Light Dark

Ingin Gigi Anak Sehat? Bantu Jaga dan Rawat Sejak Dini

Gaya Hidup | 07 May 2021, 06:00 WIB
Ilustrasi anak sedang menggosok gigi | Unsplash

SUKABUMIUPDATE.com - Menjaga dan merawat gigi Anak harus dilakukan sejak dini, orang tua bisa mengajarkan kebiasaan menyikat Gigi pada Anak sejak tumbuh Gigi pertama. Perawatan Gigi yang terlambat akan membuat gigi Anak rusak dan yang lebih parah akan mengalami kerontokan gigi hingga ompong. 

Kesehatan Gigi merupakan sesuatu yang sangat penting dan dapat mempengaruhi pertumbuhan serta perkembangan anak. 


Advertisement

Peran orang tua sangatlah penting dalam menjaga kesehatan Gigi anak, pengawasan dan bantuan orang tua sangat dibutuhkan untuk memastikan Anak menyikat Gigi dengan baik dan benar.

Kebiasaan menyikat Gigi dengan teratur pada Anak membantu mencegah karies dan penyakit periodontal yang akan muncul seiring bertambahnya usia. 

Baca Juga :

Selain itu, ada juga infeksi pada Gigi atau gusi yang dapat menyebar ke jaringan tubuh lain. Dalam kondisi yang parah, infeksi bisa meningkatkan risiko penyakit atau gangguan pada organ lain.


Advertisement

photoIlustrasi seorang ibu sedang mengajarkan menggosok gigi pada anak - (Unsplash)

Merawat kesehatan Gigi sejak dini sangatlah penting, karena dapat mencegah beragam gangguan kesehatan Gigi dan mulut yang bisa muncul jika Anak tidak terbiasa menjaga kebersihan area tersebut. 

Risiko berbagai penyakit akan meningkat pada Anak yang jarang menyikat gigi, misalnya mengunyah permen karet atau makanan manis secara berlebihan, serta kurang meminum air putih.

Ajarkan Anak untuk mulai rutin menggosok Gigi hingga dia merasa bahwa gosok Gigi adalah rutinitas yang menyenangkan dan bermanfaat. 

Ajak juga Anak untuk ikut memilih sikat giginya. Jadi, Anak bisa merasa senang ketika harus menyikat gigi, karena ia memakai sikat Gigi kesukaannya.  

Selain itu jelaskan pentingnya menggosok Gigi pada malam hari. Penting untuk menyikat Gigi selama 2-3 menit sebanyak dua kali dalam sehari. 

Lakukan aktivitas ini pada pagi dan malam sebelum tidur. Menggosok Gigi pada malam hari lebih efektif, karena pada malam hari merupakan waktunya berbagai bakteri dalam mulut sedang berkembang biak, oleh karena itu harus dicegah dengan cara menggosok Gigi pada malam hari sebelum tidur.

Image

Nelis (Writer)

Reporter

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur