130 Orang Terbunuh di Gaza dalam Serangan Israel ke Palestina

Sabtu 15 Mei 2021, 12:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Jumlah korban jiwa dalam penyerangan Israel ke Palestina terus bertambah. Perkembangan terbaru menurut laporan kantor beirta Reuters yang dikutip melalui Tempo, Sabtu, 15 Mei 2021, sebanyak 132 orang tewas di Gaza sejak penyerangan yang dimulai pada Senin lalu. Dari jumlah tersebut, 32 di antaranya adalah anak-anak dan 21 lainnya perempuan.

Jumlah korban luka-luka tidak kalah banyak. Reuters melaporkan ada 950 warga di Gaza yang mengalami luka-luka. Pada Jumat kemarin, jumlah korban luka-luka masih berada di angka 580 orang.

Terus bertambahnya korban mendesak penyelesaian secara cepat. Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB akan menggelar pertemuan pada Minggu esok setelah Amerika Serikat meminta perpanjangan waktu untuk mediasi di lapangan. Sementara di lokasi pertempuran, utusan khusus Amerika Serikat Hady Amr tengah berusaha mengumpulkan para pihak yang terlibat untuk berdialog.

"Tujuan dari dialog ini adalah menekankan perlunya upaya untuk mencapai damai yang yang berkelanjutan," ujar Kedutaan Besar Amerika Serikat di Israel, Sabtu.

Upaya untuk mendorong gencatan senjata tidak hanya datang dari Amerika Serikat. Di level regional, Mesir memimpin upaya dialog untuk gencatan senjata. Bahkan, Mesir sempat mencoba mendorong gencatan senjata pada Jumat dini hari walau gagal.

Peta dialog yang tengah berlangsung adalah Mesir dan Qatar yang mencoba membujuk milisi Palestina (Hamas) untuk berhenti menyerang. Sementara Amerika Serikat dan beberapa negara sekutunya mencoba membujuk Israel untuk tujuan serupa.

"Pembicaraan pada Jumat kemarin telah menunjukkan adanya upaya serius dan nyata (untuk gencatan senjata). Mediator dari Mesir, Qatar, dan PBB memberdayakan segala kontak yang mereka miliki untuk memulihkan perdamaian. Namun, sejauh ini, belum ada kesepakatan," ujar Kementerian Luar Negeri Mesir dalam keterangan persnya.

Pada Jumat kemarin, angkatan bersenjata Israel mengatakan mereka belum memiliki niatan gencatan senjata dengan Palestina. Bahkan, mereka berkata "gencatan senjata" bukanlah jargon yang akan mereka ucapkan setidaknya untuk 1-2 hari ke depan. Sementara Palestina menyatakan sudah memulai dialog gencatan senjata dengan Mesir dan Qatar, namun menegaskan pentingnya Israel berhenti dulu melakukan serangan.

Dalam pertempuran Palestina dan Israel, ribuan roket telah diluncurkan ke wilayah masing-masing. Gaza menjadi titik terpanas dengan mayoritas roket jatuh di wilayah tersebut. Adapun pertempuran itu dipicu rencana Israel mencaplok permukiman Sheikh Jarrah yang masuk dalam wilayah Palestina.

Warga Palestina memprotes rencana itu dengan menggelar unjuk rasa di kawasan Masjid Al-Aqsa pekan lalu. Israel merespons keras perlawanan tersebut dengan menyerang pengunjuk rasa. Dari situ, situasi berkembang ke berbagai bentrokan dan puncaknya adalah saling serang dengan roket yang berlanjut hingga sekarang.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Musik19 April 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Illusion Dua Lipa yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Illusion Dua Lipa yang Viral di Media Sosial, khususnya platform musik.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)
Sukabumi19 April 2024, 16:15 WIB

Pingsan dan Kejang Setelah Tes Lari, Siswi Sukabumi Meninggal saat Seleksi Paskibraka

Kayla meninggal setelah mengikuti tahapan tes lari bersama peserta lain.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Inspirasi19 April 2024, 16:13 WIB

6 Tanda Orang Tua yang Belum Dewasa dalam Mendidik Anak, Nomor 5 Sering Diabaikan

Orang tua yang tidak dewasa dalam mendidik anak akan terlihat pada pola asuhnya yang terlihat kurang bijaksana
Tanda-tanda orang tua yang belum dewasa dalam mendidik anak | Foto : Pexels/Gustavo Fring
Sehat19 April 2024, 16:00 WIB

3 Cara Membuat Rebusan Bunga Telang untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

Bunga telang (Clitoria ternatea) telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes.
Ilustrasi - Bunga telang (Clitoria ternatea) telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers).
Sukabumi19 April 2024, 15:25 WIB

Inilah Finalis Terpilih Pasanggiri Mojang Jajaka Kabupaten Sukabumi 2024

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi telah sukses menggelar acara Pasanggiri Mojang Jajaka tahun 2024
Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi menggelar Pasanggiri Mojang Jajaka Sukabumi 2024 | Foto : Ilyas Supendi
Inspirasi19 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Cleaning Service di Salah Satu Coffe di Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Cleaning Service Lokasi Penempatan di Kota Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi19 April 2024, 14:48 WIB

Gaji Belum Dibayar, Buruh Pabrik Tripleks Mengadu ke Disnakertrans Sukabumi

Terdapat 89 buruh yang belum menerima gaji, baik berstatus aktif maupun non-aktif.
Buruh pabrik pengolahan kayu tripleks (plywood) saat mendatangi kantor Disnakertrans Kabupaten Sukabumi pada Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Opini19 April 2024, 14:36 WIB

Kartini Hari Ini: Refleksi Pemikiran Pemberdayaan Perempuan dalam Konteks Multikulturalisme

Pemikiran Kartini tentang emansipasi perempuan masih memiliki relevansi. Namun, dalam mengaplikasikan pemikiran tersebut, perlu dipertimbangkan juga konteks multikulturalisme yang menjadi realitas masyarakat Indonesia saat ini
Dr. Tetty Sufianty Zafar, MM, Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi/Sekretaris Forum Doktor Sukabumi/Pembina Research & Literacy Institute | Foto : Sukabumi Update
Sehat19 April 2024, 14:30 WIB

7 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kayu Manis : Rempah Asli Indonesia Satu Ini Ternyata Punya Sederet Manfaat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui.
Ilustrasi - Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui. (Sumber : pexels.com/@Mareefe)
Sehat19 April 2024, 14:00 WIB

Selain untuk Gula Darah, Ini 10 Manfaat yang Luar Biasa dari Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.
Ilustrasi - Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. (Sumber : Pixabay.com/@ignartonosbg).