Light Dark

3 Tips Memilih Shampo Bayi Sesuai Jenis Rambut

Sehat | 03 May 2021, 06:00 WIB
Ilustrasi shampo bayi | pixabay.com

SUKABUMIUPDATE.com - Sudah pasti setiap orang tua ingin memberikan yang terbaik bagi buah hatinya. Memilih Shampo Bayi yang tepat juga menjadi salah satu kegiatan yang lumayan menguras pikiran. Pemilihan Shampo Bayi tidak bisa dilakukan sembarangan agar tidak menimbulkan bahaya bagi si buah hati. 

Shampo bayi diproduksi oleh banyak produsen dengan berbagai macam bahan dasar dan kegunaannya masing-masing. 

Bayi adalah makhluk mungil yang memiliki daya sensitif cukup tinggi, apalagi terhadap produk yang mengandung zat kimia atau adiktif lainnya. 

Hampir seluruh bagian tubuh bayi memiliki rasa sensitif, termasuk kulit kepala dan rambut. Kulit kepala dan rambut bayi cenderung lebih sensitif membutuhkan perawatan khusus. 

Shampo bayi ada yang diciptakan khusus ada pula yang dapat digunakan seluruh tubuh. Maka dari itu, pilihlah produk sampo yang lembut dan ramah di kulit. 

photoIlustrasi seorang ibu yang sedang memandikan bayinya - (Unsplash)

Kandungan utama Shampo Bayi yang dijual di pasaran umumnya adalah surfaktan dan air. Kandungan yang perlu Anda perhatikan adalah sodium laureth sulfate (SLES) dan sodium lauryl sulfate (SLS). 

Kedua zat ini memiliki daya pembersih tinggi yang justru akan meluruhkan kandungan minyak pada kulit kepala bayi dan rambut secara berlebihan. 

Baca Juga :

Berikut sejumlah tips memilih shampo untuk rambut bayi.

1. Kenali jenis rambut bayi

Rambut bayi yang baru lahir disebut lanugo, pada fase ini, jenis rambut bayi nampak sama dengan bayi lainnya hingga usia 6 bulan. 

Kemudian akan tumbuh rambut yang sesuai dengan genetik orang tua seperti warna rambut, lurus atau ikal dan tebal atau tipis.

2. Cari tahu kegunaan dari bahan yang digunakan untuk shampo

Ada banyak sekali bahan alami yang dipakai dalam pembuatan shampo bayi. Seperti minyak kelapa atau coconut oil yang berguna untuk memperbaiki struktur protein keratin rambut. 

Lalu ada lidah buaya atau aloe vera yang memiliki manfaat diantaranya mengurangi gatal pada kulit kepala, memperbaiki rambut yang rusak dan memiliki efek anti inflamasi atau peradangan. 

Kemiri atau candlenut yang bermanfaat untuk memperkuat akar rambut, merangsang pertumbuhan rambut dan membuat rambut lebih lebat. 

Minyak almond atau almond oil memiliki manfaat untuk melembabkan rambut, menutrisi rambut dari akar hingga ke ujungnya dan membantu menjaga kelembaban kulit kepala. 

Serta beberapa bahan lain yang dapat merangsang pertumbuhan rambut bayi. 

3. Pilih shampo berbahan dasar alami atau natural

Memilih shampo yang memiliki bahan dasar alami memang sebuah keharusan untuk kesehatan kulit kepala si buah hati. 

Kandungan bahan alami yang terdapat dalam Shampo Bayi Anda akan menjaga kesehatan dan membuat rambut bayi tumbuh sehat dan lebat.

Perhatikan setiap bahan-bahan yang ada di dalam shampo bayi, karena jika terdapat kandungan atau bahan yang berbahaya, akan merusak rambut dan kulit kepala bayi.

Bahan-bahan seperti odium laureth sulfate (SLES), sodium lauryl sulfate (SLS), sodium dodecyl sulfate, sodium peg lauryl sulfate, memiliki kandungan bahan sintetis yang menghasilkan banyak busa dan membuat kulit kepala dan rambut menjadi kering sehingga dapat menimbulkan iritasi.

Image

Nelis (Writer)

Reporter

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur