Hp Penjual Sandal Keliling Raib, Maling Beraksi di Masjid Nagrak Sukabumi

Jumat 18 Juni 2021, 20:11 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Video maling barang milik jamaah saat salat terekam CCTV Masjid Al Wahdatul Ummah,di jalan Pahlawan Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi. Korbannya penjual sandal keliling yang saat itu tengah khusyuk salat berjamaah dengan warga lainnya.

Ada dua video yang merekam aksi pria berkemeja putih garis-garis merah dan celana kain warna biru ini. Video di sebarang masjid yang dengan jelas merekam saat pelaku datang menggunakan motor bebek warna hitam, namun plat nomor kendaraan tidak begitu jelas.

Pelaku datang ke masjid pukul 12.38.39 WIB atau setelah salat dzuhur berjamaah sudah mulai berlangsung. Awalnya pelaku lewat namun dalam hitungan detik balik putar arah dan berhenti di pinggir pintu masjid.

Pukul 12.40.14 wib atau berselang kurang dari tiga menit, pria ini keluar dari masjid dengan terburu-buru. Menyalakan mesin motor dan tancap gas menghilang.

Aksi pencurian ini terekam jelas dalam video kedua, yang berada di dalam masjid.  Pelaku langsung mendekati barisan jamaah dan mengincar jaket yang disimpan di belakang korban. 

Menggunakan kaki, pelaku menarik jaket dan memeriksa benda yang ada di kantong jaket tersebut. Pelaku sempat mundur ke arah pintu, namun kembali lagi, memeriksa isi jaket dengan kaki dan langsung mengambil handphone yang ada di kantong jaket milik korban.

photoPelaku maling handphone di Masjid Alwahdatul Ummah,di jalan Pahlawan Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi - (cctv)</span

"Kami sama sekali tidak curiga, karena pada umumnya semua jemaah mengira pelaku hanya ikut shalat. Dia pakai baju kemeja putih plat merah," kata ketua RW 003 Kampung Nagrak tengah, Ayi Sugiharto kepada sukabumiupdate.com, Jumat (18/6/2021).

Menurut Ayi, korban adalah seorang penjual sandal keliling bernama Dayat Hidayatullah usia 21 tahun, yang tinggal di Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi. Saat itu Dayat usai jualan sandal di wilayah itu bersama sejumlah rekannya sesama pedagang keliling. 

Setelah kejadian, Dayat sempat bercerita kepada warga termasuk Ayi bahwa korban tau ada orang yang berdiri dan menggeser jaketnya saat ia tengah salat. "Dikira korban teman-teman sesama pedagang sandal lainnya yang menyusul salat di belakangnya. Jadi ia tidak curiga," sambung Ayi.

Selesai salat korban baru menyadari handphone yang disimpan di kantong jaket hilang. Korban mengabarkan ke jamaah lainnya, yang dilanjutkan dengan melapor ke RW dan ke Polsek Nagrak.

"Saat di Polsek, korban mengurungkan niat laporkan karena dengan alasan dikhawatirkan nantinya mengganggu pekerjaannya. Dia rencananya mau lanjut ke Bandung. Dia bilang ke polisi sudah mengikhlaskan handphone yang hilang. Dia tulang punggung keluarga termasuk adik-adiknya," beber Ayi.

Menurut Ayi, pelaku pencuriannya tidak dikenali sebagai orang setempat.  Ia menambahkan bahwa aksi pencurian memang sering terjadi di masjid tersebut. 

Pernah kotak amal masjid pernah dicuri dan tas milik jamaah. Kemudian warga memasang CCTV tiga bulan lalu di masjid tersebut agar bisa mendeteksi para pelaku kejahatan.

"Masjid ini lokasinya di pinggir ramai dilintasi sering digunakan untuk salat oleh orang-orang yang kebetulan lewat, seperti korban Dayat tukang sandal keliling itu," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi Memilih25 April 2024, 00:04 WIB

Ditutup 25 April, DPC Demokrat Jaring 7 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi

Tercatat sebanayk tujuh orang yang menyatakan akan maju menjadi calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan maju melalui partai demokrat
Bambang Topan Firmasyah bakal calon wakil Bupati di Pilkada 2024 saat mendaftar di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 23:27 WIB

Dinas PU Perbaiki Titik Kerusakan di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan rusak yang sempat menjadi keluhan warga di ruas Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.
Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi perbaiki jalan Jendral Ahmad Yani di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 22:55 WIB

Pelaksanaan PSAJ Tingkat SMP di Kabupaten Sukabumi Diikuti 25.576 Siswa

Pelaksanaan ujian sekolah kini berganti nama menjadi Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ).
Siswa SMPN 1 Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi saat mengikuti Penilauan Sumatif Akhir Jenjang atau PSAJ | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 April 2024, 22:03 WIB

Pengelola Parkir Pasar Surade Sukabumi Anggap Keluhan Pengunjung Bahan Evaluasi

Pengelola parkir di Pasar Surade Kabupaten Sukabumi memberikan tanggapan terkait keluhan pengunjung soal tata cara memungut uang parkir yang dilakukan oleh petugas.
Kondisi pasar Surade Sukabumi pada, Rabu (24/4/2025) | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi24 April 2024, 21:13 WIB

Pria Paruh Baya Tewas Tergantung di Bojonggenteng Sukabumi Tinggalkan Secarik Surat

Belum diketahui motif bunuh diri yang dilakukan pria paruh baya di Bojonggenteng Sukabumi tersebut.
(Foto Ilustrasi) Pria paruh baya ditemukan tewas tergantung di Bojonggenteng Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 21:00 WIB

Kaya Vitamin C, Inilah 10 Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan

Jeruk Bali mengandung vitamin C yang tinggi, yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu penyembuhan luka, dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan. Foto: Instagram/@uyah_oyok
Life24 April 2024, 20:40 WIB

Mengejutkan, Ini 10 Alasan Mengapa Anak Berperilaku Buruk dan Cara Menanganinya

Anak-anak umumnya akan menunjukkan perasaan dan keinginan mereka dalam bentuk perilaku yang belum mampu diutarakan dengan beberapa alasan yang mengejutkan.
Ilustrasi anak berperilaku buruk. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 20:30 WIB

Bupati Sukabumi Antarkan 150 Penerima Beasiswa Bupati Tahun 2024 ke Universitas Nusa Putra

Sebanyak 150 penerima beasiswa Bupati Sukabumi tahun 2024 di Universitas Nusa Putra tersebut merupakan hasil seleksi dari ribuan peserta.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Civitas Akademika Universitas Nusa Putra dan 150 penerima beasiswa tahun 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat24 April 2024, 20:30 WIB

7 Cara Sehat dengan Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Gula Darah

Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda.
Ilustrasi - Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih24 April 2024, 20:25 WIB

5 Bakal Calon Bupati Sukabumi Resmi Mendaftar ke PKB

Ketua Desk Pilkada DPC PKB Kabupaten Sukabumi, Bayu Permana mengatakan selama proses penjaringan sejak dibuka hingga saat ini sudah ada 5 kandidat yang mendaftar untuk maju Pilkada Sukabumi melalui PKB.
Ketua Desk Pilkada PKB Bayu Permana saat menerima penyerahan berkas pendaftaran dari salah satu kandidat | Foto : Ist