Menang Balapan di Mugello, Quartararo: Ini untuk Jason Dupasquier

Senin 31 Mei 2021, 09:11 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pembalap tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo memenangkan MotoGP Italia, Minggu (30/5/2021) di saat duka menyelimuti Sirkuit Mugello menyusul kematian pembalap 19 tahun asal Swiss, Jason Dupasquier. Jason meninggal dunia pasca kecelakaan pada babak kualifikasi Moto3, Sabtu (29/5/2021).

Setelah memenangi balapan, Quartararo mengibarkan bendera Swiss di podium untuk menghormati Dupasquier yang karier menjanjikannya harus terhenti di usia muda dengan cara yang tragis. "Ini untuk Jason," kata Quartararo seperti dilansir AFP.

Dupasquier, yang menjalani musim keduanya di kelas Moto3, terjatuh ketika melaju di Tikungan 9 dan 10 Sirkuit Mugello hingga tertabrak sedikitnya oleh satu motor, sebelum terseret di sepanjang trek sehingga menyebabkan bendera merah dikibarkan yang menunda sesi.

Kendaraan petugas medis dari FIM langsung dikerahkan di lokasi kecelakaan untuk menangani Dupasquier sebelum sang pembalap diterbangkan ke rumah sakit Careggi di Florence.

Dan hari ini, setelah balapan di kelas Moto3, akhirnya pihak rumah sakit mengumumkan Dupasquier meninggal dunia setelah mengalami cedera di otaknya dan menjalani operasi di bagian dada pada Sabtu malam.

"FIM, IRTA, MSMA, dan Dorna Sports mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga, teman, tim, dan orang-orang yang dicintai Dupasquier," demikian pernyataan di laman resmi MotoGP.

Tim Dupasquier, Pruestel GP, telah menarik diri dari balapan dan Tom Luthi, pembalap Swiss kelas Moto2, juga memutuskan absen untuk menemani keluarga Dupasquier di rumah sakit.

Pembalap Jepang Ayumu Sasaki dan pembalap Spanyol Jeremy Alcoba menjadi dua pembalap lain yang terlibat di kecelakaan dengan Dupasquier, meski keduanya lolos dari cedera serius.

Quartararo pun mengaku selalu teringat Dupasquier ketika menjalani balapan MotoGP di Mugello hari ini. "Ini hari yang aneh, penuh dengan emosi, setiap kali saya melewati Tikungan 9 saya memikirkan Jason," kata sang pembalap Prancis.

"Bukan perasaan yang enak, Anda meraih kemenangan tetapi kita kehilangan salah satu teman kita," tukasnya.

Quartararo melintasi finish dengan jarak 2,5 detik dari pebalap Portugal Miguel Oliveira yang meraih podium pertama baginya dan KTM musim ini, sedangkan juara dunia bertahan Joan Mir melengkapi podium.

Balapan seri keenam dari MotoGP 2021 itu diawali dengan hening selama satu menit untuk menghormati mendiang Dupasquier, yang terlibat kecelakaan fatal pertama kalinya dalam olahraga balap motor tersebut setelah kematian Luis Salom di sesi latihan Moto2 MotoGP Katalunya pada 2016.

Quartararo tampil dominan sepanjang akhir pekan dengan memecahkan rekor lap Mugello untuk mengklaim pole position keempat secara beruntun musim ini, dan menerjemahkannya menjadi kemenangan ketiganya di MotoGP musim ini.

Dengan kemenangan hari ini, sang pembalap Yamaha melebarkan jaraknya sebagai pemuncak klasemen dengan koleksi 105 poin dengan margin 24 poin dari Johan Zarco, yang naik ke peringkat dua menggeser Francesco Bagnaia dengan selisih dua poin. 

Sumber: SUARA.COM

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life16 April 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Urusan Dipermudah Allah SWT, Yuk Amalkan Insya Allah Lancar

Baca doa ini Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusaan.
Baca doa ini Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusaan. | Sumber: Freepik.com (wayhomestudio)
Sukabumi16 April 2024, 17:49 WIB

Dirut RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi Resmi Mengundurkan Diri, Ini Alasannya

Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji kemudian menunjuk Kadinkes sebagai Plt Dirut RSUD R Syamsudin SH pengganti Donny Sulifan yang mundur.
Dirut RSUD R Syamsudin SH, dr Donny Sulifan mundur dari jabatannya. (Sumber Foto: Istimewa)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 17:40 WIB

Calon Bupati Sukabumi Iyos Somantri Resmi Mendaftar ke Partai Demokrat

Iyos Somantri secara resmi mendaftar melalui Partai Demokrat. Berkas formulir pendaftaran diserahkan hari ini, Selasa (16/4/2024), di Palabuhanratu.
Iyos Somntri saat penyerahan berkas formulir pendaftaran calon Bupati Sukabumi ke DPC Partai Demokrat | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 17:30 WIB

5 Bahan Herbal yang Ampuh Menurunkan Kadar Gula Darah Menjadi Normal Kembali

Beberapa bahan herbal diklaim mampu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi Teh Rosemary- Beberapa bahan herbal diklaim mampu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Musik16 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Ai Doel Sumbang yang Viral di TikTok: Kabedil Ku Jangjawokan

Inilah Lirik Lagu Ai Doel Sumbang yang Viral di TikTok: "Ayeuna Asép siga nu kabedil ku jangjawokan, Kapanah ku kinasihan, lieur ku Ai"
Lirik Lagu Ai Doel Sumbang yang Viral di TikTok: Kabedil Ku Jangjawokan. (Sumber : Youtube/@GPMusikpedia)
Sukabumi16 April 2024, 16:58 WIB

Hari Pertama Masuk Kerja, Pemkab Sukabumi Gelar Apel Pagi Dirangkaikan Halal Bihalal

Apel perdana pasca libur lebaran idul fitri 1445 H dirangkaikan halal bihalal ini diikuti oleh Ratusan ASN Pemkab Sukabumi.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Wabup Iyos Somantri saat halal bihalal di hari pertama masuk kerja. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi16 April 2024, 16:06 WIB

Pengakuan Sopir Ambulans yang Dihentikan Polisi di GT Parungkuda Sukabumi

Berikut pengakuan sopir ambulans yang dihentikan polisi di simpang GT Parungkuda Sukabumi usai dilaporkan ugal-ugalan saat one way.
Ambulans yang dicegat polisi di GT Parungkuda Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola16 April 2024, 16:00 WIB

PSM Makassar vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Susunan Pemain dan Prediksi Skor

PSM Makassar vs PSIS Semarang akan tersaji malam ini mulai pukul 19.00 WIB.
PSM Makassar vs PSIS Semarang akan tersaji malam ini mulai pukul 19.00 WIB. (Sumber : X@PSM_Makassar/@psisfcofficial).
Sehat16 April 2024, 15:30 WIB

6 Air Rebusan yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah

Berikut Beberapa Rekomendasi Air Rebusan yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah. Bisa Dibuat Sendiri di Rumah!
Ilustrasi. Rekomendasi Air Rebusan yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah. (Sumber : Pexels/Teejay)
Sukabumi16 April 2024, 15:24 WIB

Rata dengan Tanah, Tiga Rumah Habis Kebakaran di Gegerbitung Sukabumi

Api diduga muncul di atap rumah semi permanen milik Mak Ijah (74 tahun).
Petugas saat memadamkan kebakaran rumah di Kampung Gegerbitung RT 04/01 Desa/Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi, Selasa (16/4/2024). | Foto: P2BK Gegerbitung