3 Cara Menyiasati agar Kolesterol Tidak Naik saat Lebaran

Jumat 14 Mei 2021, 14:32 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Berbagai menu makanan saat lebaran memang sangat menggugah selera, tak terkecuali seperti semur daging dan rendang, membuat siapapun pasti tak sabar ingin segera mencicipinya. Namun, sejumlah hidangan lebaran tersebut pastinya ada yang memiliki kadar kolesterol sangat tinggi, sehingga terkadang banyak orang lupa bahwa dibalik kenikmatan menyantap masakan lebaran, ada juga ancaman penyakit yang mengintai.

Kolesterol yang menumpuk di dalam pembuluh darah dapat membahayakan karena mengganggu aliran darah. Kolesterol sebenarnya merupakan lemak yang berguna bagi tubuh, asalkan tidak berlebihan. 

Akibat dari kebanyakan mengonsumsi makanan yang berkolesterol tinggi, Anda beresiko mengidap komplikasi penyakit yang cukup serius seperti penyakit jantung atau stroke. 

Jenis Kolesterol

photoBerbagai menu masakan saat lebaran berpotensi memiliki kandungan kolesterol yang tinggi - (Pinterest)</span

Untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh, Anda sebaiknya memahami terlebih dahulu mengetahui jenis kolesterol dan fungsinya. 

Kolesterol adalah zat yang diproduksi secara alami oleh organ hati bernama lipoprotein. Ada dua jenis lipoprotein, yang pertama adalah Low-density lipoprotein (LDL) yang berfungsi membawa kolesterol ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah arteri. LDL ini juga dikenal dengan kolesterol jahat, karena menimbulkan bahaya jika kadarnya terlalu tinggi. 

Sementara itu, ada juga High-density lipoprotein (HDL) yang berfungsi untuk mengembalikan kolesterol berlebih ke hati untuk kemudian dikeluarkan ke tubuh. HDL dikenal sebagai kolesterol baik. 

Baca Juga :

Oleh sebab itu, siasati cara makan Anda saat lebaran agar tak membuat kadar kolesterol naik sehingga dengan hadirnya Idul Fitri, tubuh Anda juga kembali suci, bersih dan sehat.

Nah, berikut kami bagikan tips cara menyiasati agar kolesterol dalam tubuh tidak naik saat lebaran.

1. Pilih hanya satu jenis makanan saja

Saat lebaran, banyak sekali sajian makanan yang terhidang di atas meja makan dan tentu saja sangat menggoda selera.

Tetapi, Anda harus sabar dan tahan ya! Anda tidak boleh melahap semua makanan di atas meja secara sekaligus dalam waktu yang bersamaan. 

Rendang, opor dan semur merupakan tiga makanan yang mengandung banyak lemak, makanan ini akan mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh Anda. 

Maka dari itu, pilihlah satu saja menu lebaran yang akan Anda makan, sebagai upaya untuk mencegah naiknya kadar kolesterol dalam tubuh. 

2. Beri asupan susu kedelai pada tubuh

Dalam penelitian International Journal of Molecular Medicine di tahun 2018, bahwa serat beta glucan yang terkandung dalam susu kedelai dapat berinteraksi dengan lemak dalam tubuh, sehingga reaksinya bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Susu kedelai memiliki kandungan isoflavon yang cukup tinggi, sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh. 

3. Imbangi dengan berolahraga setelah makan

Setelah memakan banyak sajian lebaran yang mengandung kolesterol tinggi, jangan lupa untuk mengimbangi dengan berolahraga. 

Jangan menghabiskan waktu hanya rebahan dan makan saja, lakukanlah olahraga ringan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda. 

Tubuh yang telah memiliki kadar kolesterol tinggi dan tidak melakukan aktivitas fisik, merupakan sumber utama datangnya penyakit jantung. 

Lakukan aktivitas fisik sederhana untuk membakar kalori dan lemak dalam tubuh untuk dikonversi menjadi energi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 21:21 WIB

6 Kebiasaan yang Membuat Anda Selalu Spesial dan Menarik di Mata Orang Lain

Terdapat kebiasaan keseharian yang bila diterapkan akan membaut anda dianggap pribadi yang menyenangkan dan menarik oleh orang lain.
Ilustrasi kebiasaan yang membuat spesial dan menarik. (Sumber foto : Pexels/Sora Shimazaki)
Sehat29 Maret 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Herbal untuk Mengatasi Asam Lambung Naik, Alami Tanpa Obat-obatan

Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik.
Ilustrasi Lemon Balm - Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Kecantikan29 Maret 2024, 20:51 WIB

Agar Tampil Makin Cantik, Ini 7 Item yang Wajib Dipakai Perempuan

Dalam dunia mode dan gaya, aksesori tubuh memainkan peran yang sangat penting dalam menambahkan dimensi dan pesona pada penampilan seseorang.
Ilustrasi item yang dipakai perempuan agar semakin cantik. (Sumber : Pixabay)
Sehat29 Maret 2024, 20:30 WIB

Aman untuk Dikonsumsi, 5 Buah yang Membantu Anda Menurunkan Asam Lambung

Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya
Ilustrasi - Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya. (Sumber : Freepik/ @lifeforstock)
Sukabumi29 Maret 2024, 20:19 WIB

3 Ruang Kelas SDN Sukalaksana Sukabumi Rusak Parah dan Nyaris Roboh, Butuh Perbaikan

Tiga ruang kelas SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi bertahun-tahun kondisinya rusak parah, sehingga tak layak untuk KBM.
Kondisi salah satu ruang kelas di SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi yang rusak parah. (Sumber : Istimewa)
Life29 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Jangan Lakukan Sederet Gaya Hidup Tidak Sehat Berikut Karena Bisa Menyebabkan Potensi Penyakit Asam Urat di Kemudian Hari.
Ilustrasi - Asam urat kambuh. Ketahui Gaya Hidup Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Maret 2024, 19:30 WIB

Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan.
Ilustrasi - Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan. (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio).
Sehat29 Maret 2024, 19:00 WIB

5 Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat: Pengganti Minuman Tinggi Kalori

Perlu diingat bahwa infused water tidak menggantikan perawatan medis yang tepat dan diet sehat secara keseluruhan untuk penderita asam urat.
Ilustrasi. Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat, Pengganti Minuman Tinggi Kalori. Sumber: Freepik/bublikhaus
Sehat29 Maret 2024, 18:58 WIB

Selain Sebabkan Asam Lambung, Ini 6 Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Menjadi perhatian bagi semua orang yang berpuasa agar tidak langsung tidur setelah makan sahur. Hal ini bisa memicu penyakit yang membahayakan bagi kesehatan tubuh
Ilustrasi. Bahaya buruk bagi orang yang langsung tidur setelah makan sahur. (Sumber foto : Pexels/Ron Lach Pexels)
Sukabumi29 Maret 2024, 18:21 WIB

Hati-hati! Ruas Jalan Nasional di Cikadu Palabuhanratu Terendam Banjir Campur Kerikil

Pengendara roda dua harus hati-hati, jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu Sukabumi ini terendam banjir campur kerikil.
Kondisi ruas jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu yang tergenang banjir campur kerikil akibat hujan deras. (Sumber : SU/Ilyas)