Dukung Pemerataan Ekonomi, Dompet Dhuafa Targetkan 52 Ribu Hewan Kurban Tahun Ini

Senin 28 Juni 2021, 12:57 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi Covid-19 belum usai dan turut membawa dampak terhadap lesunya ekonomi. Berbagai perusahaan mengalami penurunan omzet dan tak sedikit pula yang terpaksa mengurangi jumlah tenaga kerja. Dompet Dhuafa pun menghadirkan program sentra ternak DD Farm untuk agenda kurban nanti.

Program tersebut adalah bagian dari Aksi Peduli Dampak Corona atau APDC, yang diharapkan menjadi solusi di tengah krisis ekonomi bagi masyarakat sekitar. Bahkan program yang bergulir di sejumlah daerah itu mulai menyerap pendamping program dari masyarakat setempat yang terdampak pemutusan hubungan kerja akibat pandemi.

Dikutip dari siaran pers yang diterima redaksi sukabumiupdate.com pada Senin, 28 Juni 2021, Ekonom senior Hendri Saparini mengatakan jumlah orang yang bekerja di sektor pertanian dan peternakan tumbuh lebih dari 2 persen di tengah pandemi. "Ini dapat disimpulkan sektor tersebut dapat menciptakan lapangan kerja," katanya dalam konferensi pers Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa yang berlangsung secara daring pada Rabu, 23 Juni 2021.

Hendri mengatakan kelompok menengah ke atas jumlahnya lebih banyak dan dirinya meyakini sekira 40 juta juga keluarga dapat berbelanja kurban. Ini akan membantu menggerakkan perekonomian rakyat. "Karena sebagian besar orang Indonesia itu berkurban dengan kambing, dan itu adalah hewan yang diternak di domestik bukan dari impor," kata dia.

"Maka akan berdampak besar pada ekonomi perternak kecil. Jadi kalau ada 29 juta orang bekerja di sektor pertanian dan peternakan, kemudian belanja, maka akan ada optimisme bahwa sebenarnya ekonomi kita tidak berhenti," tambahnya. Ini saatnya untuk berbelanja dan untuk tidak menahan belanja kurban. Karena itu akan berdampak bagi jutaan peternak di Indonesia, dan itu akan menjadi harapan baru bahwa ekonomi Indonesia ada kesempatan untuk pulih."

Sementara itu, peneliti senior IDEAS Ahsin Aligori mengatakan optimisme laju ekonomi di tengah pandemi tidak terlepas dari pemerataan daging kurban, Dalam fakta menarik riset IDEAS tahun 2020 lalu, Jabodetabek merupakan pasar utama kurban terbesar di Indonesia dan secara pendistribusian mengalami surplus sampai 24.000 ton daging kurban yang berputar di Jabodatabek.

"Sedangkan di wilayah lain mengalami defisit daging kurban. Dengan adanya kurban diharapkan bisa menjadi momentum pemerataan daging kurban ke pelosok secara adil. Sehingga masyarakat pedesaan dapat terpenuhi konsumsi protein hewani yang sampai saat ini masih terjadi ketimpangan," katanya.

Pandemi ini, kata dia, menambah jumlah kemiskinan. Menurutnya, bantuan langsung tunai belum bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Maka dengan adanya kurban tersebut diharapkan bisa memaksimalkan dalam membantu masyarakat dalam pemenuhan gizi. "Mayoritas pekurban adalah orang kaya di Jabodetabek dan pendistribusian kurban masih di area yang sama," ucapnya.

Sugeng Sri Widodo selaku GM Pemberdayaan dan Pengembangan Zakat Dompet Dhuafa mengatakan ada sebelas sentra ternak tersebar di seluruh Indonesia yang menyuplai 13.064 setara doka. Di sisi lain keberadaan sentra ternak melibatkan para mustahik maupun masyarakat sekitar dalam upaya mendongkrak potensi masyarakat desa dengan pola pendampingan dan pelatihan.

"Selain itu pengadaan stok hewan kurban juga didukung oleh partisipasi para mitra yang meliputi dari Aceh hingga Papua. Dengan ketersediaan stok dari 38.936 ekor hewan kurban setara doka". "Justru dengan keadaan di tengah pandemi, distribusi hewan kurban harus lebih banyak secara volume dan sebaran wilayahnya, agar semakin banyak masyarakat terdampak pandemi dapat terbantu," katanya.

Direktur Komunikasi dan Aliansi Strategis Bambang Suherman mengatakan untuk target Dompet Dhuafa lebih dari 52.000 ekor setara doka. "Dengan pertimbangan unit produksi, bisa dipastikan berjalan dengan antusiasme pekurban dan mengajak pekurban dalam pendistribusian kurban," ujar Bambang Suherman.

Dompet Dhuafa memastikan dalam penerapan kurban melalui aspek protokol kesehatan. Baik dari pekerja kurban hingga pendistribusian tetap kita jaga secara kesehatan sehingga hewan kurban tetap aman. Program Tebar Hewan Kurban ini juga sangat dirasakan mulai dari proses awal hingga akhir oleh Nina Septiani selaku Beauty & Fashion Influencer. 

Ia menjelaskan nerkurban di Dompet Dhuafa sangat mudah, apalagi kerja sama dengan berbagai e-commerce yang semakin memudahkan berkurban. Di tambah setelah berkurban, kita dikirimkan laporan secara detail lokasi kurbannya. "Gak nyangka kurban saya hingga pelosok dan sampai ke penerima manfaat yang tepat,” katanya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi19 April 2024, 18:20 WIB

Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi, Sosok Kayla di Mata Keluarga

Kayla Nur Syifa siswi SMAN 1 Cisaat yang meninggal dunia saat seleksi Paskibraka dimakamkan di TPU Cimuhara Gunungguruh Sukabumi.
Jenazah Kayla Nur Syifa Siswi SMAN 1 Cisaat yang meninggal dunia saat seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi dimakamkan. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life19 April 2024, 18:00 WIB

Sedang Alami Luka Batin? Amalkan Doa Kesehatan Mental ini Dari Rasulullah SAW

Doa kesehatan mental ini untuk memohon rahmat dan pertolongan Allah SWT dalam setiap masalah hidup.
Doa kesehatan mental ini untuk memohon rahmat dan pertolongan Allah SWT dalam setiap masalah hidup. | Foto : Pixabay
Jawa Barat19 April 2024, 17:34 WIB

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

PLN berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bogor mengoperasikan SPKLU khusus ALIBO.
Tampilan Angkot Listrik Bogor (ALIBO) dan SPKLU PLN yang terletak di Kantor PLN UP3 Bogor. (Sumber : Istimewa)
Musik19 April 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Illusion Dua Lipa yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Illusion Dua Lipa yang Viral di Media Sosial, khususnya platform musik.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)
Sukabumi19 April 2024, 16:15 WIB

Pingsan dan Kejang Setelah Tes Lari, Siswi Sukabumi Meninggal saat Seleksi Paskibraka

Kayla meninggal setelah mengikuti tahapan tes lari bersama peserta lain.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Inspirasi19 April 2024, 16:13 WIB

6 Tanda Orang Tua yang Belum Dewasa dalam Mendidik Anak, Nomor 5 Sering Diabaikan

Orang tua yang tidak dewasa dalam mendidik anak akan terlihat pada pola asuhnya yang terlihat kurang bijaksana
Tanda-tanda orang tua yang belum dewasa dalam mendidik anak | Foto : Pexels/Gustavo Fring
Sehat19 April 2024, 16:00 WIB

3 Cara Membuat Rebusan Bunga Telang untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

Bunga telang (Clitoria ternatea) telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes.
Ilustrasi - Bunga telang (Clitoria ternatea) telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers).
Sukabumi19 April 2024, 15:25 WIB

Inilah Finalis Terpilih Pasanggiri Mojang Jajaka Kabupaten Sukabumi 2024

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi telah sukses menggelar acara Pasanggiri Mojang Jajaka tahun 2024
Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi menggelar Pasanggiri Mojang Jajaka Sukabumi 2024 | Foto : Ilyas Supendi
Inspirasi19 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Cleaning Service di Salah Satu Coffe di Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Cleaning Service Lokasi Penempatan di Kota Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi19 April 2024, 14:48 WIB

Gaji Belum Dibayar, Buruh Pabrik Tripleks Mengadu ke Disnakertrans Sukabumi

Terdapat 89 buruh yang belum menerima gaji, baik berstatus aktif maupun non-aktif.
Buruh pabrik pengolahan kayu tripleks (plywood) saat mendatangi kantor Disnakertrans Kabupaten Sukabumi pada Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin