Hari Pertama Tanpa Lockdown, Saat 68 Persen Orang Dewasa di Inggris Sudah Divaksin

Selasa 20 Juli 2021, 17:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Hari pertama normal baru tanpa pembatasan apapun atau lockdown di Inggris tang dimulai Senin kemarin tanggal 19 Juli 2021. Ditengah status isolasi mandiri, Perdana Menteri Boris Johnson mengambil keputusan untuk mulai hidup normal bersama virus corona disaat 68 persen orang dewasa di Inggris sudah divaksin dosis penuh.

Boris Johnson menerapkan strategi baru untuk menghidupkan kembali ekonomi Inggris dengan mencabut semua lockdown ketika mayoritas populasinya sudah divaksin. Jika vaksin Covid-19 terbukti efektif dalam mengurangi penyakit parah dan kematian bahkan ketika infeksi mencapai tingkat rekor, keputusan Johnson dapat menawarkan jalan keluar dari krisis kesehatan masyarakat terburuk dalam beberapa dekade. 

Jika tidak, lebih banyak lockdown bisa terjadi, dan kemungkinan lebih parah dari sebelumnya.

Tetapi hari pertama normal baru yang disebut Boris Johnson sebagai Hari Kebebasan, telah dirusak oleh "kekacauan pingdemic" ketika aplikasi National Health Service mengirim pesan peringatan ke ratusan ribu orang untuk isolasi mandiri, yang kemudian memicu peringatan bahwa rak-rak supermarket akan segera kosong, dikutip dari Reuters, 20 Juli 2021.

"Jika kita tidak melakukannya sekarang, kita harus bertanya pada diri sendiri, kapan kita akan melakukannya?" kata Johnson mengatakan hanya beberapa jam setelah dia dikritik karena tidak akan mengikuti isolasi mandiri 10 hari sesuai aturan karantina Inggris setelah terpapar kontak Covid-19.

"Ini adalah saat yang tepat tetapi kita harus melakukannya dengan hati-hati. Kita harus ingat bahwa virus ini masih ada di luar sana," katanya.

Inggris memiliki angka kematian tertinggi ketujuh di dunia atau 128.708 kematian, dan diperkirakan akan segera memiliki lebih banyak infeksi baru setiap hari daripada yang terjadi pada puncak gelombang kedua virus awal tahun ini. Pada Minggu tercatat ada 48.161 kasus baru.

Tetapi Inggris berhasil meluncurkan program vaksinasi melampaui negara tetangga Eropa lainnya dengan 87 persen dari populasi orang dewasa Inggris telah memiliki satu dosis vaksinasi, dan lebih dari 68 persen memiliki dua dosis yang memberikan perlindungan yang lebih lengkap. Kematian harian, saat ini sekitar 40 per hari, hanyalah sebagian kecil dari puncak di atas 1.800 yang tercatat pada Januari.

Mulai tengah malam tadi, undang-undang di Inggris yang mewajibkan masker untuk dikenakan di toko-toko dan tempat-tempat di dalam ruangan lainnya telah berakhir, bersama dengan batasan kapasitas di bar dan restoran, dan aturan yang membatasi jumlah orang yang dapat bersosialisasi bersama.

Masyarakat Inggris tampak terpecah perihal pembatasan: beberapa ingin aturan yang keras berlanjut karena mereka takut virus akan terus membunuh orang dan membanjiri rumah sakit, tetapi yang lain merasa terganggu dengan pembatasan terberat yang diterapkan Inggris sejak Perang Dunia.

Boris Johnson menghadapi kecaman pada hari Minggu ketika dia dan menteri keuangannya, Rishi Sunak, mencoba menghindari karantina dengan skema khusus untuk menteri senior dan pegawai negeri. Dia akhirnya mengisolasi diri di kediaman resminya di Chequers setelah menteri kesehatan Sajid Javid dinyatakan positif.

Saat fajar hari pertama normal baru menyingsing di London, para penggemar klub berdansa sepanjang malam di salah satu acara musik live pertama yang bebas aturan pembatasan sejak pandemi Covid-19 dimulai tahun lalu dan merebak di Inggris.

SUMBER: REUTERS/TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Tags :
Berita Terkini
Opini19 April 2024, 14:36 WIB

Kartini Hari Ini: Refleksi Pemikiran Pemberdayaan Perempuan dalam Konteks Multikulturalisme

Pemikiran Kartini tentang emansipasi perempuan masih memiliki relevansi. Namun, dalam mengaplikasikan pemikiran tersebut, perlu dipertimbangkan juga konteks multikulturalisme yang menjadi realitas masyarakat Indonesia saat ini
Dr. Tetty Sufianty Zafar, MM, Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi/Sekretaris Forum Doktor Sukabumi/Pembina Research & Literacy Institute | Foto : Sukabumi Update
Sehat19 April 2024, 14:30 WIB

7 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kayu Manis : Rempah Asli Indonesia Satu Ini Ternyata Punya Sederet Manfaat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui.
Ilustrasi - Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui. (Sumber : pexels.com/@Mareefe)
Sehat19 April 2024, 14:00 WIB

Selain untuk Gula Darah, Ini 10 Manfaat yang Luar Biasa dari Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.
Ilustrasi - Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. (Sumber : Pixabay.com/@ignartonosbg).
Sukabumi Memilih19 April 2024, 13:54 WIB

Politisi PKB Miftahul Janah Didukung Warga Maju Pilkada Kota Sukabumi

Sejumlah warga Kota Sukabumi yang tergabung dalam RMJ mendorong politisi PKB, Miftahul Janah Janah untuk maju menjadi calon walikota / wakil walikota Sukabumi.
Miftahul Janah, Politisi PKB didorong maju Pilkada Kota Sukabumi 2024 | Foto : Sy
Sehat19 April 2024, 13:30 WIB

Segini Kisaran Kadar Gula Darah Normal Pada Lansia 50 Tahun ke Atas Setelah Makan

Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia.
Ilustrasi - Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia. (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life19 April 2024, 13:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Sifat Iri Dengki Dalam Diri Agar Hidup Tenang dan Damai

Menghilangkan sifat iri dan dengki memang harus dalam hidup. Sebab hal demikian untuk hidup lebih tenang dan damai.
Ilustrasi. Cara menghilangkan sifat iri dengki. Sumber Foto : Pexels/Liza Summer
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No