Light Dark

10 Aplikasi Ini Bikin Boros Baterai HP

Aplikasi | 26 May 2021, 07:00 WIB
(Ilustrasi) Sejumlah aplikasi ternyata membuat baterai HP Anda menjadi boros atau cepat habis | Pinterest

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah produsen ponsel mengklaim bahwa komponen baterai yang mereka ciptakan mampu bertahan lama bahkan ada yang bisa digunakan secara berjam-jam. Tetapi banyak pengguna HP yang tidak mengetahui, meskipun baterai ponsel tersebut memiliki kapasitas yang besar, namun ada sejumlah Aplikasi yang ternyata memberikan beban lebih sehingga bikin boros baterai HP.

Sebuah perusahaan bernama pCloud baru saja melakukan analisa terhadap aplikasi-aplikasi yang menguras performa baterai HP. Dari daftar 50 Aplikasi yang mereka teliti, ternyata banyak Aplikasi sosial media yang membuat Baterai HP Anda boros, sebut saja seperti Instagram, Facebook dan WhatsApp.

Baca Juga :

pCloud menyebut beberapa faktor yang menyebabkan sejumlah Aplikasi tersebut membuat HP Anda boros baterai nya, seperti adanya fitur dark mode yang terdapat di berbagai Aplikasi sosial media saat ini, nampaknya dari satu sisi estetika memang terlihat bagus namun dari segi performa membuat Baterai HP Anda kewalahan.

photo50 Daftar aplikasi yang membuat boros baterai HP - (pCloud)

Dua Aplikasi teratas yang sangat membuat boros Baterai HP yakni Fitbit dan Verizon, ternyata menggunakan banyak sekali fitur yang berjalan secara pasif (background app running, red), beberapa di antaranya memerlukan akses program secara pasif seperti fitur kamera, lokasi, mikrofon dan koneksi WiFi, padahal keempat fitur tersebut sangat menguras Baterai HP Anda.

Berikut 10 Aplikasi yang bikin boros Baterai HP lainnya adalah:

photoTop 20 aplikasi yang membuat baterai HP Anda menjadi boros - (pCloud)

  1. Skype
  2. Facebook
  3. AirBnB
  4. Instagram 
  5. Tinder
  6. Snapchat
  7. Whatsapp
  8. Zoom
  9. Youtube
  10. Booking.com

Masing-masing Aplikasi tersebut rata-rata diharuskan membuka izin untuk akses sebelas fitur tambahan agar bisa berjalan di background, seperti kamera, mikrofon, WiFi dan GPS. 

pCloud menyebut, Aplikasi kencan seperti Tinder menjadi salah satu yang paling boros baterai, karena Aplikasi tersebut sangat membutuhkan fitur GPS untuk melacak lokasi orang-orang yang bisa diajak kencan oleh Anda. 

Image

Nelis (Writer)

Reporter

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur