Light Dark

HA Sopyan: Pertanian Jadi Salah Satu Penopang Utama Perekonomian Kabupaten Sukabumi

Jawa Barat | 28 Jun 2021, 09:36 WIB
Salah satu kegiatan KWT Delima bidang perikanan di Kampung Cihuis RT 01/03, Desa Sasagaran, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi. HA Sopyan juga menerima aspirasi soal pertanian. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam rangkaian kunjungan dapil (Kundapil) di Kota/Kabupaten Sukabumi, anggota DPRD Jawa Barat HA Sopyan BHM mendapatkan beberapa aspirasi dari kelompok masyarakat soal pertanian. Salah satunya usulan mengenai bantuan bibit domba.

Aspirasi bantuan bibit domba diterima anggota komisi II ini saat mengunjungi Kelompok Wanita Tani (KWT) Delima di Kampung Cihuis RT 01/03, Desa Sasagaran, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, Selasa (22/6/2021) lalu.

Selain berdialog dengan pengurus KWT, mantan ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Jawa Barat ini juga melakukan monitoring kegiatan Pertanian dan perikanan yang dijalankan para anggota KWT.

"Kegiatan Pertanian dan perikanan masyarakat harus berjalan makin produktif, karena Pertanian dan perikanan sampai saat ini masih jadi salah satu penopang utama perekonomian di Kabupaten Sukabumi," kata HA Sopyan kepada sukabumiupdate.com, Minggu (27/6/2021).

Menurut HA Sopyan hingga tahun 2020 lalu nilai PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) atas dasar harga konstan Kabupaten Sukabumi untuk sektor pertanian, perikanan dan kehutanan memiliki nilai tambah barang dan/jasa tertinggi dibandingkan sektor lain. 

"Nilai tambah barang dan/jasa ketiga sektor ini mencapai 8.861,25 (miliar rupiah)," ujar dia.

Karena itu, dirinya mengatakan akan senantiasa mendorong lahirnya kebijakan-kebijakan pemerintah Provinsi Jawa Barat yang berpihak kepada pertanian, perikanan dan kehutanan di Kabupaten Sukabumi.

"Legislatif itu bekerja secara kolektif, karenanya setiap aspirasi hasil reses, Kundapil maupun dialog non formal selama ini selalu saya tindaklanjuti ke fraksi dan komisi, agar pertama-tama memiliki awareness bersama terhadap isu pertanian, perikanan dan kehutanan," tandasnya.

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur