Light Dark

Nasib Wisata Gunung Sunda Sukabumi Saat Pandemi

Video | 18 Jun 2021, 15:43 WIB 18 Jun 2021, 15:43 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini berimbas terhadap geliat usaha pariwisata. Tak sedikit objek wisata yang terbengkalai karena ada pembatas di saat pandemi, salah satunya objek wisata Gunung Sunda, Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Sebelum pandemi, tempat ini sempat hits banyak dikunjungi wisatawan yang ingin memandang Sukabumi dari ketinggian. Gunung Sunda semakin sohor karena para pengunjungnya memposting foto dan video pemandangan dari tempat ini di media sosial hingga viral. Pengunjung biasanya datang pada waktu pagi karena mengejar sunrise dan yang kedua datang sore karena ingin melihat sunset. 

Kehadiran Gunung Sunda menjadi sebuah tempat wisata cukup lumayan mengangkat geliat ekonomi warga. Warga berdagang makanan dan minuman ringan serta mengelola parkir juga tiket masuk.

Tapi kini Gunung Sunda tak lagi seperti dulu lagi, bahkan terbengkalai. 

Asep, salah satu pengelola Gunung Sunda mengatakan, tempat wisata yang dulunya viral dan didatangi pengunjung luar daerah tersebut kini terbengkalai. Menurut dia, pengunjung semakin hari semakin sedikit, sehingga tak ada pemasukan untuk merawat toilet, akses jalan serta spot selfie.

"Kami sebagai pengelola menutup sementara Gunung Sunda ini, karena jumlah wisatawan yang menurun drastis mengakibatkan terbengkalainya objek wisata ini," jelasnya.

Asep pun berharap, pandemi Covid-19 segera berakhir sehingga pengelola bisa melakukan perawatan, penataan serta menambah fasilitas di Gunung Sunda sebab adanya peningkatan pengunjung.

Video Editor: Afrizal Akbar

Image

Magang 4

Image

Budiono

Redaktur