Basarnas Buka Lowongan CPNS 2021 untuk SMA/Sederajat, Cek Formasinya Disini

Kamis 17 Juni 2021, 14:46 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Sar Nasional atau Basarnas membuka 350 formasi untuk rekrutmen CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) pada 2021. Dari 350 formasi itu, 248 di antaranya tersedia bagi peserta yang mempunyai latar belakang pendidikan lulusan sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat. 

Setidaknya, dari 27 jabatan yang dibuka lowongannya, ada 12 posisi yang bisa dilamar untuk lulusan SMA/sederajat pada formasi CPNS 2021 Basarnas ini.  

Lembaga ini memberikan bocoran beberapa formasi untuk penerimaan CPNS 2021 di Basarnas ini seperti dikutip dari akun Twitter Basarnas @sar_nasional.

“Hai #SobatSaR, pasti banyak yang nungguin pengumuman penerimaan CPNS Basarnas ya,” tulis admin twitter Basarnas pada 14 Juni 2021.

“Sabar. Nih #Minsar kasih bocoran formasi penerimaan CPNS Basarnas tahun ini. Persiapkan diri, jangan sampai menyesal dikemudian hari. Semangat,” sambungnya.

Baca Juga :

Berikut rincian formasi CPNS 2021 Basarnas yang bisa diikuti lulusan SMA/sederajat:

1. Rescuer Pemula 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan sebanyak 189 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat renang/sertifikat selam/sertifikat pelatihan SAR.

2. Nahkoda Kapal Kelas I 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan sebanyak 1 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni SMA/SMK Pelayaran (Nautika) atau sederajat yang memiliki sertifikat ANT IV.

3. Mualim I Kapal Kelas II 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan sebanyak 2 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni SMA/SMK Pelayaran (Nautika) atau sederajat yang memiliki sertifikat ANT IV.

4. Mualim I Kapal Kelas IV 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan sebanyak 3 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat ANT-D (able/rating deck).

5. Masinis II Kapal Kelas II 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan sebanyak 6 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat ahli tingkat tinggi (ATT) V.

6. Masinis I Kapal Kelas III 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan sebanyak 1 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat ahli tingkat tinggi (ATT) V.

7. Masinis I Kapal Kelas IV 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan sebanyak 4 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat ahli tingkat tinggi (ATT) V. 

8. Markonis 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan sebanyak 1 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni SMA/SMK Pelayaran (Nautika) atau sederajat yang memiliki sertifikat Basic Safety Training (BST) dan Operator Radio Umum (ORU). 

9. Kelasi Kapal Kelas II 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan sebanyak 10 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat ANT-D (able/rating deck). 

10. Juru Mudi 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan sebanyak 21 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat ANT-D (able/rating deck). 

11. Juru Minyak 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan sebanyak 9 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat ANT-D (able/rating deck).

Adapun untuk formasi lainnya yang dibuka Basarnas pada rekrutmen CPNS 2021 adalah sebagai berikut: 

1. Dokter Ahli Pertama 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 2 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni Dokter Umum dengan memiliki STR Perawat Terampil Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 13 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni lulusan D3 Keperawatan dengan memilili STR Widyaiswara Ahli Pertama Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 1 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni S2 Magister Teknologi Pendidikan/ S2 Magister Pengembangan Kurikulum. 

2. Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Ahli Pertama 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 1 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni S1 Ekonomi/S1Ilmu Hukum/S1 Teknik Perkapalan/S1 Teknik Sipil/S1 Teknik Elektro/S1 Teknik Mesin/D4 Ekonomi/D4 Ilmu Hukum/D4 Teknik Perkapalan/D4Teknik Sipil/D4Teknik Elektro/D4 Teknik Mesin. 

3. Pranata Komputer Ahli Pertama 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 2 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni S1 Teknologi Informasi/D4 Teknologi Informasi. 

4. Pranata Sumber Daya Manusia Aparatur Terampil 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 3 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni D3 Ilmu Kepegawaian/SDM/D3 Manajamen/D3 Administrasi Perkantoran/D3 Administrasi Pemerintahan/D3 Kesekretariatan/D3 Teknik Informatika/D3 Manajemen/D3 Informatika/Ilmu Komputer/D3 Teknik Komputer. 

5. Analis Barang Milik Negara 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 6 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni D4 Manajemen/S1 Manajemen Logistik/S1 Manajemen/D4 Manajemen Logistik/S1 Akuntansi/D4 Akuntansi. 

6. Analis Keuangan 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 5 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni S1 Akuntansi/S1 Ekonomi/D4 Akuntansi/D4 Ekonomi. 

7. Operator Komunikasi 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 36 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni D3 Teknik Telekomunikasi/D3 Telekomunikasi/D3 Teknik Informatika/D3 Teknik Elektronika. 

8. Penata Laporan Keuangan 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 5 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni S1 Akuntansi/S1 Manajemen/D4 Akuntansi/D4 Manajemen. 

9. Pengelola Dokumen dan Informasi Hukum 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 1 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni D3 Teknik Informatika Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 8 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni S1 Ekonomi/S1 Akuntansi/S1 Manajemen/D4 Ekonomi/D4 Akuntansi/D4 Manajemen. 

10. Teknisi Alat Elektro dan Alat Komunikasi 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 4 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni D3 Elektronika. 

11. Nakhoda Kapal Kelas II 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 7 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni D3 Pelayaran (Nautika) dengan memiliki sertifikat Ahli Nautika Tingkat (ANTT) III. 

12. Kepala Kamar Mesin Kelas II 

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan 8 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni D3 Pelayaran Teknika dengan memiliki sertifikat ANT III.

Pendaftaran CPNS 2021 akan dibuka oleh pemerintah dalam waktu dekat ini melalui situs resmi Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN).

Situs tersebut dapat diakses melalui website sscasn.bkn.go.id.

Disitu para pendaftar harus membuat akun terlebih dahulu atau melakukan registrasi di web tersebut.

Namun untuk saat ini, registrasi di situs tersebut masih belum bisa diakses oleh calon pendaftar.

Koleksi Video Lainnya :

Viral Paul Pogba Singkirkan Botol Bir saat Wawancara

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).
Nasional16 April 2024, 20:14 WIB

Pendeta Gilbert Minta Maaf Usai Singgung Zakat dan Salat Saat Ceramah di Gereja

Viral di media sosial, Khotbah Pendeta Gilbert menyinggung tata cara umat Islam beribadah. Iya menyebut zakat 2,5 persen, dan menirukan adegan salat.
Pendeta Gilbert Lumoindang | Foto : Ist