Lolos Ke Babak Kedua Piala Dunia Catur, 3 Wakil Indonesia Berusaha Cetak Rekor

Kamis 15 Juli 2021, 22:29 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tiga pecatur Indonesia, Grandmaster Susanto Megaranto, Women Grand Master (WGM) Irene Kharisma Sukandar, dan Women Grand Master (WGM) Medina Warda Aulia akan berusaha membuat rekor di kejuaraan Piala Dunia Catur 2021 ketika bertanding di babak kedua, Kamis, 15 Juli 2021.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Persatuan Besar Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi), Kristianus Liem, menyatakan Irene dan Medina unggul sejak pembukaan dan memaksa lawan berpikir keras sehingga menguras waktu.

"Bahkan lawan Medina, FM Jana Schneider dari Jerman kehabisan waktu. Sementara lawan Irene, Javiera Belen saat krisis waktu banyak membuat langkah lemah sehingga rajanya nyaris kena mat," kata Kristianus saat dihubungi Tempo, Kamis, 15 Juli 2021.

Irine Kharisma Sukandar (2413) dan Medina Warda Aulia (2360) meraih tiket putaran kedua kejuaraan World Cup FIDE 2021 yang berlangsung di Sochi Rusia itu, setelah menuntaskan partai kedua putaran pertama dengan agregat kemenangan. Irine unggul 1,5 – 0,5 atas pecatur WIM Javiera Belen Gomez Barrera (2083/Chili) setelah bermain remis pada babak kedua putaran pertama dalam permainan panjang 65 langkah.

Adapun Medina pada babak kedua putaran pertama menang atas FM Jana Schneider (2321/Jerman). Medina tampil posisional mengotak-atik buah perwiranya dalam permainan Ruy Lopez varian Norwegia untuk memaksa Schneider menyerah pada langkah ke-44. Medina unggul 2-0 atas Schneider.

Sementara itu, Susanto Megaranto (2550) harus berjuang susah payah melalui tiebreak untuk mengalahkan juara nasional 13 kali Ehsan Ghaem Maghami (2547/India) pada tiebreak kedua. Di tiebreak pertama keduanya kembali bermain remis. Susanto menang dengan skor 2,5-1,5 untuk berhak ke babak kedua World Cup FIDE 2021.

Torehan tiga pecatur itu lolos ke babak kedua kejuaraan World Cup FIDE 2021 ini sukses menyamai rekor pecatur terbaik Indonesia yang sudah bertahan 17 tahun yang dibuat GM Utut Adianto di Tripoli Libia. Kini rekor Utut itu akan coba untuk dapat dilampaui oleh ketiga, meski ketiganya harus bertemu lawan yang lebih kuat dan unggul dalam segi elo ranting.

Susanto akan mencoba menghadapi unggulan kedua Fabiano Caruana (2820/Amerika Serikat). Irine bertanding lawan GM Valentina Gunina (2436/Rusia). Sedang Medina akan menghadapi GM Dronavalli Harika (2515/India). Jika dari salah satu pecatur Merah Putih mampu lolos ke babak ketiga, maka akan menjadi pemilik sejarah sebagai pecatur Indonesia di ajang World Cup FIDE menumbangkan rekor Utut Adianto.

Hasil yang dicapai Susanto, Irene dan Medina disambut gembira oleh Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi). Sekjen PB Percasi, Drs. Henry Hendratno berharap atlet Indonesia bisa melaju ke babak ketiga.

"Tentu saja gembira. Tapi kami jg mau melihat kiprah ketiganya di babak ke-2 hari ini, apakah ada kemajuan selama mengikuti Pelatnas di segi teknis dan mental mereka," kata Henry.

Sementara itu, kabar buruk dialami IM Mohamad Ervan yang harus terhenti di babak pertama karena tidak diizinkan bertanding setelah tidak lolos tes Covid-19 yang dilakukan panitia sebelum pertandingan kedua di babak pertama menghadapi GM Nodirbek Abdusattorov (2634). Ervan dinyatakan kalah 0-2 setelah pada pertandingan pertama menyerah dari pecatur remaja Uzbekistan tersebut.

SUMBER: TEMPO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi16 April 2024, 19:35 WIB

Hari Pertama Masuk Kerja usai Lebaran, Distan Sukabumi Gelar Halal Bihalal

Distan Kabupaten Sukabumi menggelar acara Halal bihalal perayaan Idul Fitri 1445 H dalam momentum hari pertama masuk kerja setelah libur panjang lebaran.
Distan Kabupaten Sukabumi gelar halal bihalal di momen hari pertama masuk kerja usai libur Lebaran 2024. (Sumber : IG Distan Kabupaten Sukabumi)
Sehat16 April 2024, 19:00 WIB

Mengenal Manfaat Air Rebusan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun alpukat mungkin memiliki efek dalam menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun alpukat  mungkin memiliki efek  dalam menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@Alice_Alphabet).
Sukabumi16 April 2024, 18:42 WIB

Donny Sulifan Mundur, Pj Wali Kota Sukabumi Tunjuk Kadinkes Jadi Plt Dirut RS Bunut

Pj Wali Kota Sukbumi Kusmana Harradji mengatakan, ia telah menerima surat pengunduran diri Donny Sulifan sebagai Dirut RS Bunut pada Selasa (16/4/2024) hari ini.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat16 April 2024, 18:30 WIB

Anda Harus Tahu Kadar Gula Darah Normal: Sebelum Makan, Pasca Makan dan Saat Beraktivitas

Penderita diabetes perlu mengetahui kadar gula darah normal dalam tubuhnya.
Ilustrasi - Penderita diabetes perlu mengetahui kadar gula darah normal dalam tubuhnya. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi16 April 2024, 18:16 WIB

Kerja Sama dengan TNI, Distan Ungkap Target Perluasan Areal Tanam 2024 di Sukabumi

Kadistan Kabupaten Sukabumi Sri Hastuty Harahap menyebut peningkatan luas areal tanam dilakukan dengan cara pompanisasi.
Kepala Dinas Pertanian atau Kadistan Kabupaten Sukabumi Sri Hastuty Harahap. (Sumber : Istimewa)
Life16 April 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Urusan Dipermudah Allah SWT, Yuk Amalkan Insya Allah Lancar

Baca doa ini Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusaan.
Baca doa ini Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusaan. | Sumber: Freepik.com (wayhomestudio)
Sukabumi16 April 2024, 17:49 WIB

Dirut RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi Mengundurkan Diri, Ini Alasannya

Baru setahun menjabat, Donny Sulifan mengundurkan diri sebagai Dirut RSUD R Syamsudin SH. Apa alasannya?
Dirut RSUD R Syamsudin SH, dr Donny Sulifan mundur dari jabatannya. (Sumber Foto: Istimewa)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 17:40 WIB

Calon Bupati Sukabumi Iyos Somantri Resmi Mendaftar ke Partai Demokrat

Iyos Somantri secara resmi mendaftar melalui Partai Demokrat. Berkas formulir pendaftaran diserahkan hari ini, Selasa (16/4/2024), di Palabuhanratu.
Iyos Somntri saat penyerahan berkas formulir pendaftaran calon Bupati Sukabumi ke DPC Partai Demokrat | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 17:30 WIB

5 Bahan Herbal yang Ampuh Menurunkan Kadar Gula Darah Menjadi Normal Kembali

Beberapa bahan herbal diklaim mampu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi Teh Rosemary- Beberapa bahan herbal diklaim mampu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Musik16 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Ai Doel Sumbang yang Viral di TikTok: Kabedil Ku Jangjawokan

Inilah Lirik Lagu Ai Doel Sumbang yang Viral di TikTok: "Ayeuna Asép siga nu kabedil ku jangjawokan, Kapanah ku kinasihan, lieur ku Ai"
Lirik Lagu Ai Doel Sumbang yang Viral di TikTok: Kabedil Ku Jangjawokan. (Sumber : Youtube/@GPMusikpedia)