Light Dark

Susah Cari Obat Covid-19 di Apotek, Coba Klik farmaplus.kemkes.go.id!

Aplikasi | 25 Jul 2021, 07:00 WIB
Laman farmaplus.kemkes.go.id | istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Klik farmaplus.kemkes.go.id menjadi salah satu cara cek ketersediaan obat covid-19 di apotek. Jadi Anda bisa mengetahui ada atau tidak obat covid-19 di apotek secara online.

Kementerian Kesehatan telah merilis aman farmaplus.kemkes.go.id sebagai sarana untuk mengecek ketersediaan obat bagi pasien covid-19. Situs ini memudahkan masyarakat dan menjangkau lebih dari 2.100 apotek seluruh Indonesia.

Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa situs Farmaplus sangat mudah diakses masyarakat untuk mencari ketersediaan obat perawatan Covid-19 yang ada di apotek sekitar tempat tinggal kita 

Hal ini tertuang dalam kolom keterangan foto (caption) Instagram @jokowi. "Anda bisa mengecek ketersediaan obat dan vitamin itu melalui situs https://farmaplus.kemkes.go.id/ yang sekarang mencakup lebih dari 2.100 apotek di seluruh provinsi di Indonesia."

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan dan mengecek ketersediaan obat dan vitamin di salah satu apotek di Bogor, Jumat (23/7/2021).  Namun Presiden menjumpai kekurangan stok beberapa jenis obat dan vitamin. 

Beliau kemudian menelepon Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin. Menkes kemudian mengirimkan data berkaitan stok obat-obatan yang dicari Jokowi usai mengecek pada situs Farmaplus. 

Menyadur dari laman Kemkes, drg Arianti Anaya, plt. Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan, mewajibkan kepada masyarakat yang akan membeli obat-obatan perawatan Covid-19 (kecuali vitamin), untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan adanya risiko jika obat dikonsumsi tidak sesuai resep dokter, justru akan menjadi racun dan tidak mengobati. Inilah yang harus dimengerti dan dipahami dengan baik oleh masyarakat.

Cara mudah untuk mengecek ketersediaan obat perawatan pasien Covid-19 adalah sebagai berikut:

Akses laman https://farmaplus.kemkes.go.id/ 

Pilih obat yang akan dicari

Masukkan wilayah dan nama apotik yang akan dicari

Data yang dibutuhkan akan muncul

Perlu diketahui, data ketersediaan obat Covid-19 dan vitamin bukanlah data real-time. Namun akan di-update setiap hari pukul 17.00 WIB secara berkala. Lakukan pengecekan obat terlebih dahulu mengingat tingginya kebutuhan saat ini.

Demikian informasi farmaplus.kemkes.go.id menjadi salah satu cara cek ketersediaan obat covid-19 di apotek.

SUMBER: Yulia Kartika Dewi/SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur