Light Dark

Basarnas Buka Lowongan CPNS 2021 untuk SMA/Sederajat, Cek Formasinya Disini

Nasional | 17 Jun 2021, 14:46 WIB
Ilustrasi. Basarnas membuka 350 formasi untuk rekrutmen CPNS pada 2021. Dari 350 formasi itu, 248 di antaranya tersedia bagi peserta yang mempunyai latar belakang pendidikan lulusan SMA. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Sar Nasional atau Basarnas membuka 350 formasi untuk rekrutmen CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) pada 2021. Dari 350 formasi itu, 248 di antaranya tersedia bagi peserta yang mempunyai latar belakang pendidikan lulusan sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat. 

Setidaknya, dari 27 jabatan yang dibuka lowongannya, ada 12 posisi yang bisa dilamar untuk lulusan SMA/sederajat pada formasi CPNS 2021 Basarnas ini.  


Advertisement

Lembaga ini memberikan bocoran beberapa formasi untuk penerimaan CPNS 2021 di Basarnas ini seperti dikutip dari akun Twitter Basarnas @sar_nasional.

“Hai #SobatSaR, pasti banyak yang nungguin pengumuman penerimaan CPNS Basarnas ya,” tulis admin twitter Basarnas pada 14 Juni 2021.

“Sabar. Nih #Minsar kasih bocoran formasi penerimaan CPNS Basarnas tahun ini. Persiapkan diri, jangan sampai menyesal dikemudian hari. Semangat,” sambungnya.


Advertisement

Baca Juga :

Berikut rincian formasi CPNS 2021 Basarnas yang bisa diikuti lulusan SMA/sederajat:

1. Rescuer Pemula 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan sebanyak 189 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat renang/sertifikat selam/sertifikat pelatihan SAR.

2. Nahkoda Kapal Kelas I 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan sebanyak 1 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni SMA/SMK Pelayaran (Nautika) atau sederajat yang memiliki sertifikat ANT IV.

3. Mualim I Kapal Kelas II 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan sebanyak 2 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni SMA/SMK Pelayaran (Nautika) atau sederajat yang memiliki sertifikat ANT IV.

4. Mualim I Kapal Kelas IV 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan sebanyak 3 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat ANT-D (able/rating deck).

5. Masinis II Kapal Kelas II 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan sebanyak 6 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat ahli tingkat tinggi (ATT) V.

6. Masinis I Kapal Kelas III 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan sebanyak 1 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat ahli tingkat tinggi (ATT) V.

7. Masinis I Kapal Kelas IV 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan sebanyak 4 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat ahli tingkat tinggi (ATT) V. 

8. Markonis 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan sebanyak 1 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni SMA/SMK Pelayaran (Nautika) atau sederajat yang memiliki sertifikat Basic Safety Training (BST) dan Operator Radio Umum (ORU). 

9. Kelasi Kapal Kelas II 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan sebanyak 10 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat ANT-D (able/rating deck). 

10. Juru Mudi 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan sebanyak 21 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat ANT-D (able/rating deck). 

11. Juru Minyak 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan sebanyak 9 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat ANT-D (able/rating deck).

Adapun untuk formasi lainnya yang dibuka Basarnas pada rekrutmen CPNS 2021 adalah sebagai berikut: 

1. Dokter Ahli Pertama 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 2 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni Dokter Umum dengan memiliki STR Perawat Terampil Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 13 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni lulusan D3 Keperawatan dengan memilili STR Widyaiswara Ahli Pertama Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 1 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni S2 Magister Teknologi Pendidikan/ S2 Magister Pengembangan Kurikulum. 

2. Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Ahli Pertama 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 1 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni S1 Ekonomi/S1Ilmu Hukum/S1 Teknik Perkapalan/S1 Teknik Sipil/S1 Teknik Elektro/S1 Teknik Mesin/D4 Ekonomi/D4 Ilmu Hukum/D4 Teknik Perkapalan/D4Teknik Sipil/D4Teknik Elektro/D4 Teknik Mesin. 

3. Pranata Komputer Ahli Pertama 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 2 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni S1 Teknologi Informasi/D4 Teknologi Informasi. 

4. Pranata Sumber Daya Manusia Aparatur Terampil 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 3 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni D3 Ilmu Kepegawaian/SDM/D3 Manajamen/D3 Administrasi Perkantoran/D3 Administrasi Pemerintahan/D3 Kesekretariatan/D3 Teknik Informatika/D3 Manajemen/D3 Informatika/Ilmu Komputer/D3 Teknik Komputer. 

5. Analis Barang Milik Negara 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 6 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni D4 Manajemen/S1 Manajemen Logistik/S1 Manajemen/D4 Manajemen Logistik/S1 Akuntansi/D4 Akuntansi. 

6. Analis Keuangan 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 5 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni S1 Akuntansi/S1 Ekonomi/D4 Akuntansi/D4 Ekonomi. 

7. Operator Komunikasi 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 36 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni D3 Teknik Telekomunikasi/D3 Telekomunikasi/D3 Teknik Informatika/D3 Teknik Elektronika. 

8. Penata Laporan Keuangan 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 5 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni S1 Akuntansi/S1 Manajemen/D4 Akuntansi/D4 Manajemen. 

9. Pengelola Dokumen dan Informasi Hukum 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 1 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni D3 Teknik Informatika Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 8 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni S1 Ekonomi/S1 Akuntansi/S1 Manajemen/D4 Ekonomi/D4 Akuntansi/D4 Manajemen. 

10. Teknisi Alat Elektro dan Alat Komunikasi 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 4 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni D3 Elektronika. 

11. Nakhoda Kapal Kelas II 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 7 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni D3 Pelayaran (Nautika) dengan memiliki sertifikat Ahli Nautika Tingkat (ANTT) III. 

12. Kepala Kamar Mesin Kelas II 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 8 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni D3 Pelayaran Teknika dengan memiliki sertifikat ANT III.

Pendaftaran CPNS 2021 akan dibuka oleh pemerintah dalam waktu dekat ini melalui situs resmi Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN).

Situs tersebut dapat diakses melalui website sscasn.bkn.go.id.

Disitu para pendaftar harus membuat akun terlebih dahulu atau melakukan registrasi di web tersebut.

Namun untuk saat ini, registrasi di situs tersebut masih belum bisa diakses oleh calon pendaftar.

Koleksi Video Lainnya :

Viral Paul Pogba Singkirkan Botol Bir saat Wawancara

Image

Admin SUpdate

Image

Denis Febrian