teknis yang dialami KA Pangrango Sukabumi di Stasiun Maseng, Jumat (29/3/2024).
Ilustrasi. KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor. (Sumber Foto: Unplash/Haidan)
Musik29 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral di TikTok dan YouTube Music. Sudah Dengar?
Official Music Video Lagu Obsessed Olivia Rodrigo. Sumber: YouTube/Olivia Rodrigo
Gadget29 Maret 2024, 16:30 WIB

Waspada! Ini 6 Cara Melindungi HP Agar Tidak Disadap Hacker

Pengguna HP harus melindungi keamanannya agar tidak disadap orang lain. Hal ini penting menjaga data pribadi dan akses rahasia dari kejahatan siber.
Ilustrasi. Cara melindungi HP dari penyadapan. Sumber Foto : Pexels/Castorly Stock
Sehat29 Maret 2024, 16:15 WIB

Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini

Berikut ini beberapa bahan infused water yang cocok untuk penderita asam lambung
Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini (Sumber : Freepik/KamranAydinov)
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)