Light Dark

Basarnas Sukabumi Siagakan Personel Jaga Pantai, Jelang Momen Libur Lebaran

Sukabumi | 12 May 2021, 16:51 WIB
Personel Basarnas Sukabumi yang bersiap menjaga pantai di kawasan Palabuhanratu selama libur lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah. | Sukabumiupdate.com/Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Sukabumi melakukan pengamanan di pantai selatan, khususnya kawasan Palabuhanratu, selama masa peniadaan mudik 6 hingga 17 Mei 2021. Ini dilakukan untuk mengantisipasi membludaknya wisatawan lokal saat libur lebaran.

Hendra Sudirman selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta melalui Koordinator Pos Basarnas Sukabumi Faber Sinaga mengatakan pihaknya tetap melakukan kesiapsiagaan dengan menurunkan personel rescue dan alat utama pendukung.

"Demi menjamin keselamatan masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya selama lebaran tahun ini dan liburan nanti," katanya kepada sukabumiupdate.com, Rabu, 12 Mei 2021.

Dalam siaga khusus lebaran ini, sambung Faber, Basarnas Sukabumi melakukan patroli mobile di jalan raya dan pamantauan pantai di kawasan Palabuhanratu. Ada delapan personel yang ditempatkan di sejumlah titik lokasi penyekatan dan pos pengamanan wisata.

"Sebagai bentuk antisipasi terhadap musibah, bencana, maupun kecelakaan yang tidak kita inginkan menjelang lebaran tahun ini," ujar dia.

Baca Juga :

Sebelumnya Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan pembukaan objek wisata selama libur lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah hanya diizinkan untuk wisatawan lokal Sukabumi dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kebijakan itulah, sambung Faber, yang membuat pihaknya tetap melakukan antisipasi terjadinya lonjakan pengunjung lokal. "Ada larangan mudik, namun tetap keselamatan warga dalam kota juga sebagai hal sangat penting," katanya.

"Kami harap masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan. Hubungi call center Basarnas 115 apabila butuh bantuan SAR. Kami akan terus siaga 24 jam untuk melayani," katanya menambahkan.

Image

Nandi

Reporter

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur