5 Curug yang Menawarkan Keseruan Sekaligus Tujuan Wisata Murah di Sukabumi

Jumat 14 Mei 2021, 15:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pantai menjadi hal yang pertama terpikir apabila ditanya soal objek wisata di Kabupaten Sukabumi. Tapi ternyata, tak hanya itu saja, ada banyak objek wisata lain yang berada di daerah itu diantaranya air terjun atau dalam bahasa sunda disebut Curug.

Terus Curug apa saja yang recommended untuk dikunjungi dan menjadi objek Wisata Murah Meriah di Sukabumi? Berikut daftarnya:

1.Main Sepuasnya di Curug Cikukulu Ciracap Sukabumi

Curug Cikukulu di Kampung Ciguha, Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Di tempat ini, wisatawan bisa menikmati kesejukan aliran air Sungai Cikarang dan pengunjung disuguhkan dengan hamparan kebun yang ditanami tumbuhan hortikultura. Luas kebun holtikultura itu mencapai 6 hektar. 

Di Sungai Cikarang, pengunjung dapat berenang dan bermain di bawah Curug Cikukulu yang memiliki ketinggian 35 meter. Yang pasti sejuk. Kedalaman sungai dibawah Curug bervariasi dari 50 centimeter hingga satu meter, jadi aman bagi pengunjung untuk bermain air.

Akses menuju lokasi Agrowisata Cikukulu patokannya dari Kantor Kecamatan Ciracap. Dari kantor pemerintahan tersebut ke Agrowisata Cikukulu jaraknya kurang lebih 1, 5 kilometer.

2. Curug Cikarang, Air Terjun Bertingkat di Cidadap Sukabumi

Curug Cikarang, destinasi wisata alam yang satu ini memang masih dalam tahap penataan fasilitas dan infrastruktur. Kendati demikian Curug Cikarang yang berada di Kampung Cipicung Muara, Desa Tenjolaut, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi ini wajib dikunjungi atau masuk daftar liburan karena keindahannya.

Curug ini begitu alami dan tempatnya diapit oleh dua bukit yang ditumbuhi pohon rimbun. Sesuai namanya, air yang mengalir di Curug atau air terjun ini berasal dari Sungai Cikarang.

Curug Cikarang memiliki ketinggian sekitar 30 meter serta yang menjadi keistimewaannya, Curug ini bertingkat tiga. 

Dengan demikian tinggi setiap tingkat Curug 10 meter dengan kedalaman kolam di bawah Curug mulai dari 1,5 meter hingga tiga meter.

Untuk menuju lokasi wisata tersebut, patokannya dari kantor desa. Antara kantor desa menuju Curug Cikarang sejauh 2,5 kilometer. Sedangkan jarak Kota Sukabuni menuju ke Desa Tenjolaut Kecamatan Cidadap sekitar 85 kilometer.

3. Curug Cipatala,Wisata Alam Sejak Zaman Belanda

Satu lagi objek wisata alam Pajampangan yang kini jadi buruan para pelancong. Namanya Curug Cipatala. Curug atau air terjun ini berada di aliran Sungai Cibojong. Letaknya di Kampung Panumbangan RT 01/01 Desa Panumbangan, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi.

Curug Cipatala memiliki ketinggian kurang lebih 15 meter dan lebar 8 meter. Kedalamannya bervariatif. Ada yang hanya setengah meter, hingga 8 meter dalamnya. Air terjun ini dikelilingi pepohonan dan dinding lapisan batuan.

Curug tersebut sudah banyak yang mengunjungi sejak tahun 2017. Namun hanya segelintir orang saja yang tahu Curug ini. Baik pengunjung lokal maupun luar daerah. Mungkin sejak zaman Belanda tempat ini dijadikan lokasi wisata. 

Akses menuju Curug Cipatala cukup mudah dijangkau. Dari Sukabumi menuju arah terminal Bojonglopang, Kecamatan Jampang Tengah sekitar cukup menempuh 28 kilometer. Setelah itu lanjut menempuh jarak 1,5 kilometer menuju curug. Selain itu, dari arah Jampang Kulon berjarak sekitar 40 kilometer.

Curug Cipatala berada di pinggir Jalan Kabupaten Bojonglopang - Cimerang. Untuk sampai ke lokasi melewati jalan tanah, berjalan kaki sepanjang 50 meter. 

Di Curug Cipatala, wisatawan bisa menikmati air nan segar, suasana alam yang sejuk, serta udara segar. Tak cukup sampai di situ, wisatawan juga bisa berenang, memasang hammock dan menikmati pemandangan di seputaran curug. 

4. Curug Kacapi di Sagaranten yang Menggoda

Curug Kacapi bisa jadi pilihan traveller yang ingin menikmati kesegaran alam selatan Sukabumi saat akhir pekan. Berada di aliran Sungai Cibodas, Curug yang memiliki kolam renang alam di bawahnya ini tak begitu jauh dari Kampung Lio RT 04/02 Desa Cibitung, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi.

Kolam alam ini memiliki kedalaman bervariasi, 50 centimeter hingga tiga meter. Dasarnya dipenuhi bebatuan, jadi traveller yang ingin loncat indah dari atas curug, harus hati-hati kenali dulu spot terjunnya. 

Tinggi Curug sekitar 10 meter, namun untuk loncat ke air jangan dari atas melainkan dari tengah, sekitar 4 hingga lima meter ketinggiannya. Sehingga saat meloncat bisa mencapai titik terdalam kolam alam di bawahnya.

Ketinggian Curug kacapi yang tidak terlalu curam membuat sering dijadikan titik loncat ke kolam alam di bawahnya

Untuk menuju lokasi, patokannya Kantor Desa Cibitung. Dari Kota Sukabumi sekitar 55 Kilometer, dari terminal Sagaranten hanya 4 kilometernya, dan dari kantor desa menuju lokasi sekitar 1 Kilometer.

5. Curug Cihideung Desa Sindangraja, Satu Tempat Dua Air Terjun

Curug Cihideung menjadi salah satu objek wisata favorit di Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi. Curug yang berada di Kampung Cigembong, Desa Sindangraja, ini memiliki keistimewaan yaitu dua Curug dalam satu lokasi. Jarak antara dua Curug ini hanya lima meter saja.

Air di Curug yang memiliki tinggi 80 meter ini berasal dari dua aliran sungai yaitu Sungai Cihideung dan Sungai Cigembong. Suasana di sekitar Curug Cihideung ini sejuk, karena di atasnya dikelilingi hutan pinus. Penasaran ingin kesana?

Untuk sampai ke lokasi ada dua jalur yang bisa ditempuh dari Kota Sukabumi. Pertama jalur Purabaya dengan jarak sekitar 50 kilometer dan melalui jalur Sagaranten sekitar 65 kilometer. Patokannya kantor Desa Sindangraja, dari kantor desa jaraknya sekitar dua kilometer dengan kondisi jalan makadam sejauh 500 meter dan masuk ke wilayah perkebunan kondisi jalan tanah 1,5 kilometer. Apabila saat hujan, mobil dan motor memang cukup kesulitan melewati jalan tanah perkebunan tersebut.

Sampai di kawasan perkebunan, mobil dan motor diparkir dekat rerimbunan pohon pinus. Perjalanan pun dilanjutkan menuruni bukit dengan meniti tangga. Dari tempat parkir ke Curug Cihideung, pengunjung akan disuguhkan pemandangan perbukitan.

Untuk sampai ke lokasi ini memang membutuhkan tenaga ekstra karena harus melewati ratusan anak tangga. Tapi pemandangan ketika meniti tangga ini tak kalah indahnya. Sebab dari anak tangga ini akan terlihat perbukitan dan hijaunya hamparan persawahan berpadu dengan Curug Cihideung.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Nasional26 April 2024, 09:31 WIB

Ada Zonasi, Simak 4 Jalur PPDB Tahun 2024 untuk SD, SMP, dan SMA

PPDB diselenggarakan secara objektif, transparan, dan akuntabel.
(Foto Ilustrasi) Ketentuan PPDB diatur dalam Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021. | Foto: Freepik/@master1305
Inspirasi26 April 2024, 09:30 WIB

Info Penerimaan Pegawai Lulusan SMA di Perusahaan, Penempatan Jawa Barat

Berikut Informasi Penerimaan Pegawai Lulusan SMA di Perusahaan untuk Penempatan Wilayah Jawa Barat.
Info Penerimaan Pegawai Lulusan SMA di Perusahaan, Penempatan Jawa Barat  (Sumber : Freepik)
Sukabumi26 April 2024, 09:02 WIB

Warga Resah! Beredar Video Konvoi Motor Bersajam di Jalan Pajampangan Sukabumi

Dalam video terlihat salah satu orang yang dibonceng menggesekkan sajam ke aspal.
Tangkapan layar video konvoi kawanan bermotor sambil membawa sajam di Jalan Nasional Jampangkulon-Surade, Desa Talagamurni, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Senin malam, 22 April 2024.| Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi26 April 2024, 09:01 WIB

Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi Studi Banding BUMD ke Yogyakarta

Sejumlah anggota Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi saat ini tengah  melakukan perjalanan dinas ke Jogjakarta
Sekretaris Fraksi PAN DPRD Kabupaten Sukabumi Heri Antoni  (Sumber : DPRD Kabupaten Sukabumi)
Sehat26 April 2024, 09:00 WIB

Bisa Anda Coba Dirumah, 8 Ide Camilan Ringan untuk Menurunkan Berat Badan

Camilan dapat membantu memuaskan rasa lapar di antara waktu makan, mencegah keinginan mengidam, dan memberikan nutrisi penting yang sehat dalam makanan Anda.
Ilustrasi - Camilan dapat membantu memuaskan rasa lapar di antara waktu makan, mencegah keinginan mengidam, dan memberikan nutrisi penting yang sehat dalam makanan Anda. (Sumber : pexels.com/@Antoni Shkraba).
Life26 April 2024, 08:00 WIB

12 Kebiasaan Sederhana yang Membuatmu Disenangi Semua Orang

Kebiasaan sederhana ini menunjukkan rasa hormat dan perhatianmu terhadap orang lain, dan orang-orang cenderung merasa dihargai saat merasa didengarkan dengan baik.
Ilustrasi - Kebiasaan Sederhana yang Membuatmu Disenangi Semua Orang (Sumber : Pexels/Thirdman)
Sehat26 April 2024, 07:00 WIB

9 Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari, Bisa Mengurangi Perut Kembung

Rutinitas pagi yang tenang dan santai, seperti minum air hangat, dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Minum Air Hangat. Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Food & Travel26 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Kencur untuk Meredakan Nyeri Sendi, Ini 8 Langkahnya!

Meskipun kencur memiliki banyak manfaat kesehatan, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum menggunakannya secara teratur, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Air Rebusan Kencur. (Sumber : Instagram/@meygaahuang)
Bola26 April 2024, 05:12 WIB

Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala Asia U-23 2024 usai Menang Dramatis atas Korsel

Fenomenal! Timnas Indonesia berhasil lolos semifinal Piala Asia U-23 2024 usai taklukan Korsel lewat drama adu pinalti.
Rafael Struick (kanan) cetak dua gol untuk Timnas Indonesia U-23 di laga versus Korsel. (Sumber : IG AFC Asian Cup)
Science26 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 26 April 2024, Waspada Hujan Petir di Siang Hari

Cuaca Jawa Barat dan sekitarnya termasuk Sukabumi pada 26 April 2024, yang berpotensi hujan deras disertai petir pada siang hari.
Ilustrasi - Cuaca Jawa Barat dan sekitarnya termasuk Sukabumi pada 26 April 2024, yang berpotensi hujan deras disertai petir pada siang hari. | Foto: Freepik.com/wirestock