Para Pesaing Lionel Messi untuk Ballon d'Or 2021

Rabu 14 Juli 2021, 09:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com  - Setelah memenangkan trofi mayor bersama timnas Argentina, Lionel Messi disebut-sebut sebagai kandidat kuat peraih Ballon d'Or 2021. Ia membantu negaranya mengakhiri penantian 28 tahun untuk meraih gelar di kancah internasional dengan mengklaim Copa America pada Ahad kemarin.

Selain membungkam para pengkritiknya, kemenangan itu membuat Messi sebagai orang terdepan untuk memenangkan Ballon d'Or 2021. Sebagai kandidat kuat, kemungkinan gelar itu akan menjadi yang ketujuh untuk La Pulga.

Copa America, Piala Eropa, dan Piala Dunia cenderung menentukan pemenang Ballon d'Or. Dengan demikian, Messi secara otomatis dipandang sebagai favorit peraih penghargaan pesepakbola terbaik setelah menjadi juara bersama Albiceleste.

Di sisi lain, catatan statistik Messi selama musim 2020/2021 juga menjadi poin positif. Dalam 47 pertandingan sepanjang tahun ini, Messi telah mencetak 38 gol dan 14 assist, serta 26 penghargaan man of the match.

Dia menyelesaikan La Liga Santander sebagai pencetak gol terbanyak dan menyabet gelar El Pichichi. Bersama Barcelona, ia juga memenangkan Copa del Rey. Di Copa America, ia juga menjadi pemain terbaik setelah tampil sebagai top skor dengan empat gol dan lima assist. Hal itu memperlihatkan bahwa Messi terlibat dalam sembilan dari 12 gol Argentina di ajang tersebut.

Kapten timnas Argentina, Lionel Messi diangkat ke udara oleh rekan setimnya saat selebrasi kemenangan dalam final Copa America 2021 di Stadion Maracana, Brasil, 10 Juli 2021. Gelar ini juga menjadi ujung penantian panjang bagi Lionel Messi bersama Argentina. Ini menjadi gelar pertamanya bersama timnas, yang diraih pada final kelima dalam 10 turnamen besar yang diikutinya. REUTERS/Ricardo Moraes

Akan tetapi, siapa saja pemain yang mungkin menjadi pesaingnya? Dia tidak mungkin ditantang oleh beberapa pemain elite. Bintang PSG asal Prancis Kylian Mbappe bahkan tidak memenangkan Ligue 1 atau Liga Champions, begitu juga Cristiano Ronaldo yang tidak memenangkan Serie A atau Piala Eropa. Robert Lewandowski, pemain yang moncer musim lalu bersama Bayern Munchen, juga gagal melaju di Euro 2020.

Nama pemain bertahan veteran asal Italia, Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci, disebut malah masuk dalam daftar persaingan meraih Ballon d'Or usai membawa Gli Azzurri juara Euro 2020.

Di samping itu, pemain Chelsea N'Golo Kante dan Mason Mount, juga masuk hitungan karena membawa The Blues meraih trofi Liga Champions. Punggawa Chelsea lain yang bisa diperhitungkan adalah Jorginho dan Emerson Palmieri.

Dikutip dari Marca, berikut adalah lima kandidat untuk meraih gelar Ballon d'Or 2021.

1. Lionel Messi

Pemain timnas Argentina yang kontraknya habis di Barcelona pada 30 Juni 2021 mungkin tidak akan menjadi pesaing serius jika tidak memenangkan Copa America. Namun, ia berhasil memenangkan trofi perdananya bersama Argentina dengan meraih trofi Copa America, trofi mayor pertama sejak 1993. Di level klub, ia juga masih berada di performa terbaik dengan membawa Barcelona meraih trofi Copa del Rey dan bersaing ketat dalam perebutan gelar La Liga.

2. Jorginho

Gelandang Italia berhasil mengawinkan gelar juara Eropa. Bersama Italia, ia berhasil meraih trofi Piala Eropa, sedangkan bersama Chelsea, ia meraih trofi Liga Champions. Baik Liga Champions dan kompetisi internasional sangat menentukan pemenang Ballon d'Or. Jadi mantan pemain Napoli itu mungkin memiliki alasan yang sama bagusnya dalam pemilihan pemain terbaik dunia untuk tahun 2021.

3. Harry Kane

Seandainya Inggris memenangkan Euro 2020, Kane mungkin menjadi favorit untuk menerima hadiah tersebut. Penyerang Tottenham membutuhkan waktu untuk melakukan pemanasan selama turnamen, tetapi ia melangkah lebih jauh di babak sistem gugur dengan mencetak empat gol untuk timnas Inggris. Namun, di final Euro 2020, dia tidak bisa melewati kawalan Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci, dua pemain bertahan yang brilian membawa Gli Azzurri meraih trofi kedua Piala Eropa.

4. Robert Lewandowski

Ia mungkin gagal membawa timnas Polandia melaju jauh di Euro 2020, tapi raihannya bersama Bayern Munchen tidak boleh diabaikan. Lewandowski memecahkan rekor lama Bundesliga dengan menjaringkan 41 gol dalam 29 penampilan pada 2020/21, tetapi entah bagaimana, ia masih kalah dari Erling Haaland sebagai pemain terbaik musim ini di Bundesliga Jerman.

Kapten timnas Italia Giorgio Chiellini bersama rekan setimnya melakukan selebrasi setelah kalahkan Inggris lewat adu penalti dalam pertandingan final Piala Eropa 2020 di Stadion Wembley, London, 12 Juli 2021. Pool via REUTERS/Laurence Griffiths

5. Giorgio Chiellini

Bek Italia itu mungkin tidak diperhitungkan. Namun, penampilannya di Euro 2020 layak mendapat pengakuan serius. Bek veteran membangun tembok pertahanan yang kokoh di samping Leonardo Bonucci dan di depan kiper Gianluigi Donnarumma. Tanpa benteng kokoh itu, timnas Italia tidak akan memenangkan Kejuaraan Eropa. Tidak ada bek yang memenangkan penghargaan tersebut sejak Fabio Cannavaro, yang memimpin Italia ke Piala Dunia 2006.

SUMBER: MARCA/SUARA.COM

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer