Kandidat Ketua KNPI Kota Sukabumi Blak-blakan Soal Deadlock-nya Musda Lanjutan

Rabu 02 Juni 2021, 14:35 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Musyawarah Daerah ke-XV Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia atau Musda ke-XV DPD KNPI Kota Sukabumi kembali digelar pada Selasa, 1 Juni 2021 di Markas Komando Distrik Militer 0607 Sukabumi. Sebelumnya, 21 April 2021, Musda ke-XV ini ditunda karena berakhir deadlock.

Sama seperti pelaksanaan sebelumnya, Musda lanjutan pada Selasa kemarin pun kembali berakhir deadlock. Sidang yang dipimpin Muhamad Lili yang juga Wakil Ketua DPD KNPI Jawa Barat ini kembali dihentikan sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Situasi ini mendapat penjelasan Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi yang baru saja demisioner dalam Musda tersebut, Mellan Maulana Suryadiraksa. Kepada sukabumiupdate.com ia mengatakan Musda lanjutan dihadiri 106 organisasi kemasyarakatan pemuda atau OKP dan Dewan Pengurus Kecamatan atau DPK KNPI di Kota Sukabumi yang memiliki suara sah.

Dua kandidat -- Nurul Jaman Hadi atau Haji Aun dan Gilang Gusmana -- pun hadir dalam Musda lanjutan yang memasuki sidang pleno IV. Mellan menyebut mekanisme persidangan berjalan sesuai tata tertib yang ada, hingga Steering Committee menyampaikan laporan atas ketidaklengkapan berkas persyaratan salah satu kandidat: Haji Aun.

"Jadi dianggap tidak konstitusionalnya mandat dari DPK KNPI Baros dan sampai kemarin belum dilengkapi dan dianggap tidak sah," kata Mellan. "Maka Steering Committee memutuskan bahwa sesuai Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga atau AD/ART dan verifikasi berkas pendaftaran, hanya ada satu kandidat yang bisa melanjutkan ke sidang selanjutnya," tambah dia.

Maka saat itu, sambung Mellan, pimpinan sidang akan membacakan ketetapan kandidat yang lolos menjadi satu orang, yakni Gilang Gusmana. Namun sebelum ketetapan itu dibacakan, Mellan menyebut pihak Haji Aun menolak keputusan dengan argumentasi rekomendasi DPK KNPI Baros sah.

"Pihak Haji Aun beranggapan SC tidak netral dan pimpinan sidang dari DPD KNPI Jawa Barat mengambil keputusan tanpa mengembalikan pandangan kepada pserta Musda yang merupakan hak untuk memberikan pandangan," ujarnya. "Sidang pleno IV terpaksa ditunda dengan batas waktu yang tidak ditentukan."

Baca Juga :

Musda Lanjutan KNPI Kota Sukabumi Kembali Deadlock, Ditunda Lagi?

Kedua kandidat pun blak-blakan soal kondisi Musda ke-XV DPD KNPI Kota Sukabumi. Gilang Gusmana mengaku dirinya mengikuti hasil keputusan Musda dan menyerahkan segala keputusan tersebut melalui mekanisme organisasi.

"Saya berharap dengan keputusan tersebut organisasi kepemudaan bisa menerima demi menjaga marwah organisasi KNPI," katanya. Gilang juga menanggapi ihwal adanya kericuhan dalam Musda lanjutan itu. "Sedikit saya menyikapi terkait kericuhan tadi, saya sangat menyesalkan hal itu karena pada prinsipnya kedua belah pihak sudah bersepakat apa yang akan menjadi ketetapan," kata dia.

Selepas Musda lanjutan, beredar video pendek berisi narasi yang menyatakan Gilang Gusmana terpilih sebagai Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi periode 2021-2024. "Untuk video itu memang saya kira benar apa yang dikatakan para pimpinan OKP, karena Musda ini sudah jelas bahwa bakal calon yang lolos verifikasi hanya satu," kata Gilang menjelaskan.

"Jadi sangat rasional dan masuk akal ketika kawan-kawan OKP menyatakan kemenangan itu. Tinggal kita ikuti tahapan selanjutnya saja, yaitu penetapan calon ketua tunggal dan penetapan ketua terpilih," tambah dia.

Dihubungi terpisah, kandidat lain, Haji Aun menyayangkan soal ditundanya Musda lanjutan tersebut hingga batas waktu yang belum ditentukan. Ia menilai Musda lanjutan merupakan forum tertinggi bagi para OKP dalam menyampaikan aspirasi atau dukungan suaranya.

"Steering Committee memutuskan calon itu hanya ada satu, padahal calon ada dua (sesuai berita acara yang dikeluarkan Steering Committee)," kata Haji Aun menanggapi keputusan Steering Committee. "Seharusnya pimpinan sidang tetap harus dilemparkan pendapatnya ke peserta Musda, ini kan forum musyawarah," tambah dia.

Haji Aun juga meminta kepada Pemerintah Kota Sukabumi untuk hadir dan memberi solusi ihwal permasalahan di Musda ke-XV DPD KNPI Kota Sukabumi. "Kalau memang kalah, ya kalahlah dengan kesatria. Dan kalau memang menang, ya menanglah secara sehat," ujarnya.

"Demokrasi harus dijunjung tinggi. Tidak perlu menjegal rekomendasi dan membungkam suara organisasi," kata Haji Aun mengakhiri.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi Memilih27 April 2024, 10:15 WIB

Dapat Dukungan dari Marwan, Asjap Percaya Diri Maju di Pilkada Sukabumi

Asjap mengaku bahagia dan percaya diri atas kepercayaan yang didapatnya.
Asjap setelah acara deklarasi koalisi di Grand Sulanjana, Jalan Salabintana, Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, Jumat, 26 April 2024. | Foto: SU/Asep Awaludin
Life27 April 2024, 10:00 WIB

9 Alasan Mengapa Semakin Dewasa Kamu Pasti Merasa Kesepian

Ada beberapa alasan yang menunjukan seseorang mengalami kesepian dalam hidupnya.
Ilustrasi - Ada beberapa alasan yang menunjukan seseorang mengalami kesepian dalam hidupnya. (Sumber : pexels.com/mikoto.raw Photographer).
Life27 April 2024, 09:30 WIB

5 Manfaat Bangun Subuh Bagi Mental dan Fisik, Nomor 3 Bisa Anda Rasakan Sendiri

Secara umum, bangun subuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan spiritual.
Secara umum, bangun subuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan spiritual.| Sumber: Freepik.com (jcomp)
Sehat27 April 2024, 09:00 WIB

Cara Membuat Teh Serai yang Kaya Antioksidan untuk Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.
Ilustrasi - Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Sehat27 April 2024, 08:45 WIB

5 Manfaat Kesehatan Teh Hijau untuk Program Diet yang Jarang Diketahui

Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan.
Ilustrasi - Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan. (Sumber : Pixabay.com/arum33).
Inspirasi27 April 2024, 08:12 WIB

LW Doa Bangsa Sosialisasikan Wakaf dalam Acara Temu Rembug PPPH Kabupaten Kuningan

Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan
Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan (Sumber : Istimewa).
Sehat27 April 2024, 08:00 WIB

6 Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak

Berikut Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Mendukung Kecerdasan Anak. Ayah Bunda Yuk Simak!
Frittata, Olahan Telur. Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak (Sumber : via tastyfitnessrecipes)
Life27 April 2024, 07:00 WIB

Lakukan Sekarang! 7 Kebiasaan Positif di Pagi Hari yang Akan Membentukmu Menjadi Orang Sukses

Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.
Ilustrasi. Membaca Buku | Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.(Sumber : pixabay.com/@455992)
Inspirasi27 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 April 2024, Yuk Cek Dulu Sebelum Jalan-jalan di Akhir Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin