Light Dark

Saatnya Turun Tangan! wargabantuwarga.com Isi Ruang Kosong Selama Pandemi

Aplikasi | 10 Jul 2021, 09:00 WIB
Ilustrasi bantuan untuk warga terdampak pandemi. Sejumlah komunitas dan ejumlah pemerhati pandemi meluncurkan website wargabantuwarga.com | istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Saatnya warga turun tangan membantu sesama yang tengah mengalami kesulitan di tengah pandemi. Ruang yang selama ini kosong karena ribetnya alur bantuan baik untuk warga maupun pasien covid-19 yang membutuhkan pertolongan, Dari berbagai komunitas mengandalkan kekuatan masyarakat sipil, sejumlah pemerhati pandemi meluncurkan website wargabantuwarga.com. Apa itu wargabantuwarga.com?

Apa itu wargabantuwarga.com?

Beberapa komunitas yang terlibat dalam website tersebut antara lain kitabisa.com, pemimpin.id, pandemictalks, dan laporcovid19.

Saat mengakses wargabantuwarga.com anda bisa memperoleh informasi esensial seputar pandemi seperti ketersediaan tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19, nomor kontak penting, lokasi vaksinasi, ketersediaan tabung oksigen, hingga donasi untuk seluruh warga terdampak pandemi.

Isi wargabantuwarga.com apa saja?

Wargabantuwarga.com juga menyediakan konten edukasi seputar pandemi. Warga bisa memperoleh informasi mengenai cara memakai masker dua lapis yang benar, menjaga kesehatan mental di kala pandemi, fungsi tes PCR, dan langkah-langkah yang harus dilakukan jika kita positif terpapar Covid-19.

Inisiatif di wargabantuwarga.com lahir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama pandemi. Ketidakjelasan informasi yang beredar di media sosial juga menjadi alasannya.

Anda bisa jadi sukarelawan di wargabantuwarga.com

Kendati begitu, warga bukan Cuma objek penerima informasi. Kita bisa ikut serta menjadi sukarelawan untuk melengkapi informasi pada website. Setiap warga bisa berperan untuk menjadi sukarelawan. Tugasnya mengumpulkan data seputar kebutuhan sesama warga selama pandemi, verifikator data, dan membantu mengontak orang yang membutuhkan bantuan.

Informasi dalam database ini merupakan hasil kontribusi warga dan dikelompokkan berdasarkan provinsi. Hingga saat ini, database memuat informasi dari provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Lampung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Timur.

Terdapat nomor kontak yang bisa dihubungi dalam keadaan darurat covid

Di samping itu, wargabantuwarga.com menyediakan data nomor kontak yang bisa dihubungi dalam keadaan darurat. Situs ini mencantumkan nomor hotline pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk keperluan donor konvalesen.

Kontak lembaga independen non pemerintah juga tersedia. Warga yang membutuhkan bisa menghubungi Dompet Dhuafa untuk layanan ambulans, bantuan oksigen, logistik saat isolasi mandiri, layanan psikologi, dan pemulasaraan jenazah. Layanan Dompet Dhuafa hanya berlaku di wilayah Jabodetabek.

SUMBER: SUARA.COM

Image

Nelis

Reporter

Image

Fit NW

Redaktur