Light Dark

Pasar Diatas Sungai? Warga Sukabumi Manfaatkan Jembatan Cibuni Lama

Keuangan | 17 May 2021, 09:50 WIB
Jembatan Cibuni lama yang berada diperbatasan Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi dengan Kecamatan Cijati, Kabupaten Cianjur dipakai untuk pasar malam. Karena berada di jembatan, maka pasar tersebut terletak di atas Sungai Cibuni. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Jembatan Cibuni lama yang terletak diperbatasan Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi dengan Kecamatan Cijati, Kabupaten Cianjur, kini disulap menjadi Pasar malam. Jembatan yang berada di atas Sungai Cibuni itu ditutup menggunakan terpal dan samping kiri-kanan dipasang jaring pengaman. 

"Atas Jembatan ditutup dengan terpal, pinggiran jembatanya dilapis jaring terbuat dari kawat. Panjangnya kurang tahu pasti," ucap Helsy Angraeni (22 tahun), warga Kampung Ciragil RT 007/003, Desa Cidadap kepada sukabumiupdate.com, Senin (17/5/2021).

Baca Juga :

Helsy mengatakan, Pasar malam dibuka sebelum lebaran dan biasanya pedagang mulai berjualan pada pukul 16.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB. "Disana dijual berbagai macam makanan, minuman ringan, ada juga permainan anak," jelasnya. 

Sementara itu Sekmat Cidadap, Abdul Haim menjelaskan bahwa Pasar malam itu dikelola oleh pihak Desa Cidadap. Untuk saat ini, ada sekitar 15 pedagang yang berasal dari dua kecamatan yaitu Kecamatan Cidadap dan Kecamatan Cijati, Cianjur. Menurut dia, Pasar malam itu buka secara kondisional artinya belum rutin setiap malam.

photoJembatan Cibuni lama yang berada diperbatasan Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi dengan Kecamatan Cijati, Kabupaten Cianjur dipakai untuk pasar malam. Karena berada di jembatan, maka pasar tersebut terletak di atas Sungai Cibuni. - (Istimewa)

Abdul memprediksi Pasar itu akan bertambah ramai dan diharapkan dengan adanya Pasar malam ini membangkitkan ekonomi warga. Mengenai protokol kesehatan, hal itu selalu diingatkan kepada pengunjung dan pedagang.

"Kami pun tetap menghimbau masalah Prokes, saat ini Kecamatan Cidadap masuk zona hijau. Untuk sementara pedagang tidak dipungut biaya sewa yang penting perekonomian berjalan dulu, nanti akan dimusyawarahkan. Untuk lengkapnya penjelasan yang valid bisa ke pak Camat," jelasnya.

Untuk diketahui, Jembatan Cibuni lama ini tak lagi digunakan lagi sebab sudah ada Jembatan Cibuni yang baru. Jembatan Cibuni yang baru itu diresmikan Gubernur Jawa Barat pada akhir Maret 2021 lalu.

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Andri Somantri

Redaktur