Light Dark

Dimulai dari Bangun Jalan, Bakal ada Patung Soekarno di Bukit Algoritma Sukabumi

Sukabumi | 11 Jun 2021, 18:07 WIB
Patung di Perpustakaan Bung Karno di Blitar. Ketua pelaksana KSO PT Kiniku Bintang Raya, Budiman Sudjatmiko, menyebut akan membangun patung Presiden RI pertama, Soekarno, dengan ukuran besar di area proyek Bukit Algoritma di Sukabumi | info blitar

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua pelaksana KSO PT Kiniku Bintang Raya, Budiman Sudjatmiko, menyebut akan membangun Patung Presiden RI pertama, Soekarno, dengan ukuran besar di area proyek Bukit Algoritma. Proyek Bukit Algoritma yang tengah digagas sebagai pusat pengembangan teknologi dan industri 4.0 itu berlokasi di Cikidang dan Cibadak, Sukabumi.

“Patung beliau bukan semata-mata untuk mengingat beliau sebagai Founding Father kita saja, namun sosok Bung Karno juga menjadi daya semangat dan keyakinan saya untuk membangun Bukit Algoritma ini,” kata Budiman, seusai peletakan Batu Pertama di Cikidang, Rabu, 9 Juni 2021 lalu dikutip dari tempo.co.

Budiman mengatakan sosok Bung Karno ada di Bukit Algoritma karena teringat pesannya di Universitas Gadjah Mada pada tahun 1951 saat berpidato tentang ilmu pengetahuan dan kemajuan peradaban manusia, khususnya bangsa Indonesia.

“Ilmu pengetahuan akan berguna jika dipraktekkan untuk kehidupan kemanusiaan atau praktik hidup sebuah bangsa, begitu kata bung Karno. Jadi rencananya Patung beliau pun akan kami bangun di depan Gedung Neuroscience atau ilmu struktur, fungsi dan cara kerja otak,” ucap Budiman.

Baca Juga :

Budiman Sudjatmiko menyebut selain membangun Patung Bung Karno sebagai perwujudan mimpi bangsa Indonesia akan pengetahuan, juga di Bukit Algoritma akan dibangun pusat riset teknologi komunikasi antar internet dengan jaringan 6G yang dia namakan Internet of Things Park.

Ia berharap pusat riset ini akan menjadi yang pertama dan terbesar di Asia. "Karena kita sudah ada investornya yang akan membangun Internet on Things Park ini. Nilai investasinya besar, bahkan pembangunan pun akan dibangun di atas lahan 100 hektare."

Direktur Utama PT Amarta Karya selaku main contractor Bukit Algoritma, Nicolas Agung, menyatakan pembangunan Patung Bung Karno akan dilakukan dalam tahap pertama.

Sebagai gambaran, Nicolas menjelaskan, infrastruktur jalan menuju Bukit Algoritma akan dibangun mulai dari menyambung jalan tol Bocimi dan jalan kawasan. "Nah untuk pembangunan gedung, kita akan renovasi 6 gedung yang sudah ada, 120 rumah kebun dan hotel. Lalu gedung internet of things park dan Patung Soekarno, sebagai lambang bapak pengetahuan dan founding father kita,” kata Nicolas.

SUMBER: TEMPO.CO

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur