Negara-negara Ini Mulai Menuju Normal dari Lockdown Covid-19 Pasca Vaksinasi

Rabu 23 Juni 2021, 20:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kantor berita Inggris, Reuters membuat peta rencana negara-negara yang mulai menuju kehidupan normal setelah sempat lockdown selama pandemi covid-19. Cakupan vaksin covid-19 yang tinggi disebut menurunkan tingkat rawat inap dan infeksi di negara-negara tersebut. 

Setelah peluncuran vaksin Covid-19 yang mampu menurunkan tingkat rawat inap dan infeksi, banyak negara berencana untuk kembali normal secara bertahap, membuka perbatasan dan membiarkan orang kembali ke restoran, toko, dan tempat olahraga. Ini terjadi setelah lockdown Covid-19 lebih dari satu tahun.

Berikut adalah peta rencana negara-negara menuju normalisasi Covid-19, dikutip dari Reuters, 23 Juni 2021.

INGGRIS

Inggris berencana untuk membuka kembali pub, restoran, klub malam, dan tempat perhotelan lainnya sepenuhnya pada 19 Juli.

Ritel non-esensial di Inggris dibuka kembali pada 12 April bersama dengan pub dan restoran yang beroperasi di luar ruangan. Perhotelan dalam ruangan, bioskop, teater, dan ruang olahraga dibuka kembali pada 17 Mei dengan pembatasan kapasitas. Inggris juga melanjutkan perjalanan internasional, dengan aturan karantina masih berlaku untuk sebagian besar kedatangan.

KANADA

Warga Kanada dan penduduk tetap yang telah menerima dua dosis vaksin Covid-19 akan dibebaskan dari karantina saat kembali ke negara itu mulai 5 Juli.

KOLOMBIA

Kolombia pada 3 Juni menyetujui pembukaan kembali sebagian acara besar seperti konser dan pertandingan olahraga dengan kapasitas 25 persen untuk kota-kota di mana tingkat rawat inap intensif di bawah 85 persen.

Mulai 15 Juli, pelancong internasional tidak perlu lagi menunjukkan tes PCR negatif dan kelas tatap muka akan dilanjutkan untuk anak-anak pra-sekolah hingga mahasiswa.

PRANCIS

Prancis mengakhiri jam malam nasional pada 20 Juni, 10 hari lebih awal dari yang dijadwalkan, sementara masker tidak lagi diperlukan di luar ruangan. Klub malam dapat dibuka kembali mulai 9 Juli.

Pada 9 Juni, Perancis membuka kembali kafe, bar, dan restoran sepenuhnya. Tempat olahraga, spa, kolam renang, dan kasino juga kembali beroperasi. Toko, museum, bioskop, dan teater dibuka kembali pada 19 Mei.

JERMAN

Jerman melonggarkan pembatasan untuk orang yang sepenuhnya divaksinasi atau pulih dari virus mulai 9 Mei, mencabut jam malam dan aturan karantina serta kewajiban untuk memberikan hasil tes negatif untuk mengunjungi penata rambut, kebun binatang, atau berbelanja.

Sejak 12 Mei, para pelancong dapat memasuki Jerman tanpa perlu dikarantina, kecuali mereka yang datang dari daerah berisiko.

Peringatan perjalanan umum untuk wilayah berisiko yang memiliki insiden virus corona tujuh hari berturut-turut di bawah 200 akan dicabut mulai 1 Juli.

Jerman menargetkan konser luar ruangan musim panas ini, dengan jarak sosial dan pengujian Covid-19 untuk peserta, dan suporter bisa menonton pertandingan sepak bola langsung pada bulan Agustus.

Aturan yang memaksa perusahaan untuk mengizinkan bekerja dari rumah akan dicabut pada 30 Juni.

INDIA

Pada 14 Juni, semua toko dan mal di New Delhi dibuka kembali meskipun bar, gym, salon, bioskop, dan taman tetap tutup. Monumen di bawah kepengurusan pemerintah federal dibuka untuk turis pada 16 Juni.

Beberapa bisnis di Tamil Nadu diizinkan untuk membawa kembali 50 persen karyawan dan salon serta toko minuman keras dibuka kembali. Layanan bus dibuka kembali pada 21 Juni.

Di Bengaluru, ibu kota negara bagian Karnataka, pihak berwenang mengizinkan pembukaan kembali sebagian bisnis, meskipun jam malam tetap diberlakukan.

Mulai 7 Juni, negara bagian Maharashtra mengizinkan mal, bioskop, restoran, dan kantor buka secara teratur di distrik-distrik di mana tingkat positifnya turun di bawah 5%.

ISRAEL

Israel membuka kembali perbatasan untuk turis pada 23 Mei. Di bawah program percontohan, Israel memberi lampu hijau untuk kunjungan oleh 20 kelompok antara lima dan 30 turis dari negara-negara termasuk Amerika Serikat, Inggris dan Jerman. Israel akan mengizinkan wisatawan individu masuk mulai Juli.

Mulai 15 Juni, warga dapat berhenti memakai masker di dalam ruangan, kecuali untuk pasien atau staf yang tidak divaksinasi di fasilitas medis, orang dalam perjalanan ke karantina, dan penumpang dalam penerbangan komersial.

ITALIA

Bar kopi Italia, restoran, bioskop, dan teater dibuka kembali sebagian di sebagian besar wilayah pada 26 April. Layanan dalam ruangan di restoran dilanjutkan mulai 1 Juni.

Italia mencabut pembatasan karantina bagi pelancong yang datang dari negara-negara Eropa dan Schengen, serta Inggris dan Israel, mulai 15 Mei.

Jam malam dicabut mulai 21 Juni dan mengenakan masker di luar ruangan tidak akan diwajibkan mulai 28 Juni.

JEPANG

Jepang melonggarkan pembatasan di sembilan prefektur termasuk Tokyo mulai 20 Juni, menjelang Olimpiade Musim Panas yang akan dimulai pada akhir Juli. Bar dan restoran sekarang dapat menyajikan alkohol hingga pukul 7 malam, tetapi restoran masih diminta tutup hingga pukul 8 malam. Langkah-langkah tertentu seperti batas penonton di acara-acara besar tetap berlaku.

BELANDA

Sebagian besar batas ukuran kelompok akan dicabut mulai 26 Juni, selama orang dapat menjaga jarak setidaknya 1,5 meter. Orang-orang tidak akan diharuskan memakai masker dimanapun kecuali di transportasi umum dan bandara, di mana jarak sosial tidak memungkinkan.

POLANDIA

Polandia membuka kembali pusat perbelanjaan, hotel, restoran, bioskop, teater, dan ruang konser pada Mei. Tempat makan dalam ruangan, fasilitas olahraga dalam ruangan, dan kolam renang dibuka kembali pada 28 Mei.

Acara dalam ruangan besar dengan hingga 50 orang diizinkan mulai 28 Mei, jumlah yang tiga kali lipat pada 6 Juni.

Mulai 13 Juni, gereja dapat diisi hingga 50 persen dari kapasitas. Batas untuk konser dan acara olahraga akan dinaikkan dari 26 Juni menjadi 50 persen kursi, sementara hotel dapat diisi hingga 75 persen kapasitas.

Orang yang telah divaksinasi tidak dihitung dalam batas kapasitas.

QATAR

Mulai 28 Mei, Qatar mengizinkan rekreasi, pusat pendidikan, restoran, gym, kolam renang, dan salon untuk beroperasi dengan kapasitas terbatas, tetapi larangan pernikahan, konferensi, dan pameran tetap berlaku.

Acara olahraga lokal dan internasional dapat berlangsung dengan penggemar yang divaksinasi penuh di tempat terbuka dengan kapasitas 30 persen.

SINGAPURA

Singapura mengizinkan makan di restoran mulai 21 Juni, meskipun membatasi pengunjung untuk kelompok dua orang. Pusat kebugaran dan studio kebugaran melanjutkan latihan dalam ruangan untuk kelompok hingga dua orang.

KOREA SELATAN

Mulai 14 Juni, Korea Selatan mengizinkan hingga 4.000 orang untuk menghadiri konser dan pertunjukan budaya lainnya. Stadion olahraga dapat beroperasi pada kapasitas 30 persen hingga 50 persen, tergantung pada distriknya.

Mulai 1 Juli, pengunjung luar negeri yang divaksinasi penuh dapat mengajukan pengecualian dari karantina dua minggu wajib jika mereka mengunjungi keluarga atau bepergian untuk tujuan bisnis, akademik, atau kepentingan umum.

Masker tidak lagi diperlukan di luar ruangan mulai Juli.

SPANYOL

Jam malam dicabut di sebagian besar Spanyol pada 9 Mei. Mulai 24 Mei, Spanyol mengizinkan perjalanan dari negara-negara non-Uni Eropa yang berisiko rendah tanpa tes PCR negatif. Mulai 7 Juni, orang yang divaksinasi dari mana saja di dunia bisa masuk Spanyol.

Spanyol akan mencabut kewajiban mengenakan masker di luar ruangan mulai 26 Juni.

THAILAND

Thailand mengatakan pada 16 Juni bahwa pihaknya bertujuan untuk membuka kembali sepenuhnya bagi pengunjung dalam 120 hari. Beberapa pusat pariwisata akan dibuka kembali lebih awal, dimulai dengan pembukaan kembali program pembukaan percontohan mulai 1 Juli di pulau paling populer, Phuket.

TURKI

Lockdown hari Minggu dan jam malam hari kerja, serta pembatasan transportasi umum, akan dicabut pada 1 Juli. Acara musik, termasuk konser, kemudian akan diizinkan hingga tengah malam.

AMERIKA SERIKAT

Pada 3 Mei, Kota New York mengizinkan minum di bar dalam ruangan untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan, beberapa hari setelah Wali Kota Bill de Blasio mengatakan kota itu harus dibuka kembali secara penuh pada 1 Juli.

Pada 15 Juni, negara bagian New York mencabut semua pembatasan yang diamanatkan negara bagian, termasuk batas kapasitas 50 persen untuk ritel dan 33 persen untuk pusat kebugaran. Langkah-langkah mitigasi masih diperlukan dalam pengaturan transportasi umum dan perawatan kesehatan.

New York bergabung dengan California, dimana sebagian besar batas kapasitas kerumunan yang tersisa dan persyaratan jarak fisik juga dicabut pada 15 Juni.

Kota New York dan Los Angeles berencana untuk membuka kembali sekolah sepenuhnya mulai September. Chicago dan Illinois dibuka kembali sepenuhnya pada 11 Juni.

Negara bagian New Jersey dan Connecticut mencabut sebagian besar pembatasan kapasitas pada bisnis, termasuk toko ritel, layanan makanan, dan pusat kebugaran, pada 19 Mei.

Gubernur Florida Ron DeSantis pada 3 Mei menandatangani perintah eksekutif untuk mengakhiri semua tindakan darurat Covid-19 lokal.

SUMBER: REUTERS/TEMPO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer