Light Dark

3 Cara Menyiasati agar Kolesterol Tidak Naik saat Lebaran

Sehat | 14 May 2021, 14:32 WIB
(Ilustrasi) Berbagai hidangan saat lebaran yang berpotensi mengandung tinggi kolesterol | Pinterest

SUKABUMIUPDATE.com - Berbagai menu makanan saat Lebaran memang sangat menggugah selera, tak terkecuali seperti semur daging dan rendang, membuat siapapun pasti tak sabar ingin segera mencicipinya. Namun, sejumlah hidangan Lebaran tersebut pastinya ada yang memiliki kadar Kolesterol sangat tinggi, sehingga terkadang banyak orang lupa bahwa dibalik kenikmatan menyantap masakan lebaran, ada juga ancaman penyakit yang mengintai.

Kolesterol yang menumpuk di dalam pembuluh darah dapat membahayakan karena mengganggu aliran darah. Kolesterol sebenarnya merupakan lemak yang berguna bagi tubuh, asalkan tidak berlebihan. 

Akibat dari kebanyakan mengonsumsi makanan yang berkolesterol tinggi, Anda beresiko mengidap komplikasi penyakit yang cukup serius seperti penyakit jantung atau stroke. 

Jenis Kolesterol

photoBerbagai menu masakan saat lebaran berpotensi memiliki kandungan kolesterol yang tinggi - (Pinterest)

Untuk mengetahui kadar Kolesterol dalam tubuh, Anda sebaiknya memahami terlebih dahulu mengetahui jenis Kolesterol dan fungsinya. 

Kolesterol adalah zat yang diproduksi secara alami oleh organ hati bernama lipoprotein. Ada dua jenis lipoprotein, yang pertama adalah Low-density lipoprotein (LDL) yang berfungsi membawa Kolesterol ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah arteri. LDL ini juga dikenal dengan Kolesterol jahat, karena menimbulkan bahaya jika kadarnya terlalu tinggi. 

Sementara itu, ada juga High-density lipoprotein (HDL) yang berfungsi untuk mengembalikan Kolesterol berlebih ke hati untuk kemudian dikeluarkan ke tubuh. HDL dikenal sebagai Kolesterol baik. 

Baca Juga :

Oleh sebab itu, siasati cara makan Anda saat Lebaran agar tak membuat kadar Kolesterol naik sehingga dengan hadirnya Idul Fitri, tubuh Anda juga kembali suci, bersih dan sehat.

Nah, berikut kami bagikan tips cara menyiasati agar Kolesterol dalam tubuh tidak naik saat lebaran.

1. Pilih hanya satu jenis makanan saja

Saat lebaran, banyak sekali sajian makanan yang terhidang di atas meja makan dan tentu saja sangat menggoda selera.

Tetapi, Anda harus sabar dan tahan ya! Anda tidak boleh melahap semua makanan di atas meja secara sekaligus dalam waktu yang bersamaan. 

Rendang, opor dan semur merupakan tiga makanan yang mengandung banyak lemak, makanan ini akan mempengaruhi kadar Kolesterol dalam tubuh Anda. 

Maka dari itu, pilihlah satu saja menu Lebaran yang akan Anda makan, sebagai upaya untuk mencegah naiknya kadar Kolesterol dalam tubuh. 

2. Beri asupan susu kedelai pada tubuh

Dalam penelitian International Journal of Molecular Medicine di tahun 2018, bahwa serat beta glucan yang terkandung dalam susu kedelai dapat berinteraksi dengan lemak dalam tubuh, sehingga reaksinya bisa menurunkan kadar Kolesterol dalam tubuh. 

Susu kedelai memiliki kandungan isoflavon yang cukup tinggi, sehingga bisa menurunkan kadar Kolesterol yang tinggi di dalam tubuh. 

3. Imbangi dengan berolahraga setelah makan

Setelah memakan banyak sajian Lebaran yang mengandung Kolesterol tinggi, jangan lupa untuk mengimbangi dengan berolahraga. 

Jangan menghabiskan waktu hanya rebahan dan makan saja, lakukanlah olahraga ringan untuk menurunkan kadar Kolesterol dalam tubuh Anda. 

Tubuh yang telah memiliki kadar Kolesterol tinggi dan tidak melakukan aktivitas fisik, merupakan sumber utama datangnya penyakit jantung. 

Lakukan aktivitas fisik sederhana untuk membakar kalori dan lemak dalam tubuh untuk dikonversi menjadi energi.

Image

Nelis (Writer)

Reporter

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur