Light Dark

Cara Museum Geologi Pamerkan Desanya Megalodon di Sukabumi

Video | 29 Apr 2021, 23:05 WIB 29 Apr 2021, 23:05 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Lebih dari 500 fosil hiu purba atau Megalodon di Museum Sri Asih Pakidulan Desa Gunungsungging, Kecamatan Surade, Sukabumi, Jawa Barat, dipamerkan secara virtual oleh Museum Geologi, Kamis, 29 April 2021.

Pameran virtual bertema "Jejak Kehidupan Laut Purba Jampang" itu turut menghadirkan pembicara Ifan Yoga Pratama Suharyogi (Peneliti Museum Geologi) dan Muhamad Teguh (Badan Pengelola Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark).

Sub Koordinator Edukasi dan Informasi Museum Geologi Badan Geologi Kementerian ESDM, Sofyan Suwardi Ivan menjelaskan, pameran virtual ini menjadi ajang ngabuburit dengan pengemasan edukatif.

"Nah, ini cukup menarik. Satu hal yang menjadi fokus kami adalah bagaimana memberikan informasi yang baik kepada seluruh masyarakat lokal," kata Sofyan.

"Itu yang paling penting, agar masyarakat lokal tumbuh rasa bangga akan daerahnya. Insya Allah ketika daerahnya berkembang dengan keunikan geologinya, dapat mengangkat kesejahteraan. Itu harapan kami dalam acara ngabuburit di Desa Gunungsungging ini," paparnya.

Rencananya, lanjut Sofyan, Museum Megalodon di Gunungsungging, Surade, Kabupaten Sukabumi kedepannya akan menjadi sebuah museum yang "naik kelas", namun agar terwujud hal itu perlu dukunga pemerintah daerah.

Redaktur: Herlan Heryadie

Video Editor: Matar H.A

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Budiono

Redaktur