Light Dark

Masih Ada Daging Kurban? Cobain Resep Tengkleng ala Kapolres Sukabumi Kota

Kuliner | 24 Jul 2021, 07:00 WIB
Masih punya simpanan daging kurban di rumah dan bingung mau masak apa lagi? Cobain deh Tengkleng, olahan daging sapi dan kambing ala AKBP Sumarni, Kapolres Sukabumi Kota. | RIZA

SUKABUMIUPDATE.com - Masih punya simpanan daging kurban di rumah dan bingung mau masak apa lagi? Cobain deh Tengkleng, olahan daging sapi dan kambing ala AKBP Sumarni, Kapolres Sukabumi Kota.

Resep khas solo ini bahkan dimasak oleh Sumarni dan jajaran Polwan Polres Sukabumi Kota, untuk nasi kotak yang dibagikan kepada warga beberapa hari lalu. Dengan kuali besar, Kapolres Sukabumi Kota jadi chef dadakan memimpin langsung pembuatan Tengkleng campuran daging kambing dan sapi.

Polres Sukabumi Kota menyiapkan menu ini untuk dibagikan kepada warga masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM Level 4.  "Kami Polres Sukabumi Kota akan membagikan hewan kurban kambing dan sapi kepada warga masyarakat dan anggota yang sedang melaksanakan tugas, tapi kambing dan sapi nya kita masak dalam bentuk masakan Tengkleng Kambing," ujar AKBP Sumarni saat mengolah masakan Tengkleng, Kamis kemarin di halaman Polres Sukabumi Kota.

"Semoga Tengkleng kambing dan sapi ini bisa dinikmati oleh warga masyarakat. Kalo rasanya enak tolong sampaikan kepada kami, kami bukan Chef, hanya Polisi yang ingin berbagi," tambahnya.

Baca Juga :

Dalam kesempatan tersebut, Sumarni juga menjelaskan cara mengolah Tengkleng kambing dimana Tengkleng tersebut adalah makanan khas Solo. 

"Pertama siapkan bahan-bahannya dulu daging kambing dan tulang iga kambing, air, minyak sayur, daun salam, daun jeruk, lengkuas, kayu manis, cengkeh, cabe rawit merah, kemiri, ketumbar, jinten, bawang merah, bawang putih, santan, jahe, gula pasir, garam dan bumbu halus lainnya." 

Adapun Cara Membuatnya; cuci bersih daging kambing lalu tiriskan, didihkan air, masukkan daging kambing dan masak hingga kotoran dan busa mengambang di permukaannya. Angkat busa yang kotor. Masukkan serai, daun salam, lengkuas dan daun jeruk. 

Lalu Giling semua bahan-bahan bumbu hingga benar-benar halus, panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga matang dan wangi.Angkat, masukkan ke dalam rebusan daging kambing, lalu masukan santan dan Masak dengan api kecil hingga daging benar-benar empuk dan bumbu meresap.Sebelum diangkat, masukkan cabe rawit merah, Masak hingga layu. 

"Tengkleng kambing harus disajikan dan dinikmati selagi panas agar rasanya gurih dan enak, dengan ditaburi goreng bawang merah. Selamat mencoba!" jelasnya.

Image

Riza

Reporter

Image

Fit NW

Redaktur