Light Dark

Longsor Timbun Jalan Desa di Jampang Tengah Sukabumi, Akses Warga Terganggu

Sukabumi | 17 Jun 2021, 00:34 WIB
Dampak intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan terjadinya tebing longsor di Kampung Citeureup RT 20/05 Desa Cijulang, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (16/6/2021). | Dok. P2BK Jampang Tengah

SUKABUMIUPDATE.com - Dampak intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan terjadinya tebing longsor di Kampung Citeureup RT 20/05 Desa Cijulang, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (16/6/2021) siang. 

"Longsor terjadi pada pukul 13.00 WIB, saat turun hujan. Longsoran dengan panjang 6 meter, tinggi 3 meter," ujar Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kecamatan Jampang Tengah, Dadi Supardi kepada sukabumiupdate.com.


Advertisement

Menurut Dadi, material longsoran berupa tanah dan rumpun bambu menimbun sebagian badan jalan, sehingga mengakibatkan akses jalan penghubung Desa Cijulang dengan Desa Nangerang terganggu. 

Baca Juga :

Dadi menegaskan, tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Adapun rumah terancam longsoran sebanyak 1 unit milik warga bernama Eman (1 KK, 4 Jiwa), dengan jarak 3 Meter dari mahkota longsoran. 

Kemudian upaya yang dilakukan setelah meninjau lokasi, pihaknya melakukan asessment dan berkoordinasi dengan pihak perangkat desa, unsur kecamatan, Koramil dan Polsek. 


Advertisement

Sedangkan untuk kebutuhan untuk penanganan kedaruratan, kata Dadi, yaitu alat berat untuk evakuasi material longsoran, gergaji mesin untuk memotong pangkal pohon bambu,truk untuk evakuasi material longsoran ke lokasi pembuangan, 

"Kami ke lokasi bersama Sekdes Cijulang, ACT MRI Kabupaten Sukabumi, serta RTN Jampang Tengah. Kami (juga) sudah melaporkan ke BPBD Kabupaten Sukabumi. Untuk sementara jalan masih bisa dilalui baik kendaraan roda 2 atau roda 4," pungkasnya.

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Denis Febrian