Light Dark

Mau Camping dengan Suasana Pantai Sukabumi? Disini Tempatnya!

Travel | 13 May 2021, 15:00 WIB
Camping di Pantai Karangbolong, Desa Sukatani, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. | Dok.Sukabumiupdate.com

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak cara untuk menikmati objek wisata Pantai yang berada di daerah selatan Kabupaten Sukabumi ini, salah satunya dengan Camping atau berkemah. Ketika malam, suasananya begitu tenang hanya terdengar suara debur ombak menghantam karang. Camping di Pantai akan semakin berkesan dengan panorama alam matahari tenggelam. 

Lalu dimana saja Pantai yang bisa menjadi spot untuk Camping di Sukabumi?

Pantai Sangrawayang

photoPantai Sangrawayang.  (Istimewa)

Berbicara objek wisata Pantai di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, memang tiada habisnya. Salah satu lokasi yang bisa anda kunjungi adalah Pantai Sangrawayang. Pantai Sangrawayang berada di Jalur Sabuk Ciletuh, tepatnya di Kampung/Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Masih di kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Pantai ini berjarak sekitar 8 kilometer dari Terminal Palabuhanratu. Atau hanya sekitar lima kilometer dari Simpang Bagbagan.

Pantai Karangbolong

photoPantai Karangbolong. (Istimewa)

Berada di Desa Sukatani, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Pantai Karangbolong memiliki sebuah perbukitan dengan lahan yang ideal untuk mendirikan tenda camping. Ketika musim hujan, rumput di perbukitan yang menghadap ke laut lepas itu semakin hijau.

Ada beberapa pilihan akses menuju Pantai Karangbolong. Pertama bisa menyusuri pesisir pantai, mulai dari Pantai Minajaya Desa Buniwangi Kecamatan Surade menuju Pantai Ratu Cimandala dan Pantai Karangbolong, Desa Sukatani, Kecamatan Sukatani. Jarak yang ditempuh sekitar 12 kilometer, biasanya menggunakan sepeda motor. 

Ada Pula lewat jalur tengah dengan patokan kantor Kecamatan Surade kemudian melalui jalan Cibarehong, maupun jalan Cibungur- Buniwangi, jarak sekitar 8 kilometer. Motor dan mobil bisa langsung ke lokasi. Satu lagi akses dari Jalan Nasional Cikaso - Tegalbuleud, patokan Kampung Pasekon, Desa Cidahu masuk ke kawasan hutan jati, arak sekitar 8 kilometer dengan kondisi jalan berupa batu makadam.

Pantai Taman Pandan

photoPantai Taman Pandan. (Istimewa)

Kabupaten Sukabumi memang terkenal dengan objek pantainya yang mempesona. Setiap Pantai yang berada di daerah selatan Sukabumi memiliki keistimewaan. Diantaranya Pantai Taman Panda yang berada di Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap.

Pantai ini menawarkan pemandangan yang luar biasa indahnya dan masih asri sehingga suasananya begitu tenang hanya terdengar suara ombak menghantam batu karang. Pohon pandan yang tumbuh di pesisir Pantai membuat Pantai ini semakin menarik untuk dikunjungi. Yang istimewa dari Pantai ini adalah pengunjung bisa duduk di hamparan rumput hijau sambil memandang laut, sensasi yang sangat jarang ditemukan di pantai-pantai lainnya. Lokasi ini pas untuk mendirikan tenda.

Pantai Cimaja

photoPantai Cimaja. (Istimewa)

Pantai ini berada di Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi dan masih menjadi wilayah perairan Palabuhanratu. Berbeda dengan pantai-pantai lain di kawasan Palabuhanratu yang ramai dikunjungi untuk rekreasi keluarga, Pantai ini justru lebih sepi dari kunjungan wisatawan tapi menjadi tempat favorit bagi peselancar. Karena tempatnya yang sunyi ini maka cocok untuk lokasi camping, ditambah banyaknya pepohonan yang berada tak jauh dari Pantai membuat suasananya teduh.

Pantai Cibuaya

photoPantai Cibuaya. (Istimewa)

Pantai Cibuaya yang berada di Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, menjadi lokasi favorit wisatawan menghabiskan waktu liburan. 

Di Pantai ini, pengunjung akan disuguhkan keindahan sunset, kemudian ada spot yang menarik lainnya yaitu penakaran penyu. Makanya tak heran, banyak pengunjung yang rela berjam-jam menempuh perjalanan untuk sampai ke Pantai di selatan Kabupaten Sukabumi ini.

Pantai cibuaya yang berada di kawasan Ujung Genteng ini memiliki hamparan pasir putih, rimbunnya pohon pandan serta ombak yang tenang sepanjang pantai, Pas untuk yang ingin menikmati malam di dalam tenda camping.

Image

Admin SUpdate

Image

Andri Somantri

Redaktur