Light Dark

Lebaran di Sukabumi, Prakiraan Cuaca 1 Syawal 1442 H dari Pagi Hingga Malam

Science | 12 May 2021, 19:00 WIB
BMKG rilis prakiraan cuaca untuk Sukabumi dan sekitarnya pada 13 Mei 2021 atau saat perayaan lebaran Idul Fitri 1442 H | istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) merilis info Prakiraan Cuaca dan potensi cuaca ekstrem selama sepekan ke depan. Cuaca pada 1 Syawal 1442 H atau Lebaran Idul Fitri 13 Mei 2021 di wilayah Jawa Barat khususnya Sukabumi, mayoritas cerah, berawan dan ada potensi hujan ringan hingga lebat.

Hasil analisis dinamika atmosfer-laut BMKG, potensi hujan lebat dipicu faktor alam, aktivitas fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO) di wilayah Indonesia yang teramati bersamaan. Pada tanggal 13-15 Mei 2021, hujan lebat akan turun di Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Kep.Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sementara untuk wilayah Jawa Barat pada tanggal 13 Mei 2021 atau saat perayaan Lebaran Idul Fitri terpantau potensi hujan ringan di beberapa wilayah. 

Mengutip BMKG.go.id, wilayah Kota Sukabumi atau Sukabumi bagian utara, pagi hari cerah, siang berawan dan ada potensi hujan ringan pada sore dan malam hari. Sementara untuk wilayah Palabuhanratu dan Selatan, pagi hari cerah, siang berawan, sore hujan ringan, malam berawan.

Baca Juga :

BMKG menghimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrim pada Periode Pancaroba (Hujan secara sporadis, lebat dan durasi singkat, disertai petir dan angin kencang, bahkan hujan es).

Hal ini berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi.

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur