Light Dark

Smartwatch Punya Kamera Depan dan Belakang? Smartphone Facebook

Gadget | 11 Jun 2021, 08:00 WIB
Ilustrasi. Facebook berencana meluncurkan smartphone pertamanya pada musim panas tahun depan. Belum ada pengumuman resminya, tapi kabar yang beredar menyebut smartwatch akan memiliki display dengan dua kamera. | freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Facebook berencana meluncurkan Smartphone pertamanya pada musim panas tahun depan. Belum ada pengumuman resminya, tapi kabar yang beredar menyebut Smartwatch akan memiliki display dengan dua kamera. 

Display itu memungkinkan dilepas dari pergelangan untuk digunakan mengambil gambar dan video. Seperti ponsel, ada kamera depan dan belakang, yang didepan akan dipakai untuk panggilan video alias kamera selfie, sementara kamera fokus otomatis 1080p di bagian belakang dapat digunakan untuk kamera utama.

Idenya adalah memang untuk mendorong penggunaan Smartwatch seperti halnya Smartphone sekarang. Ini adalah bagian unik dari rencana CEO Facebook Mark Zuckerberg untuk bisa menciptakan perangkat konsumen yang berbeda dari produk Apple dan Google.

Perangkat yang direncanakan ini membuka persaingan baru dengan Apple yang sejauh ini telah secara agresif memposisikan dirinya sebagai pelindung data privasi. Apple memposisikan diri berseberangan dari aplikasi lain seperti Facebook selama bertahun-tahun dikepung oleh skandal terkait penanganan data pengguna. 

Dinamika itu dapat menciptakan perjuangan berat bagi Facebook untuk meyakinkan orang agar membeli pesaing Apple Watch yang akan datang, sebagai perangkat kebugaran dengan monitor detak jantung. 

Rekam jejak Facebook untuk membuat perangkat keras sangat buruk. Ponsel 2013 dengan HTC adalah kegagalan yang spektakuler, dan belum lagi perangkat model Oculus VR atau perangkat obrolan video Portal untuk rumah.

Ketertarikan Facebook dalam membangun jam tangan pintar sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Itu tampak pada diakuisisinya Fitbit pada 2019 sebelum Google membeli pembuat perangkat kebugaran yang dapat dikenakan sekarang.

Sejak itu, raksasa jejaring sosial telah menghabiskan sekitar US$ 1 miliar untuk mengembangkan versi pertama jam tangan cerdas. “Dan memiliki ratusan karyawan untuk mengerjakan proyek tersebut,” menurut salah satu orang yang mengetahui masalah tersebut. 

Seorang juru bicara Facebook menolak berkomentar untuk cerita ini. Informasi sebelumnya melaporkan bahwa Facebook sedang membangun jam tangan pintar dengan fitur kesehatan dan perpesanan, tapi detail tentang kamera dan spesifikasi lainnya seperti sensor detak jantung masih baru. 

Menggunakan versi kustom sistem operasi Google Android, Facebook berencana untuk bersandar pada rangkaian aplikasi dan kemitraan eksternal. Tujuannya menciptakan pengalaman yang menarik dari smartwatch, yang akan mencakup aplikasi pendamping untuk ponsel.

SUMBER: THE VERGE/TEMPO.CO

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur