Light Dark

Apple WWDC 2021: iOS 15 Tersedia September bagi Pengguna iPhone

Gadget | 09 Jun 2021, 19:52 WIB
iOS 15 | apple.com

SUKABUMIUPDATE.com - Apple baru saja menggelar event Worldwide Developers Conference atau WWDC 2021 dengan merilis sejumlah fitur baru bagi para Apple Fan Boys (konsumen setia produk Apple, red). Produk baru yang dirilis Apple salah satunya yakni peluncuruan sistem operasi baru iOS 15 bagi pengguna smartphone iPhone.

Dilansir dari The Sun, pembaruan perangkat lunak ini terungkap selama presentasi utama di Apple WWDC 2021 pada Senin (7/6/2021) lalu. 

iOS 15 akan memperkenalkan layar beranda yang didesain ulang. Ada pula beberapa perubahan besar pada aplikasi perpesanan atau iMessage.

Baca Juga :

photoCEO Apple, Tim Cook saat menjadi keynote di WWDC 2021 - (The Verge)

CEO Apple, Tim Cook mengungkapkan, sejumlah aplikasi yang mendapatkan pembaruan di iOS 15 seperti Messages, Facetime, Photos dan Weather.

Update Fitur pada iOS 15

photoDaftar perangkat iPhone yang mendukung pembaruan iOS 15 - (apple.com)

Menurut Senior Vice President, Software Engineering Apple, Craig Federighi, iOS 15 menyertakan Layar Kunci yang diperbarui, ditambah fitur privasi dan pemberitahuan baru. 

Terdapat satu alat yang disebut 'Focus' memungkinkan pengguna mengatur preferensi pemberitahuan yang berbeda, tergantung apa yang mereka lakukan.

Misal, Anda memiliki opsi memilih apakah telepon akan mengeluarkan suara, senyap atau bergetar, tergantung pada status Anda saat ini. 

Anda akan dapat menggunakan menu baru untuk memilih apakah sedang mengemudi, bekerja, tidur atau status lain yang ingin dipilih.

Menu ini akan ditampilkan di layar kunci yang diperbarui dan di Pusat Kontrol, menu iPhone untuk membuka pengaturan dengan cepat.

Focus bahkan akan memberi tahu kontak iMessage tentang status Anda dan memberi tahu mengapa Anda tidak menanggapi teks mereka. 

Apple juga sedang mengerjakan pembaruan besar untuk iMessage yang akan membuatnya lebih seperti platform media sosial seperti WhatsApp.

Salah satu caranya adalah mempermudah perngelolaan dan interaksi dengan foto dan artikel berita yang dibagikan teman melalui aplikasi. 

Apple Photos and Apple News Apps akan memiliki area baru untuk menyimpan konten yang dibagikan teman.

Sejumlah aplikasi lain seperti Wallet, Safari Apple Maps dan Health, juga mendapat peningkatan. FaceTime, misalnya, memungkinkan Anda mengaburkan latar belakang video seperti yang telah dilakukan Zoom Meeting.

Anda juga dapat mengunggah paspor atau SIM ke Apple Wallet, yang memungkinkan Anda check-in di bandara dengan hanya menggunakan ponsel.

Fitur baru lainnya adalah Share Play, yang diluncurkan untuk mempermudah Anda menunjukan kepada teman apa yang sedang Anda dengar atau tonton. 

Share Play juga memungkinkan Anda mendengarkan musik atau menonton streaming dengan anggota pangggilan, dengan video yang disinkronkan untuk semua pengguna.

Panel notifikasi juga mendapatkan tampilan baru, kini dikelompokan ke dalam koleksi bermanfaat dan disebut 'Ringkasan Pemberitahuan' atau Notification Summary.

Dengan kecerdasan buatan (AI), Apple membantu para penggunanya mencari tahu notifikasi mana yang paling penting untuk ditampilkan. Anda juga dapat mengatur jam berapa ingin diingatkan untuk membacanya.

Rilis September 2021

Apple secara berkala merilis pembaruan perangkat lunak untuk iOS, salah satunya fokus perbaikan bug dan penambalan lubang keamanan pada sistem operasi sebelumnya yakni iOS 14.

Dua tahun terakhir, biasanya iOS baru akan bisa digunakan pengguna pada bulan September atau Oktober. 

Tahun 2020, misalnya, iOS 14 diluncurkan pada 16 September. Tahun sebelumnya, iOS 13 diluncurkan 19 September 2019. 

Dengan asumi ini, iOS 15 bukan tidak mungkin akan diluncurkan pada September 2021 mendatang. 

AirPods Pro Updates, iPadOS 15, watchOS 8 dan macOS Monterey

photoAirPods Pro - (apple.com)

Bagi Anda yang menggunakan AirPods Pro, sistem update pada AirPods memungkinkan Anda untuk meningkatkan kualitas volume serta kontrol kebisingan yang muncul di sekitar saat melakukan percakapan tatap muka. 

Apple juga menambahkan fitur keamanan baru jika AirPods Anda dicuri atau hilang. Kini Anda dapat menggunakan fitur 'Search' untuk mencari keberadaan perangkat ini.

photoiPadOS 15 - (apple.com)

Sementara itu, bagi para pengguna tablet Apple yakni iPad, Apple merilis iPadOS 15 yang menghadirkan widget di layar beranda. 

Beberapa konsep yang ada di iOS kini dapat dinikmati oleh pengguna iPad.

Selain itu, iPadOS 15 akan menghadirkan menu multitasking dengan tampilan yang lebih rapih dan estetik. 

photowatchOS 8 - (apple.com)

Selanjutnya ada watchOS 8, jam tangan canggih buatan Apple ini mampu membantu melacak laju pernapasan pengguna saat berolahraga atau aktivitas lainnya. 

photomacOS Monterey - (apple.com)

Yang terakhir dan paling ditunggu adalah update sistem operasi bagi para pengguna Mac yakni macOS Monterey. 

macOS Monterey menyajikan update seperti fitur SharePlay, AirPlay, Universal Control dan pembaruan tampilan di browser Safari.

Image

Teguh Setiawan

Reporter

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur