Light Dark

Ingin Memelihara Burung? Perhatikan 5 Poin Pentingnya

Gaya Hidup | 27 Jun 2021, 12:00 WIB
Ilustrasi, memelihara burung yang menurut berbagai sumber selain mampu menghibur bahkan menurunkan tingkat stres. | istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Punya peliharaan hewan menjadi makin digemari akhir-akhir ini. Salah satunya memelihara burung yang menurut berbagai sumber selain menghibur juga bisa menurunkan tingkat stres. 

Memelihara burung tidaklah sulit.  Namun, sebelum memeliharanya ada sejumlah hal yang harus diperhatikan, yaitu;

1. Kandang

Dalam memelihara burung tentu memerlukan kandang. Tips memilih kandang yang baik dalam memelihara burung adalah pilihlah kandang yang cukup luas bagi seekor burung karena di kandang inilah burung akan menghabiskan sebagian besar waktunya.

Kandang yang luas diperlukan supaya ruang gerak burung tidak terbatas. Selain itu, jangan lupa keamanan kandang dengan memberikan gembok karena burung merupakan hewan yang cerdas dan mengetahui cara keluar dari kandangnya jika tidak diberi keamanan.

2. Penempatan Kandang

Sebagai hewan yang peka terhadap perubahan suhu dan cahaya, penempatan kandang burung pada tempat yang tepat menjadi penting. Kandang burung bisa ditempatkan pada area rumah yang terkena sinar matahari sehingga burung bisa mendapatkan vitamin D dan vitamin tersebut baik bagi burung.

Meletakkan kandang bagi burung juga sebaiknya jangan terlalu tinggi ataupun rendah. Kalau terlalu tinggi, burung akan merasa terisolasi dari orang-orang yang ada di bawahnya. Sedangkan, jika terlalu rendah burung akan merasakan stres.

3. Kebersihan Kandang

Kebersihan kandang juga harus diperhatikan, jika ingin memelihara burung di rumah. Kebersihan kandang berkaitan dengan kesehatan dari burung itu sendiri. Ada beberapa bagian kandang burung yang harus rutin dibersihkan, seperti alas kandang dan wadah makan dan minum.

Kedua hal tersebut harus rutin dibersihkan setiap hari supaya burung yang diperlihara tetap sehat dan menghindarkan burung dari bakteri yang ada pada kedua hal tersebut. Untuk kandangnya sendiri harus rutin dibersihkan satu minggu sekali dengan air hangat dan sabun supaya tetap bersih.

4. Nutrisi

Jangan melupakan nutrisi yang harus diberikan kepada burung yang dipelihara. Nutrisi yang baik tentu akan meningkatkan sistem kekebalan burung dan menjaga burung supaya tetap sehat dan menangkal dari segala penyakit. Banyak pilihan makanan yang bisa diberikan kepada burung, seperti buah segar, rerumputan, ataupun sayuran.

Bagi yang kebingungan memberikan nutrisi yang sesuai kepada burung, PetCoach telah mengelompokkannya menjadi lima, yaitu :

a. Granivora : Biji-bijian, cocok untuk burung parkit.

b. Florivora: Biji-bijian, buah-buahan, kacang-kacangan, cocok untuk burung beo dan burung macaw.

c. Omnivora: Biji-bijian, buah-buahan, serangga, cocok untuk burung kakatua.

d. Frugivora: buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, cocok untuk burung macaw.

e. Nectarivora: biji-bijian, serbuk sari, cocok untuk burung nuri.

5. Kebersihan Burung

Kebersihan dari burung juga harus diperhatikan. Cara menjaga kebersihan burung adalah dengan memandikannya. Memandikan burung yang paling baik adalah dengan melihat tipe burungnya terlebih dahulu, tetapi disarankan memandikan burung 2 hari sekali atau 7 hari sekali.

Banyak manfaat yang diperoleh dari memandikan burung, seperti menjaga burung agar tidak stres, menjaga kesehatan burung, dan mencegah burung terkena parasit.

Ada banyak cara dalam memandikan burung, antara lain:

a. Menyemprot burung dengan sprayer

b. Memasukkan burung ke dalam wadah

c. memelihara burung pun harus rutin memandikannya dengan cukup dengan membasahi bulunya dengan mengelus-elus, bukan mengguyur dengan air. 

SUMBER: EIBEN HEIZIER/TEMPO.CO

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur