Kata Kepala DP2KBP3A Kota Sukabumi Soal Vaksinasi untuk Anak

Kamis 01 Juli 2021, 17:05 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kota Sukabumi mendukung rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengenai anak aman untuk divaksin. Salah satu dasar pemberian vaksin Covid-19 untuk anak yaitu dengan memperhatikan pemenuhan hak anak.

Hal itu diungkapkan kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan  dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kota Sukabumi Nuraeni Komarudin menanggapi webinar yang diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) dengan tema 'Perlindungan Anak dari Covid-19'.  

Baca Juga :

Usia 18+, Syarat dan Cara Daftar Vaksinasi Covid-19 untuk Umum di Kota Sukabumi

"Dengan memperhatikan pemenuhan Hak Anak, Pemerintah Kota Sukabumi mendukung rekomendasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), bahwa anak aman untuk di vaksin termasuk anak berkebutuhan khusus. Kemudian pelaksanaan teknisnya pun aman dilakukan dan kami akan berkomunikasi dengan satgas Covid-19," tutur Nuraeni kepada sukabumiupdate.com, Kamis (1/7/2021).

Sementara itu, dalam webinar yang diselenggarakan KemenPPPA, Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr Yogi Prawira mengharapkan orang tua berperan untuk menyampaikan kepada anak mengenai bahaya yang disebabkan oleh virus corona.

Lebih lanjut, Yogi menyatakan terdapat protokol kesehatan yang diberlakukan di rumah ketika anak terpapar Covid-19 yaitu melakukan modifikasi ruangan, gunakan masker dan hal yang boleh dan tidak boleh (do's dan dont's).

"Modifikasi ruangan yaitu pisahkan zona pasien dengan zona bersih di rumah, meliputi kamar tidur, kamar mandi dan area bermain anak, bila tidak memungkinkan zona terpisah upayakanjaga jarak minimal 1 meter dengan anak yang sakit. Upayakan ventilasi udara yang baik untuk pergantian udara dan bila harus memakai kamar mandi bersama, upayakan anak yang positif menggunakan kamar mandi terakhir dan beri jarak dengan pemakai kamar mandi berikutnya," jelas Yogi.

Adapun soal penggunaan masker, Yogi menuturkan anak usia lebih dari 2 tahun atau yang sudah pandai menggunakan masker, dianjurkan menggunakan masker dengan cara yang benar. Berikan "istirahat masker" apabila anak sedang di ruangan sendiri dan masker tidak perlu digunakan saat anak tidur.

Untuk hal yang boleh dan tidak boleh (do's dan dont's) yaitu pengasuh di ruang yang sama harus selalu menggunakan masker dan pelindung mata, sarung tangan sekali pakai dan celemek sekali pakai atau baju luar yang dapat dicuci. Kemudian pengasuh mencuci tangan setiap sebelum dan sesudah berinteraksi dengan anak. Lalu sebisa mungkin menjaga jarak (termasuk saat tidur) terutama jika pengasuh negatif.

Masih dalam boleh dan tidak boleh (do's dan dont's) yaitu buang masker dan sarung tangan di tempat plastik khusus dan buang di tempat sampah berbeda.

"Bila orangtua atau pengasuh harus merawat anak lain yang negatif, maka harus mandi dan ganti baju terlebih dahulu sebelum berinteraksi dengan anak, cuci pakaian anak dan baju luar pengasuh secara terpisah dengan air hangat dan deterjen, jangan memakan makanan sisa anak yang tersisa atau menggunakan alat makan anak dan pengasuh juga menjaga kesehatan dan harus minum suplemen," jelasnya.

Mengenai vaksin, Yogi menuturkan upaya pencegahan Covid-19 pada anak dengan memberikan vaksin tentu saja harus disertai dengan upaya lain yang dapat mencegah penularan. Berikan arahan terhadap anak untuk mengetahui pentingnya menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, mematuhi protokol kesehatan dan tidak berkumpul atau bermain.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Bola25 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi dan Link Live Streaming Dewa United vs Madura United di Liga 1 Pekan ke-33

Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33.
Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33. (Sumber : X/@dewaunitedfc_/@MaduraUnitedFC).
Kecantikan25 April 2024, 12:00 WIB

Tetap Lembab, 10 Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas

Jangan lupa untuk tetap konsisten dalam merawat kulit dan memberikan perhatian ekstra saat cuaca panas atau musim panas agar kulit tetap glowing.
Tetap Lembab, Ini Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Life25 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disenangi Semua Kalangan

Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain.
Ilustrasi. Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)
Sukabumi25 April 2024, 11:25 WIB

Jemaah Haji Kota Sukabumi Tahun 2024 Ada 336 Orang, Lebih Banyak Perempuan

Kemenag berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Sukabumi terkait keberangkatan.
(Foto Ilustrasi) Tahun 2024 Kota Sukabumi mendapat penambahan kuota 80 orang sehingga jumlah calon jemaah haji yang akan diberangkatkan adalah 336 orang. | Foto: Pixabay
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi25 April 2024, 10:55 WIB

Sempat DPO, Bos Investasi Bodong Senilai Rp 5 Miliar di Sukabumi Serahkan Diri

H selaku direktur dan pemilik CV AAP merupakan oknum wartawan.
H (43 tahun) saat diperiksa di Mapolres Sukabumi Kota, Rabu, 24 April 2024. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Sehat25 April 2024, 10:30 WIB

Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami dengan 8 Gaya Hidup Sehat

Penting untuk diingat bahwa sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memulai atau mengubah regimen pengobatan asam urat, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Untuk Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami Yuk Terapkan Cara Pola Hidup Sehat. | Foto: Freepik/@freepik
Life25 April 2024, 10:00 WIB

Bersyukur, 10 Kebiasaan Kecil yang Membuat Kamu Bisa Hidup Lebih Bahagia

Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, kamu dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan.
Ilustrasi - Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, Anda dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi25 April 2024, 09:43 WIB

28 Tahun Otda: Kota Sukabumi Komitmen Soal Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat

Otonomi daerah adalah upaya desentralisasi kekuasaan kepada pemerintah daerah.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada memimpin apel memperingati Hari Otda ke-28 di halaman Setda Kota Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Inspirasi25 April 2024, 09:31 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Syarat: Bisa Bahasa Inggris Dasar

Jobseeker Yuk Cek Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Salah Satu Syaratnya adalah Bisa Bahasa Inggris Dasar.
Ilustrasi. Wawancara. Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Syarat: Bisa Bahasa Inggris Dasar (Sumber : Pexels/EdmondDantes)