Light Dark

Merkurius di Langit Malam Takbiran Idul Fitri 1442 Hijriah

Science | 06 May 2021, 05:00 WIB
Ilustrasi planet Merkurius yang dapat dilihat pada langit malam takbiran Idul Fitri 1442 Hijriah | space.com

SUKABUMIUPDATE.com - Jika Anda penyuka Langit atau lebih tepatnya mencintai astronomi, Idul Fitri 1442 Hijriah nanti mungkin akan sedikit istimewa. Pada 13 Mei, 30 menit setelah matahari terbenam, Anda akan dapat melihat planet Merkurius dengan menggunakan teropong atau teleskop biasa.

Melansir dari The Sun, Merkurius akan terlihat seperti bintang terang namun berukuran kecil. Selama sebulan penuh, penduduk di belahan Bumi bagian Utara akan melihat Merkurius setiap usai salat Magrib.

Namun di Indonesia, hanya sebagian warga di wilayah Sumatera, Kalimantan dan sedikit wilayah Papua yang hanya bisa menyaksikannya.

Baca Juga :

Tanggal terbaik untuk melihat Merkurius adalah pada 13 Mei 2021 nanti. Saat itu, Merkurius akan terlihat selama 135 menit setelah matahari terbenam.

photoIlustrasi teleskop untuk melihat bintang dan planet di luar angkasa - (pixabay.com)

Namun, agak sulit mengenali Merkurius dengan mata telanjang, setidaknya diperlukan teleskop kecil atau teropong murah meriah saat menatap langit.

Caranya, cari bulan sabit waxing terlebih dulu, setelah itu lihat sedikit ke atas dan ke kanan bulan sabit, di situlah Merkurius bersinar seperti bintang kecil.

Anda juga bisa melihat planet Venus yang bersinar terang jauh di bawah sebelah kanan Merkurius. 

Setelah 17 Mei, Merkurius akan meredup meski masih bisa dilihat selama sebulan penuh.

Ponsel cerdas juga bisa membantu menunjukan lokasi konstelasi dan palet di Langit malam. Caranya, unduh aplikasi SkyView Lite, Star Tracker dan Star Walk 2 untuk Android dan iPhone.

Pastikan Anda mengalihkan pandangan dari ponsel setelah menemukan lokasi Merkurius. Sebab, mengamati bintang yang terbaik adalah saat mata menyesuaikan dengan gelap.

Image

Teguh Setiawan

Reporter

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur