Achmad Fahmi, Seli, dan Sejarah Hari Sepeda Sedunia

Kamis 03 Juni 2021, 19:11 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Hari Sepeda Sedunia diperingati setiap tahunnya pada 3 Juni, sejak 2018. Tahun 2021, World Bicycle Day mengusung tema "keunikan, keserbagunaan, dan umur panjang sepeda sebagai moda transportasi yang sederhana, berkelanjutan, ekonomis, dan andal."

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi turut memperingati Hari Sepeda Sedunia pada Kamis ini. Berangkat dari rumah dinasnya di Jalan Siliwangi, Fahmi bergerak menuju Balai Kota Sukabumi dengan mengayuh sepeda lipat warna hitam andalannya.

Ia berujar, World Bicycle Day merupakan momentum untuk menggaungkan gaya hidup sehat. Terlebih, saat ini dunia masih mengalami Pandemi Covid-19. "'Alhamdulillah di Hari Sepeda Sedunia bisa bersepeda ke kantor dan ini menyehatkan tubuh," kata Fahmi.

Bukan kali ini saja Fahmi berangkat ke kantornya dengan mengayuh sepeda. Tahun lalu, saat memperingat hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia, ayah tiga anak ini juga berangkat ke Balai Kota Sukabumi dengan sepeda lipat yang sama: Folding Bike Jeep 20 Inch warna hitam.

photoWali Kota Sukabumi Achmad Fahmi bersepeda menuju Balai Kota di Hari Sepeda Sedunia, Kamis, 3 Juni 2021. - (Dokumentasi Pimpinan Kota Sukabumi)

Wali Kota yang satu ini memang gemar mengkampanyekan hidup sehat dengan olahraga sepeda. Tak jarang, beberapa kegiatan patroli pun ia lakukan dengan bersepeda. Fahmi menyebut gaya hidup sehat dan upaya menjaga kebersihan adalah penangkal paling efektif Virus Corona.

Menurutnya, berolahraga rutin akan meningkatkan imunitas seseorang. "Para aparatur juga mulai membiasakan diri untuk naik sepeda ke kantor. Hal ini merupakan kebiasaan baik yang harus digiatkan," ujar dia.

Menarik kita ulas sepeda yang kerap dipakai Fahmi, yakni Folding Bike Jeep 20 Inch warna hitam. Produk yang menjadi edisi spesial ini memiliki material hi-steel yang dilapisi dengan pengecatan khusus pada setiap frame-nya. Ini menjadikan pamor sepeda tersebut menjadi sangat spesial.

Dikutip dari salah satu situs jual beli, sepeda ini dilengkapi Shimano gear set (shifter, rear derailleur, dan freewheel). Sepeda lipat ini juga dilengkapi dengan original grip dan saddle dari Jeep special edition. Folding Bike Jeep 20 Inch memiliki tiga pilihan warna: merah, hijau, dan hitam. Di situs jual beli tersebut dikatakan harga sepeda ini mencapai Rp 4.256.000.

Hari Sepeda Sedunia diperingati karena bersepeda dipercaya memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa untuk semua kelompok umur. Di tengah Pandemi Covid-19 dan menjelang Hari Lingkungan Hidup Sedunia, penting untuk disebutkan sepeda merupakan moda transportasi yang lebih baik, yaitu terjangkau, ramah lingkungan, dan sehat.

photoWali Kota Sukabumi Achmad Fahmi - (Dokumentasi Pribadi)

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), "Infrastruktur yang aman untuk berjalan kaki dan bersepeda juga merupakan jalur untuk mencapai kesetaraan kesehatan yang lebih besar," katanya.

Sejarah Hari Sepeda Sedunia sendiri bermula ketika Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa mendeklarasikan 3 Juni setiap tahun sebagai Hari Sepeda Sedunia pada April 2018. Dikutip dari laporan Tirto, perjuangan Leszek Sibilski dengan dukungan Turkmenistan dan 56 negara lain untuk mengakui Hari Sepeda Dunia menghasilkan penciptaan dari hari tersebut. 

Banyak kegiatan diadakan di seluruh dunia pada hari ini, termasuk World Cycling Center atau WCC milik UCI di Aigle. Hari Sepeda Sedunia diciptakan untuk menghormati berbagai jenis pengendara sepeda yang ada di seluruh dunia. Sepeda, dan bagaimana ia menjadi milik dan bermanfaat bagi seluruh umat manusia juga diperingati pada hari tersebut.

Sepeda dikenal sederhana, murah, dan dapat diandalkan. Sepeda juga dikenal sebagai moda transportasi yang bermanfaat bagi lingkungan. Selain itu, sepeda tidak hanya membantu individu dalam perjalanan dari satu tempat ke tempat lain, tetapi juga dapat digunakan untuk mengangkut lebih dari sekadar penumpang.

Hari Sepeda Sedunia tidak hanya menghormati sepeda di seluruh dunia, namun juga mendorong negara-negara anggota PBB untuk fokus pada kebijakan dan program yang melibatkan sepeda dalam pembangunan nasional dan sub-nasional. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi24 April 2024, 09:10 WIB

LW Doa Bangsa dan BJB Syariah Palabuhanratu Sukabumi Kolaborasi Majukan Perwakafan

Pertemuan ini membahas rencana nota kesepahaman dan kerja sama.
Pertemuan LW Doa Bangsa dan BJB Syariah di kantor BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 09:00 WIB

Buah Nangka: Nutrisi dan 6 Manfaat Kesehatannya yang Luar Biasa

Meskipun tidak terlalu tinggi kalori atau protein, nangka menawarkan serat, antioksidan, dan beberapa vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.
Ilustrasi - Meskipun tidak terlalu tinggi kalori atau protein, nangka menawarkan serat, antioksidan, dan beberapa vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.  (Sumber : Freepik)
Sehat24 April 2024, 08:00 WIB

7 Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Sebelum menggunakan herbal untuk menurunkan kadar kolesterol, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Sambiloto. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh (Sumber : Instagram/@dyahksi)
Life24 April 2024, 07:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai

Ternyata Ini Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai. Yuk, Simak!
Ilustrasi. Banyak Teman. Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai. (Sumber : Pexels/DivaPlavalaguna)
Food & Travel24 April 2024, 06:00 WIB

Cuma 8 Langkah, Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah

Ternyata Gampang, Cuma 8 Langkah! Begini Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah
Ilustrasi. Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah. Foto: Instagram/sitiakbari33024
Science24 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 April 2024, Siang Hari Seluruh Wilayah Berpotensi Hujan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 24 April 2024.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 24 April 2024. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 01:20 WIB

Disdik Sukabumi Pastikan Ujian Sekolah Tingkat SD dan SMP Berjalan Lancar

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha mengungkapkan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi ujian nasional, sebagai penggantinya ada penilaian sumatif akhir jenjang (PSAJ)
Suasana Ujian Sekolah di SMPN 1 Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat24 April 2024, 00:53 WIB

Empat Pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi Ikuti PKN 2024, Sekda Ade Jadi Mentor

Berikut daftar nama pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi yang ikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Angkatan VI Tahun 2024 di BPSDM Jabar.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman bersama empat pejabat eselon II yang ikuti PKN 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi24 April 2024, 00:06 WIB

17 Aset TPPU Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto di Sukabumi Disita KPK

Belasan asetnya di Sukabumi disita KPK, berikut perjalanan kasus korupsi Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto. Dari tersangka gratifikasi hingga TPPU.
Mantan Kepala Bea dan Cukai Yogyakarta Eko Darmanto saat menjalani pemeriksaan di KPK terkait kasus gratifikasi, Jumat (8/12/2023). (Suara.com/Yaumal)
Entertainment23 April 2024, 22:28 WIB

Positif Konsumsi Ganja, Selebgram Chandrika Chika dan 5 Temannya Ditangkap Polisi

Selebgram Chandrika Chika ditangkap polisi bersama 5 temannya usai terbukti menyalahgunakan narkoba jenis ganja di salah satu hotel.
Sosok selebgram Chandrika Chika. (Sumber Foto: Instagram)