Lestarikan Sungai, H.A Sopyan BHM Tebar 120 ribu Benih Ikan di Desa Cipeuteuy Sukabumi

Kamis 03 Juni 2021, 15:35 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPRD Jawa Barat dapil Kabupaten dan Kota Sukabumi H.A Sopyan BHM melakukan tebar 120 ribu benih ikan atau restocking di sungai yang ada di Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (3/6/2021). 

120 ribu benih ikan jenis Patin telah disebar di Sungai Citamiang-Leuwiwaluh dengan panjang jalur sungai sekitar 9 Km. Lokasi kedua restocking dilaksanakan di Sungai Cipanas sampai Sungai Cipeuteuy, dengan panjang jalur sungai sekitar 5 Km. 

Baca Juga :

Selain restocking di dua lokasi sungai tersebut, sebar benih ikan juga dilakukan di empat bidang sawah milik warga sebagai kegiatan usaha tani gabungan yang memanfaatkan genangan air di lahan yang ditanami padi untuk budidaya ikan atau dikenal dengan nama Minapadi.

Kegiatan restocking ini dihadiri langsung oleh Kepala Desa Cipeuteuy, anggota BPD, pengurus Karang Taruna per dusun, pendamping desa dan para tokoh pemuda.

photoDokumentasi tahun 2020. Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, H.A. Sopyan BHM melakukan pelepasan (restocking) 500.000 ekor ikan ke cekdam dan sungai di beberapa wilayah Kabupaten Sukabumi, diantaranya di Cekdam Bantarsari, Kecamatan Pabuaran, sungai-sungai di Kecamatan Ciracap, Ciemas, Cimanggu dan Kecamatan Cidolog. - (istimewa)</span

Menurut H.A Sopyan kegiatan restocking ini bertujuan untuk memperkaya kembali sumber daya genetik yang ada di sungai-sungai di desa Cipeuteuy, serta sebagai upaya pelestarian sumber daya benih ikan. 

“Restocking ikan ini juga dalam rangka meningkatkan ketersediaan ikan yang dapat ditangkap oleh masyarakat yang tinggal di sekitar sungai. Sedangkan dengan Minapadi, selain petani menjalankan Pengendalian Hama Terpadu (PHT), mereka juga dapat memanen hasil ganda, yakni padi dan ikan,” terang H.A Sopyan kepada sukabumiupdate.com setelah acara.

"Sebagai orang yang lahir di desa, saya ingin sekali ekosistem sungai kita tetap terjaga, sehingga generasi kedepan masih bisa menikmati manfaat dari ikan-ikan yang ada di sungai kita," imbuhnya.

Pemerintah Desa Cipeuteuy mengapresiasi upaya yang dilakukan H.A Sopyan yang telah menebar benih ikan di desanya.  Sekretaris Desa Cipeuteuy, Asep Dian Suryana mengatakan restocking ini sangat bermanfaat untuk pelestarian berbagai ekosistem sungai-sungai yang ada di desanya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pa haji Sopyan, anggota dewan dari Partai Gerindra yang telah memfasilitasi kami mengakses Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat melalui kegiatan restocking ini,” ujar pria yang akrab disapa Unen ini.

“Mudah-mudahan upaya pa haji Sopyan ini bisa terus bermanfaat dan dapat dilestarikan oleh masyarakat kami,” tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life20 Mei 2024, 12:15 WIB

5 Tata Krama yang Perlu Diajarkan pada Anak agar Menjadi Orang Baik saat Dewasa

Tata Krama sejatinya persoalan dasar yang mesti diajarkan kepada anak sejak kecil. Dalam hal ini, orang tua sudah harus mengajarinya agar terbiasa saat dewasa
Ilustrasi - Tata Krama yang harus diajarkan orang tua kepada anak sejak kecil (Sumber : Pexels.com/@Ketutsubiyanto)
Bola20 Mei 2024, 12:00 WIB

Jadwal Lengkap Final Championship Series, Persib Bandung Main Kandang Lebih Dulu

Persib Bandung akan memainkan laga kandang lebih dulu di Final Championship Series.
Persib Bandung akan memainkan laga kandang lebih dulu di Final Championship Series. (Sumber : x/@MaduraUnitedFC/@persib).
Life20 Mei 2024, 11:45 WIB

6 Alasan Kenapa Orang Tua Tak Boleh Memanjakan Anak, Ini Dampaknya

Memanjakan anak adalah pola asuh yang sebaiknya dihindari oleh orang tua. Ini akan membahayakan bagi perkembangan psikologis dan karakter anak ketika dewasa nanti
Alasan Memanjakan Anak Tidak Disarankan kepada Orang Tua (Sumber : Pexels.com/@kampusproduction)
Internasional20 Mei 2024, 11:44 WIB

Presiden Iran Ebrahim Raisi Meninggal dalam Kecelakaan Helikopter

Kementerian Luar Negeri RI belum memberikan pernyataan atas kejadian ini.
Presiden Iran Ebrahim Raisi dikabarkan meninggal dalam kecelakaan helikopter. | Foto: Istimewa
Kecantikan20 Mei 2024, 11:30 WIB

10 Cara Alami Mengurangi Flek Hitam di Wajah dengan Cepat, Gampang Banget!

Selalu gunakan sunscreen dengan SPF tinggi untuk melindungi kulit dari sinar UV yang dapat memperburuk flek hitam.
Ilustrasi. Cara Alami Mengurangi Flek Hitam di Wajah dengan Cepat (Sumber : Pexels/RonLach)
Life20 Mei 2024, 11:15 WIB

6 Perlakukan Orang Tua yang Merusak Kejiwaan dan Mental Anak, Yuk Hindari!

Orang tua sesungguhnya perlu menghindari perlakukan buruk di hadapan anaknya. Sebab dampaknya berbahaya bagi perkembangan si kecil
Ilustrasi Perlakuan orang tua yang tidak boleh dilakukan kepada anak-anaknya (Sumber : Pexels.com/@augustderichelieu)
Nasional20 Mei 2024, 11:06 WIB

Tidak Semua! Daftar 19 Operasi yang Ditanggung BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan tidak menanggung semua jenis penyakit, termasuk operasi.
(Foto Ilustrasi) Berdasarkan Permenkes Nomor 28 Tahun 2014, hanya beberapa operasi yang ditanggung BPJS Kesehatan. | Foto: Freepik
Life20 Mei 2024, 11:00 WIB

10 Karakter yang Membuat Wanita Cantik dari Dalam, Apa Kamu Memilikinya?

Kerendahan hati menunjukkan bahwa seseorang tidak sombong atau terlalu bangga akan dirinya. Sikap ini membuat orang lebih mudah didekati dan disukai.
Ilustrasi - Karakter yang Membuat Wanita Cantik dari Dalam. (Sumber : Pexels/TuấnKiệtJr.)
Sukabumi20 Mei 2024, 10:33 WIB

Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Kota Sukabumi: Semangat Menuju Indonesia Emas 2045

Hari Kebangkitan Nasional merupakan momen untuk mengenang perjuangan para pendiri bangsa dan membangkitkan semangat untuk melanjutkan cita-cita mereka.
Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-116 di Lapang Apel Setda Kota Sukabumi, Senin (20/5/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Life20 Mei 2024, 10:30 WIB

5 Kebiasaan Buruk Perusak Ketenangan Batin yang Harus Dihindari Setiap Hari

Kebiasaan tertentu buruk yang tanpa disadari sering dilakukan dapat merusak ketenangan batin seseorang. Makanya, perlu hati-hati dalam melakukan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari
Ilustrasi seseorang yang hidupnya tidak tenang karena memiliki kebiasaan buruk dalam kehidupan sehari-hari (Sumber : Pexels.com/@anthonishkrabaproduction