Light Dark

3 Tips Menjaga Mata Tetap Sehat Meski Menatap Layar Seharian

Sehat | 05 May 2021, 07:00 WIB
Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar Anda tidak merusak organ mata rusak karena melihat terlalu lama layar monitor komputer | Unsplash

SUKABUMIUPDATE.com - Melihat Layar komputer selama berjam-jam memiliki dampak buruk bagi kesehatan Mata Anda, Layar monitor yang memancarkan radiasi akan membuat Mata Anda lelah dan berdampak parah jika dibiarkan terlalu lama atau keseringan.

Bagi para pekerja kantoran, bekerja di depan Layar komputer dalam waktu yang lama tentunya sudah menjadi aktivitas yang lumrah, namun banyak orang tidak menyadari akan dampak buruknya bagi kesehatan.

Baca Juga :

Ada beberapa cara dan tips untuk mencegah kerusakan Mata saat berlama-lama melihat Layar komputer.

1. Atur cahaya dan posisi monitor

photoTingkat pencahayaan pada layar monitor komputer mempengaruhi kesehatan mata Anda - (Unsplash)

Aturlah tingkat kecerahan Layar monitor Anda dan sesuaikan dengan posisi duduk yang paling nyaman saat Anda berada di depan komputer. 

Jangan mengatur tampilan atau tingkat kecerahan Layar menjadi terlalu cerah atau terlalu gelap, agar Anda tidak kesulitan dalam melihat monitor. 

Dikutip dari Harvard Health, Layar komputer dan Layar digital lainnya dapat menyebabkan dua hal, yaitu Mata kering akibat jarang berkedip dan Mata terasa lelah. 

Ada hal-hal yang harus diperhatikan saat Anda berada di depan Layar komputer, seperti posisi Layar yang direkomendasikan harus 15-20 derajat di bawah Mata Anda atau sekitar 10-13 cm dari tengah Layar dan 50 hingga 70 cm dari Mata Anda. 

Kemudian, selalu istirahatkan Mata Anda setiap 15 menit sekali, saat istirahat cobalah untuk melihat atau memandang sesuatu yang segar dan membuat Anda rileks seperti pemandangan dan tumbuh-tumbuhan. 

2. Tentukan posisi duduk yang paling nyaman dan tepat 

photoPosisi saat duduk di depan layar komputer mempengaruhi kesehatan Anda - (Unsplash)

Menentukan posisi duduk saat bekerja di depan Layar komputer merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. 

Sebab, dari cara duduk akan mempengaruhi proses bekerja Anda serta porsi paparan sinar Layar komputer terhadap Mata Anda. 

3. Gunakan kacamata anti-radiasi

photoMenggunakan kacamata anti-radiasi bisa menjadi pilihan untuk mencegah rusaknya mata karena radiasi yang ditimbulkan dari layar monitor komputer - (Unsplash)

Fungsi utama dari kacamata anti-radiasi adalah untuk melindungi Mata dari pancaran radiasi Layar monitor komputer yang terlalu sering. 

Dengan menggunakan kacamata anti-radiasi, bisa mengurangi resiko kerusakan pada Mata yang dapat mengakibatkan berbagai gangguan atau penyakit pada penglihatan. 

Menurut American Optometric Association, para pengguna komputer disarankan memakai kacamata anti-radiasi yang dibuat khusus untuk melihat Layar komputer. 

Cahaya yang berasal dari Layar komputer mengandung radiasi yang dapat mengganggu indra penglihatan Anda. 

Semakin sering Anda terpapar cahaya Layar komputer, maka semakin besar kemungkinan Mata Anda akan mengalami kerusakan.

Image

Nelis (Writer)

Reporter

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur