Light Dark

Cara Mudah Upload Video Durasi 30 Detik Lebih di Status WhatsApp

Aplikasi | 19 Jul 2021, 07:00 WIB
Keterbatasan durasi video dari fitur Status WhatsApp tersebut tak jarang menjadi masalah serius bagi sebagian orang. | businesinsider.com

SUKABUMIUPDATE.com - WhatsApp merupakan aplikasi pesan yang sangat digemari saat ini. Sebab dalam aplikasi tersebut terdapat berbagai macam fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan berbagai jenis pesan maupun status. Baik yang berbentuk teks, foto, pesan suara, berbagi lokasi maupun berbagi video.

Dan yang tak kalah penting, yang membuat aplikasi ini semakin digemari banyak orang ialah adanya fitur Status yang fungsinya mirip sekali dengan Story di Instagram. Sehingga dengan adanya fitur ini memungkinkan penggunanya untuk membagikan momen-momen indah yang sedang dirasakan baik berupa tulisan, gambar, serta video yang hanya berdurasi 30 detik saja.

Keterbatasan durasi video dari fitur Status WhatsApp tersebut tak jarang menjadi masalah serius bagi sebagian orang.  Pasalnya, setiap video yang memiliki durasi lebih dari 30 detik secara otomatis video terbaru akan terpotong atau masuk pada slide selanjutnya.

Namun, jangan khawatir karena ada cara mudah untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sehingga video yang kalian kirimkan ke WhatsApp status terlihat lebih panjang dan lebih dari 30 detik.

Dilansir dari guidingtech.com, berikut ini dua cara mudah agar postingan di status WhatsApp lebih dari 30 detik:

1. Menggunakan aplikasi WhatsCut Pro+

WhatsCut Pro+ merupakan aplikasi pihak ketiga yang berfungsi untuk memperkecil ukuran suatu video sehingga dapat diupload pada status WhatsApp. 

- Unduh dan instal aplikasi WhatsCut Pro+ dari Play store. Setelah terdownload kemudian buka aplikasi.

- Pada layar beranda kamu dapat pilih video yang ingin di posting untuk Status WhatsApp. Sesudah itu, klik tombol panah hijau.

- Aplikasi tersebut akan memproses video dan mengirisnya menjadi potongan yang lebih kecil. Setelah selesai diproses, maka secara otomatis akan menuju ke jendela  Status WhatsApp milikmu, Kemudian kamu dapat memilih untuk mempostingnya secara publik sebagai status pribadi atau membagikannya dengan kontak lainnya.

2. Buat Gambar GIF Menggunakan GIFShop

Aplikasi GIFshop merupakan aplikasi yang mampu mengubah beberapa video menjadi ukuran yang lebih kecil. Di mana para pengguna dapat dengan mudah menambahkan file lebih dari satu menit meskipun gambar tidak memiliki batasan waktu dengan mengubahnya ke bentuk Graphics Interchange Format atau GIF. 

Untuk cara pemakaiannya sendiri sebagai berikut:

- Unduh aplikasi GIFshop dari Play Store kemudian install.  Setelah selesai, buka dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

- Pada layar splash atau layar beranda akan menampilkan beberapa opsi. Di antara mereka, pilih opsi Video -> GIF. Kemudian pengguna akan diarahkan pada kolom file, setelah itu pilih video yang ingin diposting di WhatsApp untuk status. Dan klik Convert.

- Setelah itu aplikasi secara otomatis akan memproses video dan membuat gambar GIF darinya. Jika sudah, kamu sudah bisa mengunggahnya dengan cara upload video status WhatsApp.

SUMBER: SABAR ALIANSYAH PANJAITAN/TEMPO.CO

 

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur