Cara Menghilangkan Iklan di Komputer

Sabtu 29 Mei 2021, 08:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tahukah Anda bagaimana cara menghilangkan iklan di komputer? Ada berbagai macam cara untuk membuat Anda nyaman berselancar di internet menggunakan komputer tanpa diganggu oleh iklan. 

Setiap orang pasti pernah merasa jengkel ketika melakukan aktivitas berselancar di internet, lalu mendapat gangguan dari iklan yang muncul di layar monitor. 

Iklan yang muncul di layar komputer saat berselancar di internet adalah salah satu bentuk atau produk kegiatan perdagangan yang dilakukan pedagang untuk menawarkan berbagai jenis barang maupun jasa secara digital.

Baca Juga :

Iklan yang muncul tersebut memiliki banyak macam jenisnya serta merambah ke para pengguna komputer.

Sejarah Iklan di Internet

photoBerbagai iklan yang muncul di internet - (techcrunch.com)</span

Kegiatan beriklan di internet pertama kali dilakukan melalui surat elektronik atau email di tahun 1978 silam. 

Hingga saat ini perkembangan iklan di internet sangatlah pesat, sehingga banyak sekali ragam iklan yang bisa Anda temui di berbagai platform. 

Seiring bertambahnya pengguna internet, membuat para pengiklan melakukan berbagai inovasi jenis iklan yang ditawarkan kepada para pengguna, seperti iklan banner, pop up, iklan sela dan juga link. 

Baca Juga :

Jenis Iklan di Internet

  • Iklan Banner

photoIklan Banner - (Pinterest)</span

Spanduk atau banner pada iklan internet biasanya terdapat pada header (bagian atas), sidebar (bagian sisi) maupun footer (bagian bawah) sebuah website atau blog, sehingga menarik perhatian pengunjung untuk melakukan klik. 

Iklan banner tentu saja memiliki tujuan untuk menarik perhatian para pengguna internet agar mau membuka iklan tersebut dan akhirnya menciptakan kesadaran atau pengenalan terhadap suatu produk dengan tujuan untuk pemasaran.

  • Iklan Pop-Up

photoIklan Pop-Up - (techcrunch.com)</span

Iklan Pop-Up yang muncul tersebut ada beragam jenisnya, ada yang bisa hilang dengan sekali klik pada tombol yang berbentuk 'X' di bar iklan, serta ada iklan Pop-Up yang muncul dengan tampilan besar dan tak jarang menutupi layar secara keseluruhan. 

Ada juga bentuk iklan Pop-Up yang berulang kali muncul di laman pencarian saat Anda menggunakan search engine ataupun sosial media.

  • Iklan Sela

photoIklan sela di Youtube - (youtube.com)</span

Iklan sela sering muncul saat Anda sedang mengunjungi website tertentu atau saat sedang melakukan streaming video dan audio seperti di platform Youtube dan Spotify.

  • Iklan Link

photoIklan link - (techcrunch.com)</span

Iklan link adalah model iklan dengan cara menempelkan link atau situs web pada platform tertentu, sehingga memudahkan seseorang yang tengah membuka platform untuk mengklik situs atau link yang dimaskud. 

Iklan link dapat berupa feature atau ikon yang akan menghubungkan seseorang dengan sumber informasi suatu produk atau barang dan jasa. 

Awal Mula Masalah Iklan di Internet

photo(Ilustrasi) Masalah munculnya iklan mengganggu di internet - (kaspersky.com)</span

Kemunculan iklan di internet tersebut ternyata memiliki dampak negatif hingga membuat komputer yang Anda gunakan mengalami masalah atau gangguan. 

Salah satunya adalah serangan malware. Malware merupakan singkatan dari Malicious Software, Malware adalah istilah yang dibuat untuk menjelaskan sebuah program atau kode tertentu yang diciptakan untuk membahayakan bahkan menghancurkan sistem keamanan komputer Anda. 

Malware sendiri terdiri dari virus, trojan dan worm yang keberadaannya jika masuk ke dalam komputer Anda, sehingga akan mengganggu kinerja komputer itu sendiri. 

Masalah yang timbul karena malware ini tidak hanya dari aspek software (perangkat lunak, red) dan hardware (perangkat keras, red) saja, namun ancaman pencurian data serta pembajakan fungsi dalam komputer bisa terjadi akibat adanya malware di dalam komputer. 

Malware yang sudah masuk ke dalam perangkat komputer bisa merusak melalui internet, email, halaman situs web maupun program yang sudah terinstal dalam komputer yang terkena infeksi.

Setelah komputer terinfeksi malware, dampak yang terjadi sangatlah beragam, seperti gangguan iklan yang muncul secara tiba-tiba hingga sangat sulit untuk dihapus.

Jenis gangguan tersebut sering dinamakan Adware. Adware merupakan virus yang sulit dihapus dan membutuhkan tools sendiri untuk bisa menghilangkannya. 

Untuk mengetahui komputer Anda sudah terkena serangan virus adware adalah salah satunya dengan cara Anda bisa melakukan browsing pada internet, lalu jika muncul iklan secara terus menerus dan seolah-olah iklan tersebut tidak bisa dihilangkan, walaupun Anda sudah mengklik tanda 'X' atau scrolling agar iklan hilang. 

Cara Menghilangkan Iklan di Komputer

1. Ubah Setelan Browser

Cara termudah untuk sebagian orang dalam melakukan penghilangan iklan saat berselancar di internet adalah dengan mengubah setelan browser. Setelan browser sendiri memiliki berbagai macam perbedaan tergantung pada jenis browser yang digunakan. 

  • Google Chrome

photoCara menghapus iklan di browser Chrome - (techcrunch.com)</span

Untuk menghilangkan iklan pada laman web Chrome adalah yang pertama silahkan buka Chrome, lalu pada bagian kanan atas, klik "Lainnya" lalu klik "Setelan".

Di bagian "Privasi dan keamanan", klik "Setelan situs", lalu klik Pop-up dan pengalihan.

Selanjutnya di bagian atas, ubah setelan menjadi Diizinkan atau Diblokir.

  • Mozilla Firefox

photoCara menghapus iklan di browser Mozilla - (techcrunch.com)</span

Sama halnya dengan cara membuang pop-up pada laman Chrome, membuang iklan pada Mozilla Firefox juga perlu dilakukan beberapa langkah.

Yang pertama, setelah memasuki halaman Mozilla Firefox, Anda langsung klik daftar menu yang terdapat di pojok kanan atas, kemudian klik "option", setelah bar option terbuka klik "tab content, kemudian centang pilihan “Block pop-up windows” untuk memblokir pop-up.

  • Opera

photoCara menghapus iklan di browser Opera - (techcrunch.com)</span

Untuk web browser Opera, pengguna akan dibuat mudah karena telah memiliki fitur add blocker yang dapat diaktifkan di bagian settings. 

Cara mengaktifkan fitur add blocker untuk situs tertentu dapat dilakukan dengan mengklik ikon perisai pada address bar lalu nyalakan tombolnya. 

Setelah itu Anda akan menemukan tampilan statistik tentang berapa banyak iklan yang telah diblokir secara keseluruhan.

  • Safari

photoCara menghapus iklan di browser Safari - (techcrunch.com)</span

Dalam pemblokiran iklan pop-up di laman browser Safari, Anda harus memastikan bahwa pengaturan dan preferensi keamanan sudah diperiksa. 

Kemudian untuk blokir Pop-up (untuk jendela pop-up) dan Peringatan Situs Web Palsu, telah dinyalakan. 

Pada Mac Anda, dapat mengklik pilihan safari kemudian klik "preferensi", Lalu Tab Situs Web akan menyertakan pilihan untuk memblokir sebagian atau semua jendela pop-up dan Anda dapat menyalakan peringatan situs palsu di tab "Keamanan".

  • Microsoft Edge

photoCara menghapus iklan di browser Edge - (techcrunch.com)</span

Tidak jauh berbeda dengan situs web lain, pengaturan Microsoft Edge juga terbilang mudah, masuk ke "Pengaturan" dan pengaturan, lalu masuk ke "Izin situs", Kemudian Pilih Pop-up dan alihkan, lalu Pindahkan tombol Blokir ke Aktif.

2. Uninstall Aplikasi Mencurigakan

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika iklan bermunculan tiba-pada layar komputer Anda adalah dengan meng-uninstall aplikasi yang dianggap mencurigakan. 

Saat Anda menginstal satu aplikasi baru, kemudian terjadi perubahan pada komputer Anda dengan munculnya banyak iklan, maka segera lakukan penghapusan atau uninstall aplikasi tersebut. 

  • Gunakan Tools atau Antivirus 

photoPerbedaan Antivirus dan Antimalware - (techcrunch.com)</span

Lakukan scanning menggunakan software Antivirus atau Anti Malware yang dapat memindai komputer Anda. 

Virus bisa memasuki komputer Anda dengan berbagai jalan, misalnya saat Anda melakukan browsing, saat memasukan flashdisk ke komputer atau perangkat dan aplikasi yang digunakan memiliki virus yang akhirnya menyebar pada komputer Anda. 

Gunakan Antivirus yang sesuai untuk menghalau segala macam gangguan virus tersebut. Sejumlah sistem operasi zaman sekarang sudah menyediakan program Antivirus bawaan yang dapat Anda gunakan, seperti pada Windows ada fitur Windows Defender.

  • Hapus File Temporary

photoCara menghapus file bekas browsing di internet di folder temporary - (techcrunch.com)</span

Di dalam komputer Anda terdapat file temporary, file tersebut berisi kumpulan data yang tersimpan secara otomatis saat menggunakan perangkat. 

Fungsi file temporary adalah untuk menyimpan data iklan pada aplikasi secara otomatis. Cara menghapus file tersebut terbilang mudah, Anda hanya perlu klik tombol windows + R lalu ketik temp, akan muncul file dan folder yang di halaman lalu klik delete dan restart komputer Anda.

  • Gunakan Pluggin atau Add-Ons

photoBerbagai Add Ons browser yang dapat memblokir konten iklan di website - (techcrunch.com)</span

Memasang pluggin atau add-ons memang akan menguntungkan bagi pengguna, karena akan terbebas dari iklan yang mengganggu. 

Dengan tidak adanya iklan yang mengganggu, maka Anda akan fokus melakukan pencarian atau bahkan pekerjaan yang berhubungan dengan menggunakan internet. 

Ada beberapa macam pluggin dan add-ons yang bisa Anda gunakan untuk membantu menghilangkan iklan pada laman pencarian. Seperti pada browser Chrome, Anda tinggal mencari aplikasi Add Blocker Add Ons, install extensi tersebut dan otomatis tidak akan ada iklan yang mengganggu lagi saat Anda berselancar di internet. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 00:04 WIB

Ditutup 25 April, DPC Demokrat Jaring 7 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi

Tercatat sebanayk tujuh orang yang menyatakan akan maju menjadi calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan maju melalui partai demokrat
Bambang Topan Firmasyah bakal calon wakil Bupati di Pilkada 2024 saat mendaftar di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 23:27 WIB

Dinas PU Perbaiki Titik Kerusakan di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan rusak yang sempat menjadi keluhan warga di ruas Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.
Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi perbaiki jalan Jendral Ahmad Yani di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 22:55 WIB

Pelaksanaan PSAJ Tingkat SMP di Kabupaten Sukabumi Diikuti 25.576 Siswa

Pelaksanaan ujian sekolah kini berganti nama menjadi Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ).
Siswa SMPN 1 Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi saat mengikuti Penilauan Sumatif Akhir Jenjang atau PSAJ | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 April 2024, 22:03 WIB

Pengelola Parkir Pasar Surade Sukabumi Anggap Keluhan Pengunjung Bahan Evaluasi

Pengelola parkir di Pasar Surade Kabupaten Sukabumi memberikan tanggapan terkait keluhan pengunjung soal tata cara memungut uang parkir yang dilakukan oleh petugas.
Kondisi pasar Surade Sukabumi pada, Rabu (24/4/2025) | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi24 April 2024, 21:13 WIB

Pria Paruh Baya Tewas Tergantung di Bojonggenteng Sukabumi Tinggalkan Secarik Surat

Belum diketahui motif bunuh diri yang dilakukan pria paruh baya di Bojonggenteng Sukabumi tersebut.
(Foto Ilustrasi) Pria paruh baya ditemukan tewas tergantung di Bojonggenteng Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 21:00 WIB

Kaya Vitamin C, Inilah 10 Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan

Jeruk Bali mengandung vitamin C yang tinggi, yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu penyembuhan luka, dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan. Foto: Instagram/@uyah_oyok
Life24 April 2024, 20:40 WIB

Mengejutkan, Ini 10 Alasan Mengapa Anak Berperilaku Buruk dan Cara Menanganinya

Anak-anak umumnya akan menunjukkan perasaan dan keinginan mereka dalam bentuk perilaku yang belum mampu diutarakan dengan beberapa alasan yang mengejutkan.
Ilustrasi anak berperilaku buruk. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 20:30 WIB

Bupati Sukabumi Antarkan 150 Penerima Beasiswa Bupati Tahun 2024 ke Universitas Nusa Putra

Sebanyak 150 penerima beasiswa Bupati Sukabumi tahun 2024 di Universitas Nusa Putra tersebut merupakan hasil seleksi dari ribuan peserta.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Civitas Akademika Universitas Nusa Putra dan 150 penerima beasiswa tahun 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat24 April 2024, 20:30 WIB

7 Cara Sehat dengan Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Gula Darah

Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda.
Ilustrasi - Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda. (Sumber : Freepik/freepik)