Light Dark

Ini Progres Pembangunan Pusat Perkantoran Kabupaten Sukabumi di Palabuhanratu

Sukabumi | 09 Jun 2021, 16:41 WIB
Pembangunan gedung pusat perkantoran Kabupaten Sukabumi, yang saat ini tengah dibangun di sekitar Lapang Cangehgar, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, telah memasuki tahap ketiga. | Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Pembangunan gedung pusat perkantoran Kabupaten Sukabumi, yang saat ini tengah dibangun di sekitar Lapang Cangehgar, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, telah memasuki tahap ketiga.

Kepala Seksi Tata Bangunan dan Lingkungan pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Sukabumi, Endang Koswara mengatakan, saat ini Pembangunan struktur bangunan sudah selesai dilaksanakan, dimana tahap pertama yang dilaksanakan pada tahun tahun 2019 lalu, diawali dengan proses cut and fill dan sebagian struktur. Kemudian tahap dua 2020 full struktur lima lantai dengan rooftop.

"Di tahun 2021 ini dianggarkan lagi untuk arsitektur, namun penganggaran tidak maksimal karena masih keterbatasan anggaran. Imbas pandemi Covid-19 banyak anggaran terpangkas," ujar kepada sukabumiupdate.com, Rabu (9/6/2021).

Baca Juga :

"Penganggaran untuk pengerjaan arsitektur untuk secara keseluruhan, sekarang dari luar sudah nampak jadi bangunan, satu lantai sudah tuntas 100 persen, nanti lantai 3, 4 dan 5 masih menunggu anggaran selanjutnya tahun ini," tambahnya. 

Sedangkan untuk Pembangunan jalan masuk gerbang utama, lanjut Endang, saat ini sudah dalam pengerjaan dengan anggaran kurang lebih Rp64 miliar.

"Jalan nantinya ada dua, ada median jalan dan terlaksana baru sebelah belum full, kemudian sarana-sarana lain, kelistrikan dan PJU itu direncanakan baru terlaksana tahun 2021," jelasnya.

Endang menuturkan, adapun untuk tahap tiga ini ditarget selesai pengerjaannya pada akhir tahun ini. Dalam kontrak kausul kontrak memang pertahun, tahap satu pada 2019 sampai Desember, tahap 2 tahun 2020 Desember.

"Kalau yang 2021 lelang dari ULP dan PBJ baru tayang, dan belum tahu siapa kontraktornya serta pemenangnya. Siapapun pemenangnya rencana pengerjaan target 6 bulan sampai akhir Desember selesai," pungkasnya.

Image

Nandi

Reporter

Image

Denis Febrian

Redaktur