SPSI Sukabumi Sebut 46 Ribu Buruh Sudah Terima THR, Bagaimana yang Lain?

Selasa 11 Mei 2021, 22:01 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pimpinan Cabang Federasi Serikat Pekerja Tekstil Sandang dan Kulit-Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Kabupaten Sukabumi menyebut semua perusahaan yang buruh mereka berafiliasi dengan PC FSP TSK-SPSI telah membayar tunjangan hari raya atau THR sesuai ketentuan yang berlaku.

Ketua PC FSP TSK-SPSI Kabupaten Sukabumi Mochammad Popon mengatakan beberapa perusahaan tersebut antara lain PT Pratama Abadi Industri Jx; PT Glostar Indonesia Sukalarang dan Cikembar; PT Yongjin Javasuka 1, 2, dan 3; PT KG Fashion Indonesia; serta PT Sierad Produce Tbk (sekarang PT Sreeya Sewu Indonesia Tbk).

"Kesepakatan mengenai pembayaran THR tahun ini berikut besarannya di perusahaan yang pekerja atau buruhnya berafiliasi dengan PC FSP TSK-SPSI sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari, bahkan ada yang melakukan kesepakatan sejak awal bulan puasa," kata Popon kepada sukabumiupdate.com melalui keterangan tertulis, Selasa, 11 Mei 2021.

Popon berujar ketentuan pembayaran THR di beberapa perusahaan tersebut telah banyak diatur dan disepakati dalam perjanjian kerja bersama atau PKB. Catatan positif lain, sambung Popon, kondisi usaha di Kabupaten Sukabumi saat ini telah menunjukkan tren yang baik, khususnya di sejumlah perusahaan yang karyawannya berafiliasi dengan PC FSP TSK-SPSI.

"Hal itu dibuktikan dengan adanya penambahan order di pabrik-pabrik, khususnya pabrik garment dan sepatu atau alas kaki. Bahkan banyak perusahaan yang sudah mempekerjakan kerja lembur," kata dia.

Meski belum normal seperti sebelum adanya pandemi, namun Popon berhadap tren positif ini bisa menjadi tanda semakin membaiknya kondisi usaha di Kabupaten Sukabumi, terutama sektor padat karya. "Dan mestinya pemerintah daerah semakin greget untuk meningkatkan daya saing di Kabupaten Sukabumi," ujarnya. "Apalagi dengan pembangunan infrastruktur jalan tol, double track, dan sebagainya, Sukabumi masih akan tetap menjadi sasaran investasi yang menarik."

Baca Juga :

Warga Sukabumi yang Bermasalah dengan THR? Ini Lokasi Posko Pengaduannya

Popon menegaskan upah murah tidak menjadi faktor penentu daya saing dalam mengundang investasi. "Terbukti dengan banyaknya perusahaan yang relokasi di Jawa Tengah yang tidak mampu membayar THR, padahal upah di sana sangat murah," ujarnya.

PC FSP TSK-SPSI Kabupaten Sukabumi menilai upah dan THR merupakan hak normatif wajib yang harus dibayarkan perusahaan terhadap buruh. Bagi organisasinya, kata Popon, hak normatif tersebut tidak bisa ditawar lagi.

"Terkait dengan realisasi pembayaran THR di perusahaan lain di luar yang berafiliasi dengan PC FSP TSK-SPSI, sampai saat ini kami belum mendapatkan informasi detilnya seperti apa, termasuk hasil pelaporan yang diterima oleh posko THR yang dibentuk oleh Disnakertrans Kabupaten Sukabumi," kata Popon.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life25 April 2024, 15:11 WIB

Identifikasi Pemicunya, Ini 5 Cara Membantu Anak Menghentikan Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk bisa jadi kebiasaan yang akan berkelanjutan jika tidak segera dihentikan.
Ilustrasi membantu anak menghentikan kebiasaan buruk. | Foto: Freepik
Sukabumi25 April 2024, 15:03 WIB

Kunjungi Kalaju di Surade Sukabumi, Drh Slamet Dorong Kesejahteraan Nelayan

Kunjungan ini adalah dalam rangka supervisi persiapan pelaksanaan program Kalaju.
Anggota Komisi IV DPR RI F-PKS drh Slamet (paling kiri) saat mengunjungi Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Rabu, 24 April 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi25 April 2024, 15:00 WIB

Info Lowongan Kerja Kasir dengan Penempatan di Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Info Lowongan Kerja Kasir dengan Penempatan di Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya (Sumber : Freepik/pressfoto)
Life25 April 2024, 14:30 WIB

Agar Tidak Tersinggung, Ini 6 Cara Mengingatkan Teman yang Bau Badan

Bagaimana jika Anda menemui situasi yang agak membingungkan ketika Anda harus menghadapi aroma yang kurang sedap dari salah satu teman Anda?
Ilustrasi. Cara mengingatkan teman yang bau badan. Sumber : pixabay/jessie22
Sukabumi25 April 2024, 14:19 WIB

Bahas Pungli hingga Rp 17 Juta, Ratusan Warga Demo Pabrik di Cikembar Sukabumi

Massa adalah warga di sekitar pabrik di Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar.
Massa aksi saat melakukan demonstrasi di depan PT GSI di Jalan Pelabuhan II, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Kecantikan25 April 2024, 14:15 WIB

8 Cara Agar Tetap Wangi Sepanjang Hari dan Tampil Percaya Diri

Artikel ini akan membahas berbagai tips dan trik yang dapat membantu Anda menjaga kesegaran dan keharuman tubuh sepanjang hari.
Ilustrasi. Memiliki tubuh wangi. Sumber : pixabay/jessie22
Bola25 April 2024, 14:00 WIB

Prediksi Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Siapa yang Akan Lolos?

Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, akan tersaji dini hari nanti pukul 00.30 WIB.
Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, akan tersaji dini hari nanti pukul 00.30 WIB. (Sumber : X/@TimnasIndonesia/@theKFA).
Sehat25 April 2024, 13:00 WIB

Bebas Asam Urat dengan 10 Cara Alami: Mencegahnya Tanpa Obat-obatan

Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan. (Sumber : Freepik.com)
Bola25 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi dan Link Live Streaming Dewa United vs Madura United di Liga 1 Pekan ke-33

Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33.
Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33. (Sumber : X/@dewaunitedfc_/@MaduraUnitedFC).
Kecantikan25 April 2024, 12:00 WIB

Tetap Lembab, 10 Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas

Jangan lupa untuk tetap konsisten dalam merawat kulit dan memberikan perhatian ekstra saat cuaca panas atau musim panas agar kulit tetap glowing.
Tetap Lembab, Ini Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)