Light Dark

BTS: Boy Grup K-Pop Fenomenal Abad 21

Musik | 14 Jun 2021, 13:21 WIB
BTS | teenvogue.com

SUKABUMIUPDATE.com - BTS atau "Bangtan Boys" adalah unit boy grup Asia asal Korea Selatan yang saat ini berhasil menduduki puncak kesuksesan hingga di kancah internasional. Grup K-Pop yang beranggotakan RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook ini mampu mengguncang dunia lewat musik serta personalitas para member yang mempunyai pengaruh kuat terhadap para fansnya di seluruh dunia. 

Dalam wawancara BTS dengan majalah musik Rolling Stone, RM sebagai leader mengatakan, "Kami adalah outlier (orang asing, red) yang datang ke pasar musik Amerika. Dan kami berhasil membuktikan kepada seluruh dunia dengan musik yang kami buat," kata RM.

Sejarah Terbentuknya BTS

Sebelum berada di puncak karir saat ini, periode tahun 2010 hingga 2012, BTS sempat mengalami berbagai macam kendala untuk dapat memulai debutnya. 

Big Hit Entertainment, agensi yang menaungi mereka bukanlah label musik besar dan terkenal di Korea Selatan, sehingga perjalanan karir tujuh laki-laki berparas 'tampan' ini tidaklah mudah.

RM awalnya akan memulai debut sebagai Duo bersama Iron dengan nama Dynamic Duo. RM dan Iron merupakan duo rapper yang digarap oleh Big Hit Entertainment  pada tahun 2009. RM dan Iron berhasil meluncurkan beberapa lagu seperti 'Ashes' dan 'Love U, Hate U'. 

Big Hit Entertainment kemudian membuka audisi untuk menambahkan member pada grup duo tersebut di tahun 2010. Lalu, bergabunglah J-Hope, Suga, Supreme Boi dan Eleventh pada saat itu. 

Tetapi, perjalanan karir keenam orang ini harus berakhir di tahun 2011 dengan keluarnya Eleventh, Supreme Boi dan Iron. 

Tersisa tiga orang, yakni RM, J-Hope dan Suga, tidak lama berselang, Jungkook dan V bergabung dengan ketiga orang tersebut. 

Jongkook melabuhkan pilihan setelah ditawari tujuh agensi lain untuk bergabung, namun Jungkook lebih memilih Big Hit Entertainment karena sudah mengidolakan dan mengagumi sang leader RM. 

Terakhir Jin dan Jimin ikut bergabung pada 2012, sehingga melengkapi grup idol tersebut menjadi tujuh orang member. 

Di awal perjalanan BTS, mereka tinggal di sebuah dorm kecil karena memang dinaungi oleh agensi kecil yang pada saat itu hanya memiliki 30 staf dan gedung dua lantai.

Paran member BTS menjalani masa trainee (pelatihan) dengan modal hidup masing-masing. Misalnya, Suga menjalani trainee sekaligus terpaksa sambil bekerja paruh waktu diberbagai tempat demi memenuhi kebutuhan hidup.

Baca Juga :

Awal Karir BTS Hingga Go Internasional

1. BTS 2013

photoBTS di video klip No More Dream - (soulbeats.com)

Debut pertama BTS ditandai dengan perilisan mini album pertama mereka berjudul '2 Cool 4 Skool' dengan single 'No More Dream'. 

Debut pertama mereka ini berhasil memenangkan kategori 'New Artist of The Year' di beberapa ajang penghargaan Korea Selatan, termasuk Melon Music Award 2013, Golden Disc Award 2013 dan Seoul Music Award 2014.

2. BTS 2014

photoBTS dalam cover album Skool Luv Affair - (ibighit.com)

Setelah proyek '2 Cool 4 Skool' berhasil membuat nama BTS dikenal, akhirnya pada tahun 2014, selanjutnya BTS merilis album 'Skool Luv Affair' dengan trek andalan 'Boys In Luv'. Album ini berhasil terjual 200 ribu kopi menurut chart musik Gaon. 

Perjuangan BTS membuahkan hasil, mereka berhasil masuk ke dalam line up perform KCon yang digelar di Los Angeles, Amerika Serikat, sebagai awal mula karir mereka di kancah internasional dengan lagu 'Just One Day'. 

3. BTS 2015

photoBTS menggelar tur pertamanya di Jepang dengan tajuk Wake Up: Open Your Eyes. - (btsfandom.com)

Tahun 2015 menjadi tahun awal bagi BTS dikenal dunia lewat musik yang mereka sajikan. 

Setelah merilis album 'Dark and Wild' pada tahun 2014, BTS menggelar tur pertamanya di Jepang dengan tajuk 'Wake Up: Open Your Eyes'. 

Kemudian dilanjutkan dengan tour 'BTS Live Trilogy Episode II: The Red Bullet' yang digelar sejak Desember 2014 hingga Agustus 2015 di berbagai negara.

Di tahun itu, BTS juga berhasil meraih banyak penghargaan seperti 'World Rookie Award Gaon Chart Music Awards', 'Disk Bonsang Golden Disc Awards', 'Best World Performer Mnet Asian Music Awards' serta masih banyak lainnya.

4. BTS 2017 

photoBTS dalam cover I Seoul You. - (soompi.com)

Terus 'melebarkan sayapnya' dengan merilis berbagai lagu hits, membuat ARMY (fans BTS, red) semakin penasaran di setiap perilisan karya terbaru mereka. 

Pada tahun 2017, BTS berhasil diangkat menjadi Tourism Ambassador Seoul, dimana label ini biasanya didapatkan oleh artis papan atas terpilih. BTS lalu merilis video klip 'I Seoul You' sebagai 'senjata' untuk membawa K-Pop ke kancah internasional.

Ungkapan "Usaha tidak akan menghianati hasil" sepertinya cocok disematkan pada boy grup ini. 

Perlahan-lahan, usaha mereka untuk memantapkan karir bermusik terus mengalami peningkatan dari segi kualitas dan kuantitas. 

Sejak tahun 2017, mereka mulai 'mendapatkan hati' penggemar K-Pop internasional.

Pada tahun 2017 juga, BTS mulai menjadi filantropis menyuarakan soal isu kesehatan mental dengan merilis lagu dengan judul 'Love Your Self: Her'. Lagu ini berhasil masuk dalam daftar Billboard Hot 100 di posisi 85 pada tahun 2017. 

Hal ini membuat BTS menjadi satu-satunya grup K-Pop yang berhasil memasuki chart musik bergengsi tersebut. 

Tidak berhenti sampai situ, BTS juga berhasil mendobrak pintu musik Amerika dengan tampil di American Music Awards sebagai artis K-Pop pertama yang akhirnya membuka pintu kesuksesan bagi sesama artis K-Pop lainnya di kompetisi musik internasional. 

5. BTS 2018

photoBTS di acara Billboard Music Awards 2018 - (billboard.com)

Album 'Love Your Self: Tear' seri kedua berhasil dirilis pada tahun 2018, tentu saja dengan single andalan 'Fake Love', mampu merajai berbagai tangga lagu dalam penghitungan harian bahkan jam.

Single tersebut berhasil mendapatkan gelar 'Perfect All Kill' dan BTS berhasil mendapatkan 'Top Social Artist Billboard Music Awards 2018' di Las Vegas pada bulan Mei 2018. 

Di tahun yang sama, BTS merilis album seri terakhir yakni 'Love Your Self: Answer' berkolaborasi dengan sejumlah musisi Amerika seperti Nicki Minaj. 

Single 'idol' dalam album tersebut berhasil terjual sebanyak 500 ribu kopi dan berhasil mendapat rentetan sertifikat emas sebagai tanda bahwa lagu tersebut laku keras di pasaran. 'idol' juga berhasil menghuni chart billboard 200 di urutan Top 10.

6. BTS 2019

photoBTS dalam video klip Boy With Luv feat Halsey. - (MTV)

Tidak puas dengan pencapaian tersebut, tujuh pemuda ini lagi-lagi membuat gebrakan baru dengan mengeluarkan album berjudul 'Map of The Soul: Persona' pada tahun 2019 dengan single 'Boy With Luv feat Halsey'. 

7. BTS 2020

photoBTS dalam Film Dokumenter BTS: Burn The Stage. - (journalime.com)

Tahun 2020 merupakan era emas bagi BTS berkat single berbahasa Inggris pertama mereka yakni 'Dynamite'. 

Lagu ini berhasil menduduki puncak Billboard Hot 100 dan merajai posisi puncak tersebut selama tiga minggu setelah perilisan perdananya. 

'Dynamite' menjadi lagu BTS terlama yang 'nongkrong' di chart Billboard Hot 100 dan hal tersebut menjadikan rekor baru bagi musisi Korea Selatan sepanjang sejarah.

Kesuksesan karir BTS juga dijadikan berbagai karya film dokumenter seperti 'BTS: Burn The Stage', 'Break The Silence: The Movie', 'Love Yourself in Seoul', 'Bring The Soul', 'Run BTS!' dan 'BTS Gayo'.

8. BTS 2021

photoBTS dalam cover single Butter. - (Big Hit Entertainment)

Dengan nama besar di pundak, BTS kembali memberikan semangat baru bagi para ARMY dengan merilis singel terbaru di tahun 2021. 

'Butter', lagu yang dirilis pada 21 Mei 2021 ini berhasil menduduki tangga lagu teratas billboard. 

Bahkan, dilansir dari USA Today, BTS merupakan artis yang berhasil menyabet gelar pemilik lagu teratas Chart Billboard Top 200 sebanyak empat kali.

Lagu 'Butter' mengusung tema easy listening dan bisa dinikmati oleh berbagai penikmat musik karena menggunakan Bahasa Inggris. 

Hingga di Amerika Serikat, dilansir dari Data Nielsen Music, lagu ini telah didengarkan secara streaming sebanyak 32.2 juta kali dan diunduh sebanyak 242.800 kali pada 27 Mei 2021.

Di platform spotify, 'Butter' menjadi sebuah lagu pengukir sejarah pertama yang didengarkan secara streaming sebanyak 20.9 juta kali, sejak hari pertama dirilis. 

Referensi dan Pengaruh Musik BTS

photoBTS - (facetofeet.com)

Masing-masing member memiliki referensi sendiri dalam bermusik. Perbedaan tersebut menjadikan BTS memiliki keunikan dan keunggulan ketika kepingan puzzle ide dari masing-masing member menjadi satu-kesatuan hingga terbentuk sebuah karya. 

Misalnya Suga, ia sangat menyukai Kanye West, Lupe Fiasco, Lil Wayne dan Hit Boy. Lalu Jungkook sangat menyukai 'Dewa K-Pop' G-Dragon. 

BTS yang juga menyajikan musik R&B dan Hip-Hop, dipengaruhi oleh musisi-musisi terkenal seperti Eminem, Kanye West, Drake, Post Malone, Charlie Puth, G-Dragon, Queen dan beberapa musisi lain yang menjadi inspirasi tiap member saat membuat lagu. 

Suga bahkan mengakui, band legendaris Queen bahkan menjadi salah satu panutan yang sangat berpengaruh dalam pembuatan aransemen musik BTS. 

Selain dipengaruhi oleh musisi, karya musik BTS juga dipengaruhi oleh berbagai media sastra, psikologi, seni dan filsafat.

Misalnya album BTS 'Wings' yang dirilis pada tahun 2016, dipengaruhi oleh karya novel sastra karya Hermann Hesse berjudul 'Demian'. 

Ragam pengaruh yang diterima oleh member BTS ini menjadikan setiap album dan lagu BTS mempunyai khas nya tersendiri. Mereka menulis sendiri lirik lagu yang akan mereka nyanyikan sebelum akhirnya dikonsultasikan dengan produser mereka.

RM, Suga dan J-Hope diketahui memiliki bakat bagus dalam menulis lirik. Hal ini karena ketiga member tersebut memiliki jenjang karir solo terlebih dahulu dengan lagu-lagu yang ditulis oleh mereka sendiri. 

Member lain seperti J-Hope, Jimin dan Jungkook memiliki keahlian lain di bidang menari, mereka selalu membuat koreografi sendiri untuk setiap penampilan yang akan mereka sajikan.

Namun tentu saja BTS tidak melakukan semuanya sendiri, rutinitas bermusik dan koreografinya dibantu oleh para profesional dengan tim penulis lagu dan produser yang beragam untuk membuat karya berkualitas.

Gaya Fashion BTS 

photoGaya berpakaian BTS - (time.com)

Ketujuh member BTS memiliki gaya berpakaian yang berbeda-beda dalam setiap penampilan, baik saat sedang tampil di depan kamera maupun saat di belakang layar. 

Gaya berpakaian mereka merujuk pada kepribadian yang ditonjolkan, selain untuk menunjang karir mereka, tentu saja gaya berpakaian ini mengedepankan kenyamanan. 

1. Jungkook

Member termuda BTS ini selalu memiliki gaya berpakaian yang keren hingga menginspirasi banyak orang. 

Meskipun dia mengakui, member lain yang lebih tua selalu memberi pengaruh besar padanya. 

Misalnya RM yang selalu berani tampil beda dan mencolok, menonjolkan kepribadiannya yang berani. 

Jungkook sendiri memiliki gaya berpakaian yang khas, sejak pertama bergabung dengan BTS hingga transformasinya menjadi bintang besar dunia, Jungkook sering tampil mengenakan loose shirt berwarna hitam atau putih, celana jeans dan terlihat memakai kupluk atau beanie. 

2. RM

Sebagai seorang leader, RM selalu tampil menarik dan eksentrik. Penampilan RM selalu ditandai dengan keunikan hasil eksperimen berpakaian yang menunjukkan bahwa itulah dirinya. 

RM selalu ingin tampil beda dari yang lain. RM banyak mengotak atik rambut seperti perubahan gaya dan warna rambut. Dalam keseharian out of camera, RM sering menampilkan gaya street style ala Jepang.

3. Jin

Member BTS yang satu ini, memang sudah memiliki gaya yang rapi dan profesional. Jin, sering kali terlihat memakai kemeja, celana bahan dan coat panjang berwarna netral. 

Dengan gayanya yang elegan dan semi-formal ini, Jin kerap kali menggunakan brand papan atas dunia seperti Givenchy.

Saat off camera, Jin lebih senang menggunakan jaket hoodie yang longgar dengan jeans. 

Menurutnya, berpakaian harus menunjukan identitas diri, oleh karena itu Ia ingin menunjukan kualitas dirinya yang mewah di hadapan kamera. 

4. V

Si 'Golden Maknae' ini memang memiliki gaya berpakaian yang sangat berkelas, ia mampu menempatkan diri sebagai bintang kelas dunia dari cara berpakaiannya. 

V adalah pecinta fashion dengan brand-brand besar dunia, dalam setiap kesempatan ia sering kali terlihat memakai pakaian mahal dari atas kepala hingga kaki. 

Awal bergabung dengan BTS, V sering kali terlihat menggunakan jeans, sweater, dan oversized shirt. 

Namun, seiring berjalannya waktu, gaya fashion V berevolusi semakin keren dengan brand ternama dunia seperti GUCCI.

5. J-Hope

Member BTS yang satu ini memiliki gaya fashion streetwear dengan brand-brand ternama seperti Off-White, Yeezy dan Supreme. 

J-Hope juga dikenal sebagai publik figur yang gemar mengawinkan banyak brand dalam satu waktu, sehingga membuat dirinya tampil unik. 

6. Suga

Si pemilik senyuman manis ini memiliki gaya berpakaian yang autentik, Suga sering tampil dengan tema berpakaian cool dan monokrom. 

Warna yang digunakan Suga biasanya tidak jauh dari warna hitam atau abu-abu, ini menggambarkan karakter dirinya yang kalem serta minimalis.

7. Jimin

Jimin menyukai memakai kemeja loose dimasukan ke dalam celana, dilengkapi dengan jaket yang edgy dan kacamata hitam. 

Jimin juga suka menambahkan aksesoris dalam setiap gaya berpakaiannya seperti anting dan gelang. Jimin menyukai tampil casual dan simpel, namun tetap mempertahankan segi maskulinitas. 

Genre Musik BTS 

photoBTS - (teenvogue.com)

BTS menyebut tema musik mereka 'Fusion Music'. Fusion music adalah jenis musik jazz yang memiliki campuran dengan musik lain seperti rock, blues, soul, latin bahkan bisa juga bercampur dengan musik etnik. 

Fusion music yang dipakai oleh BTS diberikan penekanan pada jenis musik Hip-Hop sebagai basis musik mereka. 

Hal ini karena sejumlah member BTS memiliki latar belakang Hip-Hop dan musik underground (anti-mainstream, red). 

BTS memberikan warna musik yang berbeda di setiap lagu dan album yang dikeluarkan. Bahkan, BTS telah memperkenalkan elemen baru ke dalam repertoar musik. 

Dimulai dengan hip hop jadul di album '2 Cool 4 Skool' dan 'O!RUL8,2?' pada tahun 2013, kemudian memberikan sentuhan R&B dan rock di 'Skool Luv Affair' dan 'Dark and Wild' pada tahun 2014. 

Sentuhan genre musik BTS memang selalu berubah-ubah, mereka pandai mengikuti zaman atau bahkan menjadi zeitgeist (pemikiran dan budaya yang mewakili masa itu sendiri, red) dalam dunia permusikan. 

Hal itu dibuktikan dengan berbagai karya baru mereka yang kian laku di pasaran, karena selalu menyajikan tema dan jenis musik yang berbeda-beda. 

Pada tahun 2015, album 'The Most Beautiful Moment in Life' dikeluarkan dengan jenis musik yang unik yakni kombinasi musik orkestra dicampur EDM. 

Kemudian, pada tahun 2017, dari seri album 'Love Yourself' dibuat dengan jenis musik Latin pop dan jazz Hip-Hop dan seri album 'Map of the Soul' bergenre rap emo, rap rock, Afro pop, nu-disco, funk, trap, pop rock dan pop rap. 

Tema Karya BTS

photoBTS - (clashmusic.com)

Pengambilan tema lagu yang dibuat oleh BTS sangatlah menarik. Sejak awal kemunculannya, BTS menekankan bahwa musik mereka adalah cerita tentang kehidupan mereka. 

Sehingga siapapun yang menikmati karya mereka akan dengan mudah mengerti maksud dari lagu-lagu yang mereka nyanyikan.

Bahkan, Presiden Korea Selatan, Moon Jae In memuji ketujuh pemuda ini dengan mengatakan, BTS berhasil menyampaikan melodi dan lirik yang mereka maksudkan hingga mampu melampaui batas wilayah, bahasa, budaya dan institusi.

"Mereka berkarya dan bernyanyi dengan cara yang benar untuk diri mereka sendiri dan kehidupan yang ingin mereka jalani," kata Moon Jae In.

Album BTS secara keseluruhan mengambil tema 'Reflection of Youth' atau refleksi masa muda. 

Single pertama BTS dengan berjudul 'School Trilogy' bercerita tentang masalah kecemasan remaja di usia sekolah. Bukan tanpa alasan, BTS melihat di zaman saat ini, banyak remaja yang mengalami masalah kesehatan mental. 

Album 'Wings' liriknya menceritakan tentang godaan dan dosa. Kemudian album 'Love Yourself' memakai bentuk naratif untuk menggambarkan kegembiraan cinta dan rasa sakit perpisahan. 

Secara keseluruhan, tema-tema yang diusung dalam lirik lagu BTS menceritakan tentang hubungan romantis, pernikahan, anak, pekerjaan yang layak, rumah dan kehidupan sosial. 

Melihat perkembangan zaman yang dilalui serta keadaan yang dihadapi, BTS menuliskan lirik "Am I Wrong" di album 'Wings' yang mempertanyakan sikap apatis masyarakat terhadap keadaan terkini di Korea. 

Liriknya sarkas itu berbunyi "Kita semua anjing dan babi, kita menjadi anjing karena kita marah" merujuk pada pejabat pemerintah Korea di bidang Kementerian Pendidikan, Na Hyang -wook, yang merupakan pendukung sistem kasta dan menggambarkan rata-rata orang sebagai 'anjing dan babi'. 

Penghargaan yang Diraih BTS

photoBTS di acara Billboard Music Awards 2019 - (billboard.com)

Sejak debut di tahun 2013 hingga tahun 2021 saat ini, BTS telah memboyong 430 penghargaan dari 608 nominasi. 

Penghargaan yang diraih sangat beragam, mulai dari taraf nasional hingga internasional. 

Pencapaian terakhir yang didapat oleh BTS adalah menjadi nominasi 'Best Pop Duo/Group Performance' di ajang bergengsi Grammy Awards 2021 dengan lagu andalan mereka 'Dynamite'. 

Member BTS juga mendapat penghargaan untuk pribadi dalam berbagai kategori. Hal tersebut menjadi bukti bahwa member BTS memiliki kredibilitas yang tinggi untuk bisa menjadi panutan masyarakat. 

Sederet penghargaan yang didapatkan oleh BTS menjadi pembuktian karir cemerlang yang diraih selama tujuh tahun terakhir menjelajah blantika musik. 

Sejak tahun 2017, BTS mendapatkan gelar dari Billboard Music Award sebagai 'Top Social Artist'. Kemudian BTS juga dinobatkan sebagai salah satu dari 25 orang paling berpengaruh di internet pada tahun 2017. 

Berbagai pencapaian internasional hingga mendapatkan rekor dunia juga diterima oleh BTS. 

Tiga tahun berturut-turut selama periode tahun 2018 hingga 2020, BTS memenangkan nominasi 'Favorite Social Artist', 'Tour Of The Year', 'Favorite Top Duo or Group Pop/Rock', 'Favorite Social Artist' dalam American Music Awards. 

BTS juga berhasil mengumpulkan kemenangan dalam nominasi Billboard Music Awards dari tahun 2017 hingga tahun 2021. Nominasinya antara lain, 'Top Social Artist', 'Top Duo/Group', 'Top Song Sales Artist' dan 'Top Selling Song'.

Iklan BTS

photoBTS dalam iklan McD - (Twitter @McDonalds)

BTS mengawali karir brand ambassador dengan brand olahraga Puma di tahun 2015. BTS melebarkan sayap dengan menjadi duta global brand tersebut pada tahun 2018. 

Pada tahun 2019, BTS berpindah haluan menjadi ikon brand Fila untuk mendukung berbagai produk pakaian olahraganya. 

Selain brand pakaian, brand elektronik seperti smartphone LG juga menggaet BTS sebagai brand ambassador. 

SUV dari Hyundai Motor juga memakai BTS untuk beriklan produk baru 'Palisade'. Berkat BTS, Hyundai menerima hampir dua kali lipat volume pesanan domestik dari penjualan produk barunya tersebut. 

2020 menjadi awal kerjasama BTS dengan Samsung Mobile, Samsung merilis versi terbatas bertema BTS dari Galaxy S20+ dan Galaxy Buds+. Dan tentu saja, hasil penjualan dari kerja sama ini sangatlah luar biasa. 

Desainer dunia dengan brand-brand terkenal di dunia juga melirik BTS untuk menjadi fashion ikon mereka. 

Dior misalnya, menjadikan BTS sebagai grup pop pria pertama yang berkolaborasi dan menggunakan koleksi Kim Jones Pre-Fall 2019 di konser mereka di Stade de France. Terbaru di April 2021, BTS telah dipilih sebagai duta merek Louis Vuitton. 

BTS Sebagai Filantropi

photoBTS saat berbicara di acara United Nation - (billboard.com)

BTS memang dikenal sebagai sosok artis yang dermawan, mereka banyak sekali memberikan kontribusi dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat yang tidak mampu.

Misalnya, BTS pernah menyumbangkan tujuh ton beras pada upacara pembukaan K-Star Road yang diadakan di Apgujeong-dong pada tahun 2015. 

Mereka juga berkolaborasi dengan badan amal medis Korea Selatan untuk mengedukasi masyarakat perihal pentingnya mendonorkan organ dan darah. 

BTS juga bekerjasama dengan UNICEF, mereka berhasil menampung dana sebesar 2.98 juta USD atau setara dengan Rp 3.3 miliar dalam kurun waktu dua tahun. 

BTS juga pernah menyumbangkan dana sebesar 448.000 USD atau sekira Rp 500 juta untuk program sosial mencegah kekerasan terhadap anak-anak dan remaja serta untuk memberikan dukungan bagi para korban kekerasan.

Selain itu, BTS juga berkontribusi dalam berbagai badan amal yang diselenggarakan baik di Korea Selatan maupun di dunia. 

Misalnya, kontribusi BTS dalam kampanye 'Live Nation's Crew Nation' untuk mendukung para kru dan staf yang bekerja di industri musik selama pandemi COVID-19. BTS menyumbangkan 1 juta USD dalam kegiatan ini. 

ARMY 

photoCahaya Lighstick bertuliskan BTS Love ARMY - (Pinterest)

ARMY merupakan nama untuk fanbase grup BTS yang terbentuk satu bulan setelah grup ini dibuat. 

Pada Juni 2013, setelah Big HIt Entertainment membentuk BTS, ARMY langsung terbentuk sebagai rasa antusias penggemar kepada grup tersebut. 

Terhitung pada tahun 2018, ada sekira 18 juta ARMY tersebar di seluruh dunia. Menurut catatan yang diperoleh, urutan pertama yang mewakili 21 persen fans BTS di seluruh dunia ternyata ada di Filipina. Kemudian urutan kedua dipegang oleh Korea Selatan, diikuti Thailand, Vietnam, Taiwan, Malaysia dan Indonesia. 

Cakupan penggemar BTS yang dinamakan ARMY ini tidak hanya tersebar di Asia saja, beberapa wilayah seperti Mexico, Amerika Serikat, Brazil dan Arab Saudi, menggilai tujuh pria tampan ini.

Warna fandom BTS adalah ungu, ini disebabkan oleh salah satu member BTS, V menjelaskan bahwa, ungu merupakan warna terakhir pelangi dan sebagai warna yang menggambarkan cinta. 

Ia juga mengatakan, ungu memiliki arti "Aku akan percaya dan mencintaimu untuk selamanya". Sehingga, hal tersebut disepakati semua member sebagai warna untuk mengekspresikan rasa cinta BTS terhadap ARMY atau sebaliknya. 

ARMY memiliki 'senjata' andalan saat mereka menghadiri berbagai event atau konser BTS, yaitu ARMY Bombs. 

Army Bombs adalah lightstick berbahan plastik berwarna putih dan gagang hitam berbentuk bulat seperti bom. 

Warna lampu Army Bombs bisa dikontrol menggunakan aplikasi smartphone, sehingga sangat keren saat dipakai menonton konser dan melakukan koreografi  khas ARMY. 

Diskografi BTS 

BTS debut dengan album mini pertama pada September 2013, dengan judul 'O!RUL8,2?'. 

Berkat album debut tersebut, mereka berhasil mendapatkan penghargaan pertama di Melon Music Awards, Golden Disc Awards dan Seoul Music Awards sebagai 'New Artist of the Year'. 

Kemudian pada tahun 2015, mereka merilis 'The Most Beautiful Moment in Life; Part 1' dengan single 'I Need U' menjadi lagu hits di salah satu program musik Korea Selatan yakni SBS The Show. 

Kiprah mereka di dunia musik semakin melejit di tahun-tahun berikutnya. Pada tahun 2021, BTS menorehkan sejarah sebagai artis K-Pop pertama yang masuk nominasi Grammy Award dan di waktu yang bersamaan, mengeluarkan single baru 'Butter' yang betah menempati posisi atas Chart Billboard Music selama tiga pekan berturut-turut.

Album Studio 

Album yang digarap oleh BTS sejak pertama debut hingga sekarang memang beragam, mulai dari album mini hingga full album yang membuat karyanya para digemari ARMY.

BTS juga selalu memberikan koreografi baru dalam setiap rilisan terbaru mereka. 

Untuk albumnya sendiri, BTS biasanya menyajikan 10 hingga 15 lagu untuk dinikmati penggemar. 

1. Dark & Wild (2014)

Album Dark & Wild dirilis pada 20 Agustus 2014. Album ini merupakan album full studio pertama dengan single 'Danger'. 

Di dalamnya terdapat 14 lagu, kemudian BTS menambahkan 'War of Hormone' sebagai single kedua yang selalu dibawakan setiap tur konser atau acara-acara televisi. 

1. Intro: What Am I To You

2. Danger

3. War of Hormone

4. Hip Hop Phile

5. Let Me Know

6. Rain

7. BTS Cypher Pt. 3: KILLER

8. Interlude: What Are You Doing Now

9. Could You Turn Off Your Cellphone

10. Embarrassed

11. 24/7 = Heaven

12. Look Here

13. So 4 More

14. Outro: Does That Make Sense? 

2. Wake Up (2014)

Ini merupakan full album pertama yang diproduksi BTS untuk penggemar dari Jepang. Album yang dirilis pada Desember 2014 ini berisi 13 lagu termasuk versi bahasa Jepang dari 'No More Dream', 'Boy in Luv' dan 'Danger', serta dua lagu baru 'The Stars' dan 'Wake Up'. 

1. Intro

2. The Stars

3. Jump (Japanese Ver.)

4. Danger (Japanese Ver.)

5. Boy In Luv (Japanese Ver.)

6. Just One Day (Japanese Ver. Extended)

7. Like (Japanese Ver.)

8. I Like It Pt. 2 At That Place

9. No More Dream (Japanese Ver.)

10. Attack on Bangtan (Japanese Ver.)

11. N.O. (Japanese Ver.)

12. Wake Up

13. Outro

3. Wings (2016)

Album 'Wings' dirilis pada 10 Oktober 2016. Album kedua ini juga merupakan album yang memberikan kesempatan pada masing-masing member untuk bernyanyi solo. 

Single 'Blood Sweat & Tears' menjadi pilihan pertama untuk menjadi single dan tujuh lagu lainnya yang menjadi single masing-masing member. 

1. Intro: Boy Meets Evil

2. Blood Sweat & Tears

3. Begin

4. Lie

5. Stigma

6. First Love

7. Reflection

8. MAMA

9. Awake

10. Lost

11. BTS Cypher pt. 4

12. Am I Wrong

13. 21st Century Girl

14. 2! 3!

15. Interlude: Wings

4. Love Yourself: Tear (2018)

Dirilis pada tanggal 18 Mei 2018, album ini menjadi album full berbahasa Korea ketiga milik BTS. 

Album ini menceritakan tentang berbagai macam rasa sakit, sakit karena kehilangan, karena perpisahan dan sakit karena kesedihan yang dialami oleh diri sendiri. Single terkenal dari album ini yakni 'Fake Love'. 

1. Intro: Singularity

2. FAKE LOVE

3. The Truth Untold

4. 134340

5. Paradise

6. Love Maze

7. Magic Shop

8. Airplane Pt. 2

9. Anpanman

10. So What

11. Outro: Tear

5. Youth (2017)

Pada September 2017, BTS membuat gebrakan untuk masyarakat Jepang dan seluruh pecinta musiknya. 

BTS mengeluarkan dua album sekaligus dengan versi bahasa Jepang. Album berjudul 'Youth' ini menjadi album kedua sekaligus ketiga BTS untuk studio Jepang. 

1. Introduction: Youth

2. Run (Japanese Ver.)

3. Fire (Japanese Ver.)

4. Dope (Japanese Ver.)

5. Good Day

6. Save Me (Japanese Ver.)

7. Boyz With Fun (Japanese Ver.)

8. Silver Spoon (Japanese Ver.)

9. Wishing On A Star

10. Butterfly (Japanese Ver.)

11. For You

12. I Need U (Japanese Ver.)

13. Epilogue: Young Forever (Japanese Ver.)

Mini Album 

BTS menelurkan beberapa mini album yang akhirnya membuat mereka menapaki karir cemerlang seperti sekarang ini. 

1. Cool 4 Skool (2013)

Tahun 2013 diawali dengan mini album berjudul '2 Cool 4 Skool' yang dirilis pada tanggal 12 Juni. 

Dalam album ini terdapat sembilan lagu, salah satunya berjudul sama dengan album '2 Cool 4 Skool'. Namun, yang menjadi lagu single dalam album mini adalah 'No More Dream' dan 'We Are Bulletproof Pt.2'.

1. Intro: 2 Cool 4 Skool

2. We are Bulletproof Pt. 2

3. Skit: Circle Room Talk

4. No More Dream

5. Interlude

6. Like

7. Outro: Circle Room Cypher

8. Skit: On the Start Line

9. Road/Path

2. O!Rul8,2? (2013)

O!Rul8,2? adalah album mini lanjutan dari '2 Cool 4 Skool' dengan 10 lagu di dalamnya. 

Lagu 'NO' sebagai single utama kemudian diikuti dengan 'The Rise of Bangtan' sebagai single kedua. Album mini dirilis pada 11 September 2013. 

1. Intro: O!Rul8,2?

2. N.O.

3. We On

4. Skit: R U Happy Now?

5. If I Ruled The World

6. Coffee

7. BTS Cypher Pt. 1

8. The Rose of Bangtan

9. Paldogangsan

10. Outro: Luv in Skool

3. Skool Luv Affair (2014)

Album mini yang dirilis pada 12 Februari 2014 ini berisikan 10 lagu, 'Boy In Luv' menjadi single utama dan 'Just One Day' sebagai single kedua. 

1. Intro: Skool Luv Affair

2. Boy In Luv

3. Skit: Soulmate

4. Where Did You Come From

5. Just One Day

6. Tomorrow

7. BTS Cypher Pt. 2: Triptych

8. Spine Breaker

9. Jump

10. Outro: Propose

4. The Most Beautiful Moment in Life Pt. 1 (2015)

The Most Beautiful Moment in Life Part 1 yang dirilis pada 29 April 2015 adalah album mini yang dirilis dalam dua versi, BTS mengeluarkan sembilan  lagu dalam album ini dengan single utama 'I Need You' dan single kedua 'Dope'. 

1. ntro: Blooming Youth

2. I NEED U

3. Hold Me Tight

4. Skit: Expectation!

5. DOPE

6. Boyz With Fun

7. Converse High

8. Moving On

9. Outro: Love is Not Over

5. The Most Beautiful Moment in Life Pt. 2 (2015)

Sesuai dengan judul albumnya, album ini merupakan album mini kelanjutan dari 'The Most Beautiful Moment in Life Pt. 1'. 

Dirilis pada November 2015 beberapa bulan selang dari album part 1. Terdapat sembilan lagu dengan single utama 'Run'. 

1. Intro: Never Mind

2. RUN

3. Butterfly

4. Whalien 52

5. Ma City

6. Silver Spoon

7. Skit: One Night In A Strange City

8. Autumn Leaves

9. Outro: House of Cards

6. Love Yourself: Her (2017)

Album mini ke lima setelah debut 'Love Yourself: Her' ini memiliki 11 lagu dengan single utama 'DNA' dan dibuat dalam empat versi. 

Big Hit Entertainment merilis album ini pada 18 September 2017. 

1. Intro: Serendipity

2. DNA

3. Best of Me

4. Dimple

5. Pied Piper

6. Skit: Billboard Music Awards Speech

7. MIC Drop

8. Go Go

9. Outro: Her

10. Skit: Hesitation and Fear

11. Sea

7. Map of the Soul: Persona (2019)

Album mini yang dirilis pada 12 April 2019 ini adalah album yang terinspirasi dari buku berjudul 'Jung's Map of the Soul: An Introduction' karya Murray Stein. 

Album ini memiliki tujuh lagu di dalamnya dengan 'Boy With Luv feat Halsey" sebagai single utamanya. 

1. Intro: Persona

2. Boy With Luv feat Halsey

3. Mikrokosmos

4. Make It Right

5. HOME

6. Jamais Vu

7. Dionysus

Single 

1. No More Dream (2014)

Single 'No More Dream' dirilis dalam versi bahasa Jepang dengan memiliki tiga lagu di dalamnya. 

'No More Dream' (Japanese Ver.), 'Attack On Bangtan' (Japanese Ver.) dan 'Like' (Japanese Ver.). Single ini dikeluarkan pada Juli 2014.

2. Boy In Luv (2014)

Ini merupakan single BTS yang menjangkau ke negeri Sakura. Dalam singel ini, setiap lagu BTS yang populer dialihbahasakan ke dalam bahasa Jepang, termasuk lagu 'Boy In Luv', 'N.O' dan 'Just One Day'. 

Ketiga lagu tersebut menjadi single kedua BTS dalam versi bahasa Jepang. 

3. Danger (2014)

Lagu 'Danger' menjadi single ketiga yang digarap ke dalam versi bahasa Jepang, termasuk dua lagu lain seperti 'Attack On Bangtan' dan 'Miss Right'. 

Selain dialihbahasakan ke dalam bahasa Jepang, lagu 'Danger' juga dibuat versi Taiwan di tahun yang sama.

4. For You (2015)

Single ke empat dalam bahasa Jepang milik BTS ini memiliki tiga lagu. Single utama 'For You", 'War Of Hormone' dan 'Let Me Know' menjadi lagu berbahasa Jepang. 

5. I Need U (2016)

Pada awal tahun 2016, BTS kembali mengambil lagu-lagu popular mereka untuk dibuat versi Bahasa Jepang. 

Tiga lagu diantaranya yang rilis dalam Bahasa Jepang adalah 'I Need U' (Japanese Ver.), 'Dope' (Japanese Ver.) dan 'Boyz With Fun' (Japanese Ver.). 

Kemudian pada Maret 2016, tiga lagu lain ditambahkan sebagai single berbahasa Jepang, yakni lagu 'Run' (Japanese Ver.), 'Butterfly' (Japanese Ver.) dan 'Good Day' (Japanese Ver.). 

6. Blood Sweat & Tears

Karena lagu Blood Sweat & Tears laku keras di pasaran, akhirnya BTS memutuskan untuk kembali membuat versi bahasa Jepang. Single ke tujuh BTS berbahasa Jepang ini memiliki tiga lagu, yakni Blood Sweat & Tears (Japanese Ver.), Not Today (Japanese Ver.) dan Spring Day (Japanese Ver.). 

7. MIC Drop/DNA/Crystal Snow, Japanese Ver (2017)

Sesuai dengan judul single yang diusung, single berbahasa Jepang ini memiliki tiga lagu yakni 'MIC Drop' (Japanese Ver.), 'DNA' (Japanese Ver.) dan 'Crystal Snow'. 

Single yang dirilis pada Desember 2017 ini mendapat sambutan hangat dari warga negara Jepang, karena dibawakan dalam bahasa mereka sehingga membuat ARMY di Jepang merasa lebih dekat dengan para member. 

8. FAKE LOVE/Airplane Pt. 2 (2018)

Pada November 2018, BTS kembali mengeluarkan single berbahasa Jepang dengan single utama 'Fake Love'. 

Kemudian di dalamnya ada tiga lagu lain seperti 'Airplane Pt. 2' (Japanese Ver.), 'IDOL' (Stadium Remix) dan 'FAKE LOVE' (Japanese Ver. Remix). 

9. Lights/Boy With Luv (2019)

'Lights, Boy With Luv' (Japanese Ver.) dan 'IDOL' (Japanese Ver.) merupakan tiga lagu yang dirilis dalam bahasa Jepang pada 3 Juli 2019. 

10. Dynamite (2020)

Rilis pada Agustus 2020, single berbahasa Inggris yang dibawakan BTS ini mencetak sejarah sebagai single yang mampu bertahan di chart Billboard selama beberapa minggu dengan posisi nomor satu. 

Selain itu, single 'Dynamite' ini berhasil masuk nominasi Grammy Award sebagai 'Penampilan Duo atau Grup Terbaik'. 

Videografi 

Setiap konten video BTS memiliki kualitas yang sangat baik dan yang membuat ARMY bangga adalah karena beberapa video musik dan film BTS melibatkan para member dalam produksi pembuatannya. 

Yang berperan sangat banyak dalam pembuatan video-video tersebut adalah maknae (member termuda, red) Jungkook. 

DVD/Blu-Ray

Sejauh ini BTS telah mengeluarkan 39 video album dan 64 musik video. Beberapa dikeluarkan dalam bentuk DVD dan Blue Ray atau BD. 

Misalnya pada tahun 2015, BTS mengeluarkan 'Rookie King Bangtan Boys Channel Bangtan'. DVD tersebut dibuat oleh Big Hit Entertainment bekerja sama dengan Pony Canyon. 

Selain dirilis dalam bentuk DVD, beberapa karya BTS dirilis dalam dua format sekaligus, yakni DVD dan BD. Beberapa karyanya tersebut, adalah:

  1. 1st Japan Tour 2015 Wake Up: Open Your Eyes
  2. BTS Live (on stage Japan Edition at Yokohama Arena)
  3. BTS 4th MUSTER [Happy Ever After]
  4. BTS World Tour: Love Yourself in Seoul
  5. BTS Memories of 2018
  6. BTS 5th MUSTER [Magic Shop]
  7. BTS Japan Official Fanmeeting Vol.5 [Magic Shop]
  8. BTS World Tour 'Love Yourself: Speak Yourself' London

Music Video (MV)

photoBTS dalam video klip Boy With Luv feat Halsey. - (MTV)

Beberapa MV BTS diproduksi oleh diproduksi oleh Zanybros. Zanybros adalah perusahaan produksi video Korea Selatan yang mengkhususkan diri dalam produksi video musik dan film komersial. 

Disutradarai oleh Hong Won-ki, beberapa MV BTS sejak debut hingga kini menjadi MV yang sangat menarik. 

Beberapa MV yang diproduksi oleh Zanybros adalah 'No More Dream', 'We Are Bulletproof Pt2', 'N.O', 'War of Hormone', 'For You', dan 'Come Back Home'. 

BTS kemudian bekerja sama dengan Lumpens. Lumpens adalah perusahaan produksi video modern yang mengedepankan untuk mengejar Fantasi Indera Visual dan Auditori. 

Hasil produksi yang digarap oleh Lumpens sangat unik dan berbeda. Lumpens disutradarai oleh tiga orang, yaitu Yongseok Choi, Guzza dan Jihye Yoon. 

MV BTS yang digarap oleh Lumpens diantaranya 'Boy In Luv', 'Just One Day', 'Danger', 'I Need U', 'Run', 'Fire', 'Blood Sweat & Tears', 'DNA', 'Fake Love', 'ON', 'Dynamite' dan terakhir 'Butter'. 

Terakhir, MV BTS dibuat oleh kerja sama antara Lumpens, Wonmo Seong dan member BTS Jeon Jungkook. 

MV yang digarap oleh mereka adalah 'Life Goes On: On My Pillow', 'Life Goes On: In The Forest' dan Life Goes On: In The Forest'. 

Konser dan Tur BTS 

photoBTS saat konser The Wings Tour - (soompi.com)

BTS telah berkarir di dunia musik sejak 2013, usia karirnya hingga saat ini memasuki tahun ke delapan. 

Perjalanan karir BTS terbilang luar biasa hingga telah melakukan banyak konser, tur hingga fan meeting di berbagai negara. 

BTS telah melakukan lima konser besar, tiga diantaranya adalah konser keliling dunia. 

Tour 'BTS Love Yourself World Tour 2018–2019' mampu memecahkan rekor dengan meraup keuntungan sebesar 196,4 juta USD dari 42 pertunjukan.

Konser ini menjadi rekor dengan pendapatan tertinggi sebagai pertunjukan yang dilakukan dalam bahasa non-Inggris (Korea Selatan) pertama kali dalam sejarah.

Selain itu, BTS juga melakukan enam tur pertemuan penggemar, satu tur bersama, lima showcase dan sembilan konser sejak debut mereka pada tahun 2013. 

Kemudian BTS melakukan tour Solo untuk pertama kalinya di tahun 2014, tour solo tersebut dimulai di Asia dan kemudian diperluas ke Australia, Amerika Utara dan Amerika Selatan. Tur ini mampu menarik sebanyak 80.000 penonton. 

Konser luar negeri pertama BTS digelar di Jepang dengan nama 'Wake Up: Open Your Eyes Japan Tour'. 

Pada tahun 2015, BTS memulai 'The Most Beautiful Moment in Life On Stage Tour' dan mengunjungi berbagai kota di Asia. 

Konser ini mampu menjual lebih dari 182.500 tiket, kemudian pada tahun 2017 BTS memulai 'The Wings Tour', mengunjungi 17 kota di 10 negara di seluruh dunia dan menarik 550.000 penonton.

BTS di Acara TV 

photoBTS di acara Reality Show - (soompi.com)

Sejak tahun 2013 hingga 2021, BTS memang banyak menghiasi layar TV. Selain di Korea Selatan, BTS juga banyak tampil di acara-acara top di Amerika, seperti, Ellen Show, The Late Night dan The Tonight Show. 

Berikut ini daftar acara TV yang pernah dibintangi BTS. 

Tahun 2013

  1. Rookie King (Ep. 1-8)
  2. After School Club Ep. 24

Tahun 2014

  1. American Hustle Life (Ep. 1-8) 
  2. Weekly Idol Ep. 144
  3. After School Club Ep. 46
  4. After School Club Ep. 56 (RM & Jimin)
  5. After School Club Ep. 68 (RM, Jimin & Jungkook)
  6. After School Club Ep. 70 (RM, Jimin & Jungkook)
  7. After School Club Ep. 95
  8. A Song For You 3 Ep. 12
  9. Go! BTS
  10. BTS A Little Dangerous Chuseok (Naver Starcast)
  11. Yinyuetai China Documentary Ep. 1, 2, 3
  12. 4 Things Show Ep. 3 (RM)
  13. Beatles Code 3D Ep. 15
  14. 100 Choice, Best Ramyun Ep. 6 (J-Hope)

Tahun 2015

  1. Hello Counselor (RM & V)
  2. Star King (V)
  3. Running Man Ep. 265 (Rap Monster)
  4. Problematic Man (Rap Monster)
  5. BTS Lucky Draw (Ep. 1-5)
  6. Run BTS (Ep. 1-10)
  7. Bangtan Gayo (track 1-9)
  8. Idol Star Athletic Championship
  9. Weekly Idol Ep. 203 (I Need U era)
  10. Weekly Idol Ep. 229 (Run era)
  11. Yaman TV Ep. 23
  12. My Pet Clinic (J-Hope, Jimin & V)
  13. After School Club Ep. 158
  14. After School Club Ep. 191
  15. Idol Show Ep. 1 & 2
  16. Crisis Escape No. 1
  17. Nico Nico Live

Tahun 2016

  1. The Boss Is Watching
  2. Running Man Ep. 300
  3. Flower Crew (Jungkook)
  4. Star King Ep. 447 (RM, J-Hope & Jimin)
  5. Bon Voyage Season 1 (Ep. 1-8)
  6. Idol Star Athletics Championships
  7. Celebrity Bromance (Jungkook)
  8. God’s Workplace (J-Hope & Jimin)
  9. King Of Masked Singer Ep. 72 (Jungkook)
  10. Celebrity Bromance (V)
  11. Duet Song Festival (RM)
  12. Star Show 360 Ep. 8

Tahun 2017

  1. Law Of The Jungle in Kota Manado (Jin)
  2. SBS Baek Jong Won’s Top 3 Chef King (Jin & J-Hope)
  3. Hello Counselor (Jin & Jimin)
  4. King Of Masked Singer Ep. 93 (Jimin)
  5. Idol Star Athletics Championships Lunar New Year
  6. New Yang Nam Show Ep. 1
  7. Idol Party Ep. 11
  8. Bon Voyage Season 2 in Hawaii
  9. Run BTS (Ep. 11 – 33)
  10. BTS Gayo (Track 10-15)
  11. Knowing Brother Ep. 94
  12. Let’s Eat Dinner (Jin & Jungkook)
  13. Please Take Care Of My Refrigerator Ep. 153 (Jin & Jimin)
  14. The Late Late Show with James Corden
  15. The Ellen Show

Tahun 2018

  1. Run BTS (Ep. 34-56)
  2. Burn The Stage (Ep. 1-8)
  3. Bon Voyage Season 3 in Malta 
  4. The Late Late Show with James Corden
  5. The Ellen Show
  6. America's Got Talent
  7. The Tonight Show Starring Jimmy Fallon

Tahun 2019

  1. Run BTS (Ep 57-90)
  2. MBC Under Nineteen Ep. 10 (J-Hope)
  3. Bon Voyage Season 4 in New Zealand
  4. Saturday Night Live
  5. The Late Show with Stephen Colbert
  6. Summer Concert Series Good Morning America
  7. The Voice Live Finale

Tahun 2020

  1. Run BTS (Ep 90-122)
  2. I-Land Ep. 7
  3. In The Soop (BTS ver.)
  4. Immortal Song (Ep. 482)
  5. The Late Late Show with James Corden

Tahun 2021

  1. Run BTS (Ep 123)
  2. Delicious Rendezvous Ep. 57 (BTS via video call)
  3. You Quiz on The Block Ep. 99
  4. Let’s BTS

Film BTS

photoCover DVD BTS Bring The Seoul - (soompi.com)

Selain dituntut untuk sempurna tampil sebagai penyanyi dan dancer, BTS juga harus multitalenta dengan mampu memberikan penampilan menarik dalam beberapa acara TV dan film.

Pada tahun 2018, BTS membuat debut baru dengan mengeluarkan film dokumenter. Hingga saat ini, tercatat ada empat judul film dokumenter yang dibuat dan menceritakan perjalanan karir BTS. 

1. BTS : Burn The Stage (2018)

Film dokumenter pertama ini disutradarai oleh Park Joon Soo pada November 2018, menceritakan tentang kisah perjalanan karir BTS. 

Film ini menayangkan behind the scene BTS Wings Tour, footage eksklusif dan wawancara member BTS untuk mengungkap keseluruhan perjalanan hingga BTS dikenal oleh dunia. 

Film dokumenter ini masuk dalam jajaran Box Office dan mendapatkan keuntungan hingga 20,3 juta USD. 

Sementara untuk produksi film ini menghabiskan 2,4 juta usd dan mendapat rating 8,8/10 dari dari 2.510 ulasan. 

2. Love Yourself in Seoul (2018)

Pada 25 dan 26 Agustus 2018, BTS melakukan konser 'Love Your Self' di Seoul Olympic Stadium dan menghasilkan film dokumenter yang berjudul serupa dengan gelaran konsernya. 

Kisah perjalanan BTS dalam konser 'Love Your Self' tersebut ditayangkan dalam sebuah film berdurasi 112 menit. 

Meskipun film ini merupakan film dokumenter yang menayangkan konser lokal BTS di Seoul, tetapi mendapatkan keuntungan yang luar biasa. Keuntungan yang didapat sebesar 10,1 juta USD dengan skala global. 

3. Bring The Seoul (2019)

Tahun 2019, Park Joon Soo kembali menyutradarai film dokumenter milik BTS. Kali ini menceritakan tentang perjalanan konser keliling dunia yang dilakukan oleh BTS selama setahun. 

Film yang dirilis pada Agustus 2019 ini mendapatkan keuntungan hingga 11,6 juta USD.

BTS Menjadi Duta UNICEF 

photoBTS X UNICEF - (soompi.com)

Setelah memiliki karir cemerlang, BST juga menjadi ikon sosial bekerjasama dengan UNICEF untuk mengkampanyekan 'love myself'.

BTS melakukan kampanye ini untuk menjaga dan mendukung para anak dan remaja korban kekerasan di berbagai belahan dunia dengan cara mendonasikan hasil penjualan album 'Love Yourself: Her'.

Selain diangkat menjadi duta sosial oleh UNICEF, BTS juga dipercaya untuk berpidato dalam sidang umum PBB di New York, Amerika Serikat. 

Dalam pidato tersebut, BTS yang diwakili oleh sang leader RM menyampaikan "Saya ingin mendengarkan suara Anda sekalian. Tak peduli Anda siapa, dari mana Anda berasal, apa warna kulit Anda, apa identitas Anda, percaya dirilah!," kata RM.

Lee Key Cheol, Direktur UNICEF Korea menyebutkan, bahwa kontrak kerjasama UNICEF dengan BTS diperpanjang hingga tahun 2022. 

Menurut Lee, dampak dari kerjasama yang dilakukan oleh BTS begitu besar, ada harapan dan pengaruh positif yang diberikan oleh BTS pada dunia. 

"Di bawah kemitraan baru ini, mari kita membayangkan kembali masa depan lebih baik untuk semua anak dan membuat dunia lebih baik untuk seluruh anak di berbagai belahan dunia" ujar Lee dalam pernyataan yang diberikan melalui kanal Youtube BTS. 

Profil Member BTS 

1. RM 

photoKim Nam Joon a.k.a RM - (soompi.com)

Memiliki nama asli Kim Nam Joon, leader BTS ini dipercaya merupakan member paling cerdas dengan nilai IQ 148. 

RM menguasai tiga bahasa, yaitu Bahasa Korea sebagai bahasa ibu yang dimilikinya, Bahasa Inggris dan juga Bahasa Jepang. 

Tidak heran jika RM dijadikan leader dan menjadi juru bicara dalam setiap wawancara BTS di kancah internasional. 

Memulai karir dengan menjadi seorang rapper underground, membuat RM memiliki pengalaman dan jiwa kepemimpinan yang bisa diandalkan untuk menjadi seorang leader. 

Menurut anggota grup, RM selalu bisa memiliki solusi untuk setiap masalah dalam grup maupun masalah pribadi para member. 

2. Jin

photoKim Seok Jin a.k.a Jin - (soompi.com)

Kim Seok Jin yang berasal dari keluarga kaya ini memang dikenal sebagai Worldwide Handsome, karena penampilannya yang selalu memukau dan banyak ARMY yang setuju dengan pernyataan tersebut. 

Anak kedua dari dua bersaudara ini sedang menempuh pendidikan Master di Hanyang Cyber University Jurusan Film.

Jin selalu memperkenalkan dirinya sebagai handsome guy, karena di antara member yang lain, hanya dirinya yang direkrut berdasarkan wajah tampannya saja. 

Sementara untuk member lain, memiliki skill khusus masing-masing. Seperti J-Hope yang memiliki skill menari paling baik. 

3. Suga

photoMin Yoon Gi a.k.a Suga - (soompi.com)

Member yang dikenal paling malas ini bernama asli Min Yoon Gi, nama Suga diberikan oleh CEO Big Hit Entertainment karena wajahnya yang putih serta memiliki senyum yang manis seperti gula. 

Suga memilih untuk menjadi rapper setelah mendengarkan lagu Epik High yang berjudul ‘Fly’ dan sempat berkarir menjadi rapper dengan grup lain namun tidak berhasil membuat namanya melambung seperti BTS. 

Suga memiliki hobi menulis lirik lagu, bahkan dia menulis lagu 'Like It' hanya dalam 40 menit. 

Selain itu, Suga menulis lagu untuk artis lain, seperti lagu 'Wine' yang dinyanyikan Suran dan berhasil terjual hingga 500.000 unduhan digital. 

4. J-Hope

photoJ-Hope - (soompi.com)

"I am Your Hope, You're My Hope, I Am J-Hope" adalah tagline yang selalu disuguhkan J-Hope setiap kali memperkenalkan diri. 

Sebelum bergabung dengan BTS, J-Hope merupakan seorang dancer dengan nama panggung Neuron. 

J-Hope pernah memenangkan underground dance battle serta mampu tampil di suatu festival dance bergengsi di Korea. 

Menjadi member BTS membuat J-Hope dijuluki sebagai member paling riang dengan senyuman manisnya yang sangat khas. 

Beberapa member mengaku bahkan tidak bisa marah pada J-Hope, karena dia selalu memasang wajah manis meskipun sedang membuat kesalahan. 

5. Jimin

photoPark Ji Min a.k.a Jimin - (soompi.com)

Lahir di Busan, Park Ji Min memasuki Busan High School of Arts sebagai siswa top dalam kelas tarian modern, tapi kemudian pindah ke Korean Arts High School setelah menjadi member BTS mengikuti V. 

Jimin merupakan salah satu member yang memiliki otak cerdas, oleh karena itu dia dijuluki si nomor satu dan selalu menjadi pembaca pidato perpisahan serta berperan sebagai ketua kelas selama sembilan tahun berturut-turut. 

Jimin pernah merasa depresi karena gendut, dia menyadari pipi dan penampilannya yang sudah tidak menarik hingga akhirnya berpikir tidak mau makan karena takut badannya semakin gendut. 

Namun para member membantunya untuk mengatur pola makan dan olahraga sehingga membuat badannya kembali ideal. 

6. V

photoKim Tae Hyung a.k.a V - (soompi.com)

V memiliki nama asli Kim Tae Hyung, lahir pada tahun 1995 di Daegu. Member BTS ini merupakan member yang multi talented, V bisa dancing dengan menggunakan sepatu hak tinggi dan bersuara emas dengan nada tinggi yang sangat baik. 

V memiliki sederet teman yang merupakan artis, seperti Park Bo Gum (aktor), Sungjae dari BTOB, Mark dari GOT7, Minho dari SHINee, Kim Minjae (aktor) dan Baekhyun dari EXO

7. Jung Kook

photoJeon Jung Kook a.k.a Jung Kook - (soompi.com)

Member termuda dengan nama asli Jeon Jung Kook ini lahir pada tahun 1997 di Busan. 

Jungkook dikenal sebagai member yang menyukai warna hitam dan mampu memasak dengan sangat terampil. Para member BTS lain sangat menyukai masakan Jungkook. 

Perjalanan berkarir Jungkook dimulai dari mengikuti audisi Superstar K, saat itu dia menyanyikan lagu ‘Lost Child’ nya IU, tetapi gagal melewati babak penyisihan. 

Namun nasib baik memang berada dalam genggamannya, dia mendapat tawaran dari delapan agensi hiburan yang berbeda sekaligus.

Pilihannya untuk bergabung dengan Big Hit Entertainment membuat dirinya menjadi member kesayangan BTS yang tidak suka pelajaran sekolah. Saat bergabung dengan BTS dirinya masih seorang pelajar SMA.

Image

Nelis (Writer)

Reporter

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur