Light Dark

Sajian Pelas Kepiting Sungai Khas Pajampangan Sukabumi

Video | 19 Jun 2021, 19:04 WIB 19 Jun 2021, 19:04 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Mendengar menu makanan dari Kepiting laut mungkin sudah biasa. Tapi kalau Kuliner berbahan Kepiting sungai apa pernah mencobanya? Kalau belum, bisa mencoba pelas Kepiting sungai olahan masyarakat daerah Pajampangan, Kabupaten Sukabumi.

Sesuai namanya, bahan utama dari makanan ini adalah Kepiting sungai yang diolah dengan daging kelapa. Makanan ini disajikan dengan dibungkus daun pisang. Penasaran ingin mencoba membuatnya?

Warga Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi Siti Aisah mengatakan siapkan Kepiting sungai kemudian kelapa adapun bumbunya bawang merah, bawang putih, cabai rawit, daun sereh, daun salam, gula merah, garam dan bumbu penyedap.

Siti mengingatkan, kelapa yang digunakan tidak boleh terlalu tua atau tidak muda. 

Hal pertama yang dilakukan yaitu Kepiting dibersihkan dan dibuang cangkangnya kemudian parut kelapa yang sudah dipersiapkan. "Tumbuk halus bawang merah, bawang putih yang sudah dibersihkan, masukan gula merah, garam secukupnya, lalu masukan parutan daging kelapa, selanjutnya Kepiting yang sudah bersih dan tumbuk hingga halus," jelasnya.

Bungkus Kepiting dan bumbu yang sudah ditumbuk itu dengan daun pisang bersama dengan irisan daun sereh, daun salam dan cabai rawit.

"Setelah seluruhnya dibungkus daun pisang masak dengan cara dikukus. Cukup 20 menit saja dan pelas Kepiting sungai sudah matang dan siap untuk dinikmati," terangnya.

Redaktur: Andri Somantri

Reporter: Ragil Gilang

Editor Video: Afrizal Akbar

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Budiono