10 Games PC yang Tak Lekang oleh Waktu

Rabu 26 Mei 2021, 18:42 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Berbagai Games PC yang diciptakan sejumlah developer berhasil meninggalkan kenangan manis tersendiri bagi para pemainnya. Banyak orang yang tetap memainkan Games PC tertentu di saat senggang, meskipun di zaman sekarang banyak sekali game-game bermunculan dengan teknologi yang lebih canggih, baik dari segi visual maupun aspek penggunaanya yang lebih fleksibel seperti game mobile atau online. 

Dari 10 Games PC yang diulas kali ini, sebetulnya masih banyak game-game PC lainnya yang memiliki keunikan sehingga mampu bertahan sampai dengan saat ini di tengah trendnya game mobile dan online. Bahkan, game-game PC tersebut memiliki komunitas atau fanbase tersendiri yang aktif sampai dengan saat ini.

Selain itu, game-game yang tak lekang oleh waktu ini bukanlah game-game kelas high-end (game berat, red) yang menuntut Anda harus memiliki spesifikasi komputer tertentu, sehingga Anda masih dapat menjalankannya di berbagai versi komputer sejak era 90-an hingga komputer game zaman sekarang.

Baca Juga :

1. Zuma Deluxe

photoScreenshot game Zuma Deluxe - (Pinterest)</span

Games Zuma Deluxe dirilis pada Desember 2003 oleh Oberon Media kemudian dipublikasikan oleh PopCap Games. Model permainan games zuma terbilang sangat sederhana, Anda akan berperan sebagai seekor kodok yang bertugas menembakan bola warna-warni. 

Bola-bola tersebut harus ditembakan sesuai dengan kelompok warnanya sampai bola warna tersebut menghilang hingga permainan berakhir dan Anda akan mendapatkan poin. 

Selain itu, yang menjadikan game ini sangat menarik adalah Anda harus berpacu dengan waktu untuk segera menembakan bola warna-warni yang bergerak secara perlahan sebelum mendekati lubang yang akan menelan semua bola itu jika Anda terlambat menembakan bola yang warnanya sama. 

Memainkan Zuma Deluxe akan membuat siapa saja yang memainkannya merasakan candu, sebab dalam permainan tersebut terdapat level-level lanjutan yang membuat Anda semakin tertantang dan penasaran. 

2. Feeding Frenzy

photoScreenshoot game Feeding Frenzy - (Pinterest)</span

Feeding Frenzy adalah salah satu game PC yang legendaris, diproduksi oleh Sprout Games dan dipublikasikan oleh PopCap Games pada Februari 2004.

Dalam game ini, Anda akan memasuki permainan dengan latar belakang bawah laut dan berperan menjadi seekor ikan kecil yang kelaparan sehingga Anda harus memangsa berbagai jenis ikan hingga bobot tubuhnya membesar seiring dengan naiknya level. 

Game ini menuntut Anda memainkannya dengan teliti dan waspada. Sebab banyak rintangan yang akan Anda temui seperti ranjau yang bertebaran atau bahkan ikan beracun yang membuat Anda akan mati jika tak sengaja memakannya. 

Selain itu, permainan ini juga memberikan edukasi tentang berbagai jenis ikan-ikan yang ada di bawah laut, mulai dari ikan-ikan berukuran kecil seperti ikan dori, ikan badut, ikan buntal hingga predator laut yang berukuran besar seperti Hiu digambarkan dengan sangat menarik dalam permainan ini. 

Selain memakan ikan, Anda juga dapat mendapatkan item-item berharga dengan cara memakan mutiara yang ada di dalam kerang atau sejumlah gelembung berisikan poin plus jika Anda memakannya.

3. Diner Dash

photoScreenshoot game Diner Dash - (Pinterest)</span

Diner Dash diproduksi oleh Game Lab pada Desember 2004 untuk PC, kemudian pada Mei 2007 diluncurkan untuk konsol Nintendo. 

Dalam game ini, Anda akan bermain peran sebagai seorang gadis remaja pemilik restoran bernama Flo. Selain menjadi pemilik restoran, Flo juga berperan sebagai pelayan yang harus gesit melayani tamu yang datang meminta berbagai menu yang tersedia di restorannya. 

Menjadi seorang pemilik dan pengelola restoran memang bukan pekerjaan mudah, Anda sebagai Flo dituntut untuk memiliki sifat yang cepat tanggap serta gesit melayani pelanggan. 

Flo harus siap menghadapi pelanggan yang datang dengan berbagai karakter, jika pelayanan yang diberikan tidak memuaskan, maka restoran Anda akan mendapatkan reputasi yang buruk sehingga berdampak pada pengurangan poin. 

4. Pizza Frenzy

photoScreenshoot game Pizza Frenzy - (Pinterest)</span

Pizza Frenzy adalah arcade game yang dibuat oleh Sprout Games kemudian diterbitkan oleh PopCap Games. Game ini pertama kali dirilis pada Februari 2005 silam. 

Pizza Frenzy masih hampir serupa dengan game Diner Dash, ketika Anda memasuki permainan Anda akan menjadi seorang chef yang juga bertugas sebagai pengantar pizza ke pelanggan. 

Pengantaran dilakukan ke rumah-rumah pelanggan yang memesan, dengan berbagai permintaan tentu saja Anda sebagai pengantar pizza harus berhati-hati saat mengantarkannya. 

Dalam permainan ini, ada penjahat yang akan merampok uang hasil penjualan. Namun jangan khawatir, jika Anda berhasil menyelesaikan berbagai level, Anda akan mendapatkan uang atau emas untuk dijadikan reward. 

Semakin naik level, maka semakin beragam pula rintangan yang didapatkan seperti bertambahnya jumlah pelanggan dan semakin banyak juga penjahat yang mengincar uang hasil penjualan Anda. 

Ketika Anda mencapai level atas, Anda bisa mendesain sendiri pizza dan toppingnya sesuai selera. 

5. The Sims

photoThe Sims Series - (EA Games)</span

Games besutan Maxis dan The Sims Studio ini dipublikasikan oleh Electronics Arts pada tahun 2000. The Sims menjadi games waralaba dengan penjualan terbaik sepanjang masa. 

The Sims merupakan permainan yang mensimulasikan kehidupan sehari-hari, Will Wright selaku designer games ini mengatakan, The Sims adalah permainan rumah-rumahan boneka yang dilakukan secara digital. 

Sampai dengan saat ini, The Sims sudah dirilis hingga seri yang ke-4, 'The Sims' (2000), 'The Sims 2' (2004), 'The Sims 3' (2009) dan 'The Sims 4' (2014).

Selain seri utamanya, game ini juga memberikan sejumlah paket-paket cerita tersendiri di setiap serinya, sebut saja yang banyak orang memainkannya yakni 'The Sims Pets', 'The Sims University' dan 'The Sims Online'.

6. Bounce Blitz Out

photoScreenshoot game Bounce Blitz Out - (Pinterest)</span

Game besutan Game House yang diluncurkan pada Juli 2004 ini memiliki kemiripan dengan Zuma Deluxe, yaitu dengan mencocokan bola sesuai dengan warna dan pola. 

Tetapi, Bounce Blitz Out tidak seperti game zuma yang mengharuskan Anda menembak bolanya, tetapi di game ini Anda harus menggeser bola-bola tersebut untuk kemudian dicocokan dengan bola lainnya.

Bounce Blitz Out memberikan beberapa mode untuk dijadikan pilihan pemain, ada mode Swapper, Strategy dan Slider. Swapper adalah mode termudah dari permainan ini, cara mainnya yaitu dengan mengklik bola yang bisa ditukar posisinya dengan warna yang bisa dihancurkan. 

Feeder akan terus menurunkan bola-bola berwarna dan tugas Anda sebagai pemain adalah menjaga agar bola-bola tersebut tidak melewati batas. 

Selanjutnya mode strategy dan slider merupakan mode tersulit yang memberikan penukaran bola terhadap posisi lain hanya bisa ditukar dengan menggeser satu barisan bola. 

Kemudian batas waktu yang diberikan terbilang cukup cepat dan divisualisasikan dengan sumbu bom yang menyala, sehingga jika pemain kehabisan waktu, maka bom tersebut akan meledak. 

7. Mad Caps

photoScreenshoot game Mad Caps - (Pinterest)</span

Serupa dengan Bounce Blitz Out, Mad Caps adalah game yang keluarkan oleh Game House pada tahun 2004. Permainan ini berpacu dengan waktu yang membuat pemain akan sedikit kewalahan karena batas waktu yang diberikan. Akibatnya, game ini diberikan slogan sebagai games yang berpacu dengan waktu. 

Game ini sebetulnya memiliki ukuran yang sangat kecil yakni 26 MB, sehingga memungkinkan Anda untuk mengunduh di berbagai jenis komputer.

Mad Caps adalah game puzzle yang yang diilustrasikan dengan tutup botol. Tugas pemain adalah menyamakan tutup botol tersebut dengan warna yang sama dan membuka kata misterius yang ada di baliknya. 

Terdapat banyak bantuan dalam permainan game Mad Caps ini, diantaranya adalah bantuan menghancurkan menggunakan roket atau alien. Roket dan alien bertugas untuk membantu membuka tutup botol agar kata yang tersembunyi bisa ditemukan lebih cepat. 

8. Solitaire

photoScreenshoot game Solitaire - (microsoft.com)</span

Solitaire adalah game bundle yang diluncurkan oleh Microsoft pada tahun 1988. Game ini diciptakan oleh seorang karyawan magang Microsoft bernama Wes Cherry. 

Cherry mengaku menciptakan solitaire akibat kejenuhannya terhadap pekerjaan hingga mendorongnya untuk menciptakan game yang legendaris ini. 

Solitaire kemudian resmi di bundling oleh Microsoft sesuai izin dari pemilik perusahaan, Bill Gates. Game Solitaire memang tak lekang oleh waktu, sebab dari awal kemunculannya hingga sekarang ini masih banyak karyawan yang memainkannya dikala senggang atau bahkan menjadi obat kebosanan.

Memainkan solitaire sangat mudah, kartu yang muncul disusun sesuai mekanisme kemudian ditarik dan taruh (drag and drop). 

Anda harus membuat kartu tersusun rapi sesuai dengan jenisnya, sehingga kartu tersimpan sendiri untuk menandakan bahwa permainan telah usai. Games ini cukup sederhana dan tidak memerlukan trik khusus untuk memainkannya. 

9. Iggle Pop

photoScreenshoot game Iggle Pop - (Pinterest)</span

Game yang digadang-gadang menjadi the next 'Pac-Man' ini juga dikeluarkan oleh Sprout Games. Konsep permainan Iggle Pop ini sangat mirip dengan ‘Pac-man’. 

Dalam game ini, Anda diharuskan membebaskan para Iggle pop yang terkurung dalam gelembung. 

Setelah membebaskan Iggle dari gelembung, Anda harus terus membawanya dari mulai awal hingga akhir permainan sambil dibuntuti oleh musuh yang mengejar Anda.

Semakin lama Anda memainkan game nya, maka akan semakin banyak pula Iggle Pop yang akan mengikuti Anda. 

Permainan akan semakin seru ketika berbagai monster mengincar para Iggle yang Anda bawa. Sehingga, sebisa mungkin Iggle tersebut tidak sampai tertangkap oleh monster-monster tadi dan akhirnya kembali dimasukkan ke dalam gelembung. 

Permainan ini mengandalkan kehati-hatian dan ketelitian agar bisa melewati tahapan levelnya. 

10. Turtle Bay 

photoScrennshoot game Turtle Bay - (Pinterest)</span

Turtle Bay merupakan satu dari sekian banyak game jadul PC yang masih dimainkan banyak orang. 

Turtle Bay diproduksi oleh Snowstep Development dan hanya bisa dimainkan di sistem operasi PC Windows. Game arcade ini memiliki ukuran yang sangat kecil, yakni 8,47 MB saja. 

Dalam game ini, Anda akan menjadi seekor kura-kura yang bertugas untuk menyelamatkan kura-kura lainnya yang terkurung di dalam es. 

Permainan ini juga memiliki banyak sekali rintangan, seperti gurita beracun, ranjau dan kepiting yang bisa memangsa Anda kapan saja. 

Semakin naik level maka akan semakin banyak halangan dan rintangan yang dihadapi oleh Anda sebagai pemain, oleh karena itu permainan ini mengharuskan ketelitian dan kewaspadaan. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Sehat26 April 2024, 12:30 WIB

8 Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek

Berikut Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek. Sudah Coba?
Sup Ayam. Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola26 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Calon Lawan Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 dan akan menghadapi dua calon kuat antara Arab Saudi dan Uzbekistan.
Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 dan akan menghadapi dua calon kuat antara Arab Saudi dan Uzbekistan. (Sumber : X/@TimnasIndonesia).
Bola26 April 2024, 11:46 WIB

Saingan Prabowo Gibran? Netizen dan Media Korsel Kompak Usung Shin Tae-yong jadi Presiden RI 2029

Ucapan selamat dan meme bertebaran di media sosial.
Media Korsel: Shin Tae-yong Calon Presiden Indonesia 2029-2034 (Sumber: Tangkap layar Twitter)
Life26 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya, Apa Kamu Termasuk?

Inilah Beberapa Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya, Apa Kamu Termasuk Salah Satunya?
Ilustrasi. Rebahan Malas Gerak. Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya (Sumber : Freepik)
Life26 April 2024, 11:13 WIB

Ini 5 Cara untuk Mengajari Anak Berpikir Sendiri, Salah Satunya Berikan Contoh

Mengambil langkah mundur dan membiarkan anak-anak berpikir sendiri mungkin merupakan tugas yang sulit bagi orang tua.
Ilustrasi mengajari anak berpikir sendiri. | Foto: Freepik
Life26 April 2024, 11:03 WIB

Perhatikan Dampaknya, Terapkan 6 Cara Ini untuk Mengajari Anak Bersikap Baik

Mengajarkan Anak tentang kebaikan merupakan hal yang sangat penting agar mereka memiliki rasa empati terhadap sesama.
Ilustrasi anak bersikap baik. | Foto: Freepik/@freepik
Aplikasi26 April 2024, 11:00 WIB

Mudah dan Gak Perlu Ribet! 3 Cara Menambahkan Tanda Tangan Online di PDF

Ada beberapa cara untuk menambahkan tanda tangan online di file PDF.
Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk menambahkan tanda tangan online di file PDF. (Sumber : Freepik.com).
Life26 April 2024, 10:43 WIB

Tetapkan Peraturan, Terapkan 5 Tips Berikut untuk Mengasuh Anak Keras Kepala

Mengasuh anak yang berkemauan keras terkadang bisa menjadi tantangan. Namun inilah yang direkomendasikan para ahli untuk membantu hubungan Anda dengan anak Anda berkembang.
Ilustrasi anak keras kepala. | Foto: Freepik/@stocking
Life26 April 2024, 10:32 WIB

Coba Berbohong, 6 Masalah Umum Perilaku Anak Prasekolah dan Cara Mengatasinya

Semua anak pasti bertingkah laku, namun masalah perilaku tertentu pada anak usia 3 tahun dan 4 tahun tidak boleh diabaikan. Inilah cara menangani perilaku menentang pada anak prasekolah Anda.
Ilustrasi anak prasekolah. | Foto: Freepik
Life26 April 2024, 10:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Mudah Sukses

Berikut Sederet Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Mudah Sukses.
Ilustrasi. Orang dewasa emosional yang sukses. Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Mudah Sukses Sumber foto : Pexels/Ketut Subiyanto