Light Dark

Resep Madu Odeng Lemon Racikan Warga Ciemas Sukabumi, Bisa Dibuat di Rumah Lho!

Kuliner | 11 Jun 2021, 10:25 WIB
Madu Lemon racikan warga Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Yang pertama terpikir apabila mendengar kata Madu adalah rasanya yang manis dan diyakini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Karena itu, Madu banyak dipilih menjadi bahan makanan serta minuman diantaranya Madu Lemon racikan warga Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Penasaran seperti apa cara membuatnya?

Mulyati (59 tahun) warga Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas menyatakan, jenis Madu yang digunakan untuk minuman racikannya itu adalah Madu odeng. Madu ini, kata Mulyati didapatkan dari lebah liar yang membuat sarang di hutan di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi.

Baca Juga :

Untuk mendapat segelas Madu lemon yang nikmat, Mulyati mengatakan siapkan madu, Lemon dan air panas. Ingat, tak perlu gula sebab yang namanya Madu asli memiliki rasa manis yang murni.

"Cara pembuatannya 2 sendok Madu lebah hutan diseduh air panas, dikocek biar aduk dan ditambah 2 potong jeruk lemon," kata Mulyati, kepada sukabumiupdate.com, Jumat (11/6/2021).

Menurut dia, Madu lemon bisa dinikmati kapan saja, bisa pagi hari sebelum memulai aktivitas dan malam hari sambil santai bersama keluarga. 

Cara membuat Madu lemon ini memang sederhana dan bisa dibuat dirumah dan bagi yang ingin mendapatkan Madu odeng, Mulyati menjualnya.

Satu botol Madu odeng ukuran 600 mili Rp 150 ribu, kemudian yang kemasan 250 mili Rp 50 ribu. Bagi yang berminat bisa datang ke rumah Mulyati di depan Kantor UPTD Pendidikan Ciemas. "Selain dijadikan menu minuman, Madu juga bisa dipakai campuran minuman dan makanan yang lain," jelasnya.

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Andri Somantri

Redaktur